Diperbaharui pada Jumat, 22 Juni 2018 | 17:35

OPPO Find X vs Vivo NEX, 2 Hp dengan Kamera 'Turun Naik'

oppo find x
Belum lama ini OPPO resmi memperkenalkan Find X, sebuah flagship anyar mereka di Louvre Museum, Paris, Perancis. Beberapa teknologi canggih di OPPO Find X sangat inovatif, salah satunya adalah keberadaan kamera yang tersembunyi dan akan muncul ke atas (pop up) ketika aplikasi kamera di aktifkan.

Namun, konsep kamera pop up ini juga bisa ditemukan pada Vivo NEX. Sebelumnya, Vivo memperkenalkan konsep kamera pop up ini melalui Vivo APEX, yang kemudian diresmikan menjadi Vivo NEX.

Bedanya, kamera tersembunyi di Find X tidak hanya terdiri dari kamera depan 25MP dan kamera belakang 16MP + 20MP, tetapi juga modul 3D Structured Light yang terdiri atas begitu banyak komponen berteknologi tinggi, seperti Flood Illuminator, Infrared Camera, Proximity Sensor, Dot Projector, Receiver, dan RGB Camera.

Sedangkan Vivo NEX hanya menyembunyikan kamera depan, karena dual kamera utama diletakkan di bagian belakang. Konsep yang diusung pada kameranya menjadi inovasi terbaru di dunia smartphone. Karena mereka bisa menerapkan fitur layar penuh tanpa notch atau poni yang kini banyak digunakan sejumlah vendor.

Bahkan banyak yang memprediksi jika konsep kamera pop up ini akan menjadi tren baru. Menariknya lagi, kedua hp terbaru ini berada di satu induk perusahaan yang sama. Oleh karena itu, meski belum ada informasi mengenai kehadirannya di pasar Indonesia namun kami tertarik untuk mengulas perbandingan fitur dari keduanya.

Berikut perbandingan OPPO Find X dan Vivo NEX : 

1. Desain

Oppo find x vs vivo nex
Dari sisi tampilan, keduanya sudah memadukan material metal dan kaca. Dimana pengguna akan mendapati material kaca di bagian depan dan belakang yang dibalut frame metal. Secara fisik Vivo Nex memang terlihat lebih lebar dan lebih panjang.

Tapi bentuknya cukup tipis dengan dimensi 162 x 77 x 8mm dan hanya berbobot 199g. Di bagian atas terdapat jack audio dan kamera yang tersembunyi. Di bagian bawahnya akan ditemukan port USB-C dan sebuah speaker. Untuk tombol power dan volume keduanya berubah posisi menjadi di sebelah kanan.

Sedangkan OPPO Find X menempatkan tombol power di sebelah kanan dan tombol volume di kiri. Dibawahnya pengguna akan melihat port USB-C, speaker dan SIM tray. Oiya, OPPO tidak menyematkan jack audio. Hp ini memiliki dimensi 156.7 x 74.2 x 9.6mm dan bobot 186g dengan layar lengkung di depan dan belakang.

2. Layar

oppo find x vs vivo nex
Seperti yang sudah disebutkan, OPPO Find X dan Vivo NEX mengusung layar penuh tanpa bezel di bagian muka. Vivo Nex sendiri menggunakan layar berukuran 6.59 inch dengan resolusi FullHD. Panelnya berjenis AMOLED dengan kedalaman pixel mencapai 388ppi. Layar ini memiliki cakupan rasio screen to body hingga 91.24% dan menyisakan bezel yang nyaris tidak terlihat.

Sedangkan OPPO Find X memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil. Layar Find X hanya berukuran 6.4 inch. Layar ini berjenis OLED dengan resolusi Full HD plus kedalaman pixel mencapai 403ppi. Untuk aspek rasio screen to body mencapai hingga 93.8% yang hanya menyisakan sedikit bezel di bawah layar.

3. Kamera

oppo find x vs vivo nex
Kamera menjadi fitur yang paling menarik dari keduanya. Dimana Vivo Nex menyematkan fitur dual kamera di bodi perangkat. Dual kamera belakang ini memiliki konfigurasi sensor 12MP + 5MP yang di dukung fitur OIS (optical image stabilization). Untuk kamera depannya mengusung konsep pop up yang akan muncul ketika pengguna ingin melakukan foto selfie. Kamera ini beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0.

Beda halnya dengan OPPO Find X, dimana ketiga kameranya (dua kamera belakang dan satu kamera depan) tersembunyi di dalam bodi. Kamera ini akan muncul ketika pengguna mengaktifkan fitur kamera. Fitur dual kamera di OPPO Find X memiliki konfigurasi sensor 16MP + 20MP plus dukungan OIS. Lalu untuk kamera depannya memiliki resolusi 25MP dengan aperture f/2.0.

4. Sensor Biometrik

face unlock
Untuk urusan keamanan perangkat, Vivo NEX menggunakan sensor fingerprint. Bedanya, sensor sidik jari di hp Vivo terbaru ini ditempatkan di dalam layar. Vivo Nex sendiri tidak menyediakan fitur face unlock, karena keberadaan kamera depannya yang tersembunyi di dalam bodi perangkat.

Sedangkan di OPPO Find X tidak menggunakan sensor fingerprint, tapi menyediakan teknologi face unlock bernama O-Face. Fitur ini menggunakan kamera depan dan sensor infra red yang akan memetakan wajah pengguna.

Dalam prosesnya, ketika fitur ini digunakan untuk membuka kunci perangkat pengguna cukup menekan tombol power. Dengan cepat kamera akan muncul untuk memindai wajah dan membuka kunci layar.

5. Performa

snapdragon
Di dalam mesin Vivo Nex sudah tertanam prosesor Snapdragon 845 dengan sokongan memori RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Perangkat ini  berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo dengan UI FunTouch 3.1

Sedangkan OPPO Find X juga ditenagai prosesor Snapdragon 845 memori RAM 8GB dan internal 256GB. Berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo dengan UI Color OS 5.1.

6. Baterai

baterai vivo nex
Untuk urusan sumber daya, Vivo Nex dikemas dengan baterai berkapasitas 4,000mAh. Kapasitas ini sedikit lebih besar dari Find X yang hanya dibekali baterai berkapasitas 3,730mAh. Tapi OPPO sudah membekali teknologi VOOC flash charging untuk pengisian cepat.

7. Harga

Saat pertama kali dirilis Vivo memasarkan Nex dengan harga US$770 atau sekitar Rp10 jutaan (versi memori internal 256GB) dan US$700 atau sekitar Rp9 jutaan untuk versi memori internal 128GB. Untuk saat ini, Vivo Nex hanya tersedia di pasar Cina saja.

Sedangkan OPPO Find X di banderol US$1,100 atau sekitar Rp16 jutaan dengan ketersediaan di sejumlah negara.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya
OPPO Find X 256GB Rp 12.500.000 6.42 inch Snapdragon 845 8.1 8 GB 256 GB Adreno 630 16 MP 20 MP
Vivo NEX S RAM 8GB ROM 128GB belum ada harga 6.59 inch Snapdragon 845 8.1 8 GB 128 GB Adreno 630 12 MP 5 MP
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.