Xiaomi Redmi 6 vs OPPO A83, Duel Hp Pengguna Helio P Series

Oleh Rizki Abadi updated Minggu, 15 Jul 2018 | 11:57

Kehadiran smartphone buatan pabrikan asal China di pasar Indonesia memang bisa dibilang membuat pasar smartphone Tanah Air menjadi sangat bersaing. Dua diantara produsen yang bersaing di Indonesia adalah Xiaomi dan OPPO.

Xiaomi dari tahun ke tahun semakin menancapkan kekuatannya sebagai salah satu produsen yang patut diperhitungkan karena terus berhasil menciptakan smartphone murah dengan spesifikasi yang menarik perhatian.

OPPO sendiri cukup dikenal sebagai pabrikan yang mengandalkan kemampuan kameranya yang sangat baik. Di tahun ini, mereka menampilkan banyak smartphone yang memiliki spesifikasi dan desain yang bagus.

Persaingan keduanya cukup terasa di pasar smartphone kelas menengah. Ada dua produk mereka yang diluncurkan tahun ini dan cukup menarik perhatian, yaitu Redmi 6 dari Xiaomi dan A83 dari OPPO.

Redmi 6 sendiri masih baru diluncurkan dan belum masuk pasar Indonesia, namun dari segi harga diprediksi masih akan dijual di rentang 2 jutaan seperti A83 yang diluncurkan lebih dulu pada bulan Januari. Seperti apa perbedaan spesifikasi yang ditawarkan keduanya? Berikut ini perbandingannya.

Desain

Kedua hp ini mengusung desain kekinian dengan layar fullview rasio 18:9 dan sedikit bezel. OPPO A83 hadir dengan tampilan visual yang lebih lebar, melihat konten foto, video dan bermain game akan memberikan pengalaman baru yang lebih seru.

Sementara Xiaomi Redmi 6 memiliki desain yang cukup mirip dengan Redmi 5. Dimensi dari hp ini adalah 147.5 x 71.5 x 8.3 mm, sedikit lebih kecil dari OPPO A83 yang sebesar 150.5 x 73.1 x 7.7 mm.

Layar

Pada bagian layar, Xiaomi Redmi 6 hadir dengan layar ukuran 5.45 inch beresolusi 720 x 1440 pixels ~295 ppi density. Layar ini berpanel IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna.

OPPO sedikit unggul dalam hal ukuran layar karena sudah menggunakan panel ukuran 5.7 inch. Tapi teknologi yang digunakan masih sama yaitu IPS LCD dan punya resolusi sama seperti Redmi 6 yaitu 720 x 1440 pixels

OS

Di bagian OS, kedua smartphone menggunakan OS yang berbeda di mana OPPO A83 menggunakan OS Android 7.1 Nougat dengan kustomisasi dari ColorOS 3.2. Sedangkan Xiaomi Redmi 6 lebih update karena menggunakan OS Android 8.1 Oreo dengan kustomisasi dari MIUI 9.

OS Android 8.1 Oreo sendiri menawarkan kinerja yang lebih halus dari versi sebelumnya. Ditambah lagi dengan dukungan fitur yang lebih banyak sehingga membuat Redmi 6 lebih unggul dalam sisi ini.

Performa

Untuk urusan performa, di kedua hp ini kita akan menemukan dua smartphone dengan SoC dari satu pabrikan yang sama yaitu Mediatek seri Heio P Series. Tapi, seri chipset Mediatek Helio P Series yang dipakai berbeda.

Di mana OPPO A83 menggunakan chipset Mediatek Helio P23 sedangkan Xiaomi Redmi 6 menggunakan Helio P22. Dari angkanya kita mungkin sudah bisa menebak kalau Helio P23 akan lebih kencang dari P23 dan memang begitu adanya.

Mengingat P22 yang punya clocking sampai 2GHz dianggap sebagai versi P23 yang dilambatkan oleh Mediatek, P23 sendiri clocking 2,3GHz. Tapi, dari segi teknologi, P22 dianggap lebih update karena sudah menggunakan pabrikasi 12nm sehingga konsumsi dayanya lebih hemat dari P23 milik A83 yang punya pabrikasi 16nm.

Untuk RAM dan ROM, Redmi 6 menggunakan varian 3GB 32GB atau 4GB 64GB. Sementara A83 lebih beragam yaitu 2GB 16GB, 3GB 32GB, 4GB 32GB, dan 4GB 64GB.

Kamera

Di sisi kamera, kedua pabrikan ini memberikan pendekatan yang berbeda dalam memberikan fitur kamera pada hp buatannya. Di mana Xiaomi memiliki dual kamera utama beresolusi 12 MP (f/2.2, 1.25 μm, PDAF) + 5 MP (f/2.2, 1.12 μm, no AF, depth sensor) dan dilengkapi LED flash.

Nilai ini lebih baik dari A83 yang hanya punya satu kamera utama beresolusi 13 MP, f/2.2. Tapi untuk kamera depan, OPPO lebih unggul karena menyediakan sensor beresolusi 8MP f/2.2, sementara Redmi 6 menggunakan resolusi 5MP saja.

Baterai

Untuk urusan baterai, Xiaomi Redmi 6 dibekali baterai berkapasitas sebesar 3000 mAh. Sedangkan OPPO A83 menggunakan baterai yang kapasitasnya lebih besar yaitu 3180 mAh. Perlu tes secara langsung untuk mengetahui mana yang lebih baik, mengingat pabrikasi yang diusung kedua hp ini berbeda.

Kesimpulan

Perhandingan ini hanya di atas kertas saja, perlu tes lebih lanjut untuk mengetahui siapa yang lebih baik. Namun, kehadiran kedua smartphone baru di 2018 ini semakin meramaikan persaingan smartphone kelas menengah di Indonesia yang sudah sangat ramai. Masing-masing dari keduanya menawarkan keunggulan seperti yang sudah dibahas di atas.

Tinggal kamu yang memilih, mana yang akan menjadi smartphone terbaru kamu nanti. Khusus untuk Xiaomi Redmi 6, kamu harus bersabar karena hp ini belum dijual di Indonesia secara resmi. Namun kemungkinan besar seri ini akan masuk ke Indonesia mengingat Xiaomi rajin memasukkan seri Redmi ke Indonesia.

Artikel Lainnya

Komentar