Diperbaharui pada Jumat, 6 Juli 2018 | 14:50

ASUS Zenfone Live L1 vs Advan i6, Duel Hp FullView Sejutaan

Saat ini pilihan hp murah dengan harga sejutaan memang cukup banyak. Hampir semua vendor hp memiliki model produk di segmen ini. Akibatnya konsumen sedikit bingung untuk memilih produk mana yang akan mereka beli. Apalagi hampir semua hp terbaru dibekali dengan fitur yang semakin meningkat.

Tapi kamu tidak perlu bingung, karena kami akan menyajikan dua pilihan hp terbaru rilisan 2018 yang tidak akan menguras kantong. Dua hp murah yang dimaksud adalah Advan i6 dan ASUS Zenfone Live L1. Yang menjadi daya tarik dari keduanya adalah hadir dengan fitur kekinian, yaitu layar full view dengan tampilan yang lebih lebar.

Bahkan keduanya dilengkapi dengan fitur face unlock yang kini sedang tren digunakan beberapa vendor. Dengan demikian, kamu memiliki banyak opsi untuk mengamankan perangkat selain sensor fingerprint.

Untuk lebih jelasnya berikut kami ulas perbandingan spesifikasi Advan i6 dan ASUS Zenfone Live L1 lebih lengkap.

Layar

Dari sisi layar nampaknya tidak ada yang berbeda dari kedua perangkat ini. Baik ASUS Zenfone Live L1 maupun Advan i6 sudah sama-sama mengusung fitur full display dengan aspek rasio 18:9. Begitu pula untuk ukuran layarnya yang serupa dengan bentang 5.5 inch beresolusi HD+ 1440 x 720 pixel.

OS

Dari sisi sistem operasi, keduanya memiliki perbedaan. Karena masing-masing memiliki siste sendiri dengan user interface yang sudah dikustom. Di Advan i6 berjalan dengan IDOS 7.32 berbasis Android Nougat 7.0. Advan menyiapkan beberapa fitur yang bermanfaat, salah satunya adalah Anti Theft ketika perangkat hilang serta Intelligent assistant yang secara otomatis akan mengatur kapan perangkat akan menyala atau mati. Serta fitur menarik lainnya.

Sedangkan ASUS Zenfone Live L1 hadir dengan OS Android 8.0 Oreo dan antarmuka ZenUI 5.0. Seperti yang sudah-sudah, ASUS ZenUI menawarkan fitur-fitur yang menarik dan performanya cukup smooth. Apalagi sekarang ZenUI tidak banyak ditanam bloatware.

Salah satu aplikasi bawaan dari ZenUI yang menarik adalah Mobile Manager. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengatur notifikasi yang masuk, membersihkan RAM, mengecek daya tahan baterai, membersihkan file sampah dan mengontrol kuota data Anda.

Face Unlock

Meski harganya terjangkau, namun kedua hp murah sejutaan ini sudah dibekali fitur yang biasa ditemukan pada perangkat diatasnya. Fitur tersebut adalah face unlock yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan hp, selain fingerprint sensor.

Di fitur ini Advan menyebutnya dengan FaceID yang menawarkan keakuratan maksimal. Teknologi ini menggunakan algoritma untuk mengenali titik wajah secara akurat untuk membuka kunci layar. 

Begitu juga di ASUS Zenfone Live l1 yang mengusung fitur face unlock yang sulit ditemukan pada hp berharga murah yang ada dipasaran saat ini. Face unlock ini juga memiliki konsep yang sama yaitu menggunakan kamera depan untuk mengenali wajah pengguna.

Kamera

Keduanya juga sama di sektor imaging. Dimana Advan i6 memasang kamera dengan sensor sebesar 13MP yang di dukung aperture f/2.0. Untuk kamera depannya masih menggunakan sensor berkapasitas 5MP.
Sedangkan ASUS Zenfone Live L1 dilengkapai dengan kamera utama 13MP dan aperture f/2.0 dengan dukungan beberapa fasilitas lain. Untuk kamera selfie, ASUS Zenfone Live L1 mempunyai kamera 5 MP dengan aperture f/2.4 dan dilengkapi dengan soft LED flash. 

Performa

Tidak seperti hp murah lain, ASUS tetap menanam prosesor Snapdragon. Dimana menggunakan chipset Snapdragon 425 berkecepatan 1,4 Ghz yang akan disokong memori RAM 2GB dan ROM 16GB.

Sedangkan Advan i6 ditenagai prosesor Mediatek MT6735 yang memiliki kecepatan 1,25 GHz. Memori RAM yang disediakan juga maish sebatas RAM 2GB dan ruang penyimpanan internal 16GB.

Baterai

Zenfone Live L1 diperkuat baterai berkapasitas 3.000mAh. Baterai berkapasitas besar tersebut sanggup memasok daya untuk memutar hingga 9 film, browsing web hingga 18 jam, atau memutar musik hingga 4 hari non stop sebelum kehabisan energi.

Sementara Advan i6 juga sama-sama membawa baterai 3.000mAh. Advan mengklaim jika baterai ini sanggup bertahan 8-9 jam untuk pemakaian normal. Sehingga masih nyaman untuk menemani aktiivtas harian.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Advan Vandroid i6 RAM 2GB ROM 16GB Rp 1.119.000 5.5 inch MT6750T 7 2 GB 16 GB Mali-T860 13 MP 3300 mAh
ASUS Zenfone Live L1 ZA550KL 16GB Rp 1.200.000 5.5 inch Snapdragon 425 8.1 2 GB 16 GB Adreno 308 13 MP 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Secara umum, spesifikasi Advan i6 maupun Zenfone Live L1 memiliki banyak persamaan. Mulai dari layar, memori RAM hingga kapasitas baterai yang ditanamkan. Perbedaan keduanya hanya terletak pada UI dan prosesor yang digunakan. Meski demikian, baik prosesor Snapdragon ataupun Mediatek keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi semua terserah pada pilihan kamu, Yang pasti harga kedua hp ini tidak jauh berbeda.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.