Perbedaan Vivo V9 RAM 6GB vs 4GB yang Harus Kamu Ketahui

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 4 Jul 2018 | 11:42

Vivo V9 merupakan hp terbaru yang sudah rilis resmi di Indonesia di bulan Maret 2018 lalu. Selang beberapa bulan kemudian, Vivo kembali meluncurkan versi Vivo V9 terbaru dengan perubahan di beberapa sektor. Perubahan tersebut mencakup prosesor, kapasitas RAM lebih besar hingga penggunaan kamera.

Seperti diketahui, spesifikasi Vivo V9 bisa dibilang sudah cukup mumpuni. Berbekal fitur dual kamera, layar dengan notch yang kekinian serta kapasitas RAM 4GB. Hanya saja, Vivo V9 yang hadir di Indonesia menggunakan prosesor yang lebih rendah dibandingkan dengan yang versi India. Jika versi India menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 626 maka untuk versi Indonesia, V9 hanya dibekali prosesor Snapdragon 450. Itu sebabnya banyak pengguna yang sedikit mengeluhkan perbedaan penggunaan prosesor tersebut.

Seolah mendengar keluhan tersebut, belum lama ini Vivo memperkenalkan versi terbaru dari Vivo V9 yang jauh lebih baik. Prosesor yang ditanam bahkan lebih mumpuni dari versi di India, dimana Vivo V9 kini menggunakan prosesor Snapdragon 660 AIE.

Tidak hanya prosesor, perbedaan Vivo V9 versi terbaru ini terlihat pada peningkatan kapasitas memori RAM. Dimana Vivo V9 terbaru sudah dibekali dengan RAM 6GB. Tentu saja perubahan ini akan meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan.

Hanya saja, Vivo V9 RAM 6GB terbaru ini mengalami penurunan di fasilitas kameranya. Sedangkan untuk fitur lain, semua masih serupa dengan Vivo V9 RAM 4GB. Untuk lebih jelasnya berikut kami ulas perbedaan Vivo V9 RAM 4GB dan Vivo V9 RAM 6GB :

1. RAM Lebih Besar

Saat membawa Vivo V9 ke pasar Indonesia, Vivo hanya membekali perangkat mereka dengan kapasitas RAM 4GB. Sebenarnya RAM 4GB ini sudah sangat ideal untuk menemani aktivitas pengguna sehari-hari. Hal ini terbukti dari hasil review Vivo V9 yang kami lakukan sebelumnya. Menjalankan banyak aplikasi sekaligus sangat  lancar tanpa adanya lag.

Dan di versi terbaru ini, Vivo V9 sudah dibekali dengan RAM 6GB. Peningkatan yang cukup signifikan, mengingat kini makin banyak pesaing yang sudah memiliki hp RAM 6GB. Keuntungan RAM yang lebih besar ini adalah mampu meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan serta memberikan opsi yang lebih baik kepada pengguna.

2. Prosesor Lebih Mumpuni

Penggunaan prosesor di Vivo V9 versi RAM 4GB memang menjadi salah satu sektor yang banyak di sorot pengguna. Karena di versi ini Vivo hanya memakai prosesor Snapdragon 450. Padahal pesaing terdekatnya seperti ASUS Zenfone 5 yang sama-sama mengusung layar dengan notch ditenagai prosesor Snapdragon 636 yang lebih powerful.

Untuk itu, di Vivo V9 RAM 6GB mereka melakukan perubahan besar. Dimana kali ini Vivo langsung menanam prosesor Snapdragon 660 AIE. Prosesor Snapdragon 660 AIE sendiri berbeda dengan Snapdragon 660 yang digunakan vendor lain. Karena chipset ini menjadi platform yang mendukung kebutuhan Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, fitur dual kamera, dan mampu membuat  perangkat mengolah gambar lebih cepat.

3. Sensor Kamera

Sayangnya, peningkatan yang terjadi di sisi prosesor dan RAM tidak diikuti dengan setor kamera. Alih-alih menawarkan kinerja yang lebih baik, Vivo V9 anyar ini justru mengalami penurunan performa. Di versi sebelumnya, Vivo V9 dibekali dual kamera utama dengan konfigurasi sendor 16MP + 5MP, aperture f/2.0 dan sudah dilengkapi phase detection autofocus serta dual-LED flash. Sementara kamera depan Vivo V9 memiliki resolusi besar yaitu 24 MP dengan aperture f/2.0 yang menawarkan foto selfie terbaik.

Sedangkan di Vivo V9 versi RAM 6GB terbaru memang masih mengusung dual Untuk kamera belakangnya, namun dengan resolusi yang berbeda. Dimana pengguna hanya akan mendapati sensori13MP + 2MP dengan aperture f/2.2 dan fitur PDAF.

Lalu kamera depannya sudah dilengkapi fitur Dual Rear Camera AI Bokeh, AI Selfie Camera dengan sensor dual pixel pada resolusi 12MP dengan aperture f/2.0. Setiap pixel pada kamera terdiri dari 2 photodiode (2PD) terpisah dan 24 juta unit fotografis. Sensor dual pixel ini juga memungkinkan hp melakukan fokus otomatis lebih cepat.

4. Beda Harga

Image via JD.id

Terkait masalah harga Vivo V9 memang cukup menarik. Saat peluncuran, Vivo V9 versi RAM 4GB dipasarkan dengan harga Rp3.999.000. Namun harga tersebut mulai mengalami penurunan di kisaran Rp3,3 juta – Rp3,5 juta (online) dan Rp3,7 jutaan (offline).

Sementara harga Vivo V9 RAM 6GB dipasarkan Rp4.299.000 yang sudah dimulai dengan pre order pada 28 Juni 2018. Lalu penjualan di toko fisik akan dilakukan pada awal Juli di gerai resmi Vivo.

Pilih Mana?

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Vivo V9 RAM 6GB Rp 3,769,000 6.3 inch Qualcomm Snapdragon 660 AIE 8.1 6 GB 64 GB Adreno 512 13 MP 3260 mAh
Vivo V9 RAM 4GB Rp 3,053,000 6.3 inch Qualcomm Snapdragon 450 8.1 4 GB 64 GB Adreno 506 13 MP 3260 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Diluar tiga sektor tersebut, Vivo V9 RAM 4GB dan Vivo RAM 6GB tidak mengalami perbedaan. Keduanya memiliki layar berukuran 6,3 inch dengan aspek rasio 19:9 serta beresolusi FullHD+. Sama-sama berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo terbaru dengan UI FunTouch versi 4.0 yang memiliki fitur-fitur menarik. Lalu untuk sumber dayanya tetap membenamkan baterai dengan kapasitas 3,260mAh. Jadi mau pilih yang mana?

Artikel Lainnya

Komentar