Diperbaharui pada Senin, 28 Mei 2018 | 09:18

Perbandingan Hasil Foto ASUS Zenfone 5 vs Vivo V9 vs OPPO F7

hasil foto zenfone 5, vivo v9 dan oppo f7
Fitur kamera pada sebuah smartphone semakin berkembang dan telah menjadi salah satu faktor penting dalam memikat hati konsumen. Tidak hanya mengandalkan pada lensa dengan resolusi besar saja, tapi kini kamera hp dibekali teknologi Artificial Intelligence (AI) yang akan menambah kemampuan kameranya.

Hp dengan teknologi AI diklaim bisa lebih cerdas dengan kemampuan yang ditingkatkan. Misalnya, kamera pada hp bisa mendeteksi subjek pada frame kamera (seperti lanscape, makanan atau lainnya) dan secara pintar menyesuaikan setingan untuk memberikan hasil foto yang maksimal.

Dengan teknologi AI kamera pada hp bisa mendeteksi subjek pada frame kamera (seperti lanscape, makanan atau lainnya) dan secara pintar menyesuaikan setingan untuk memberikan hasil foto yang maksimal.

Dengan teknologi AI, hp kamera juga dapat mengidentifikasi wajah dan secara otomatis meningkatkan kualitas hasil foto. Saat ini mulai marak hp dengan teknologi AI, beberapa diantaranya adalah ASUS Zenfone 5, Vivo V9 dan OPPO F7.

Ketiganya sudah rilis di Indonesia dengan menawarkan beragam fitur menarik. Selain kamera dengan AI, ketiga juga sama-sama menggunakan konsep desain layar dengan notch atau dikenal dengan hp poni.

Bagaimana dengan kualitas kameranya? Berikut akan kami sajikan perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5, Vivo V9, dan OPPO F7.

Kamera ASUS Zenfone 5

Asus zenfone 5
ASUS tidak sembarangan menyematkan fitur kamera pada ASUS Zenfone 5, hal ini terbukti dengan penilaian dari situs DxOMark yang mencatat skor tinggi yaitu 90. Nilai ini bisa menyaingi skor kamera dari hp kelas flagship yang dinilai oleh DxOMark.

ASUS Zenfone 5 menggunakan dual kamera dan satu kamera di bagian depan. Di mana kamera pertama menggunakan sensor 12MP (f/1.8, 24mm, 1/2.55", 1.4µm, PDAF) gyro EIS dengan sensor Sony IMX363 yang berfungsi untuk menangkap foto lebih baik dalam keadaan pencahayaan kurang dan foto potrait.

Sementara kamera utama kedua beresolusi 8MP (f/2.0, 12mm, 1/4", 1.12µm) gyro EIS yang berfungsi memotret secara wide angle hingga sudut 120 derajat. ASUS sudah menyematkan fitur AI pada kamera ini yang berguna untuk membantu pengguna mendapatkan foto terbaik berdasarkan objek yang diambil. 

Bisa dibilang, ASUS Zenfone 5 memiliki fitur auto yang lebih baik dari kamera biasa. Untuk kamera depannya, ASUS membenamkan sensor kamera beresolusi 8MP (f/2.0, 24mm, 1/4", 1.12µm) gyro EIS. Terdapat fitur beautification yang bisa berguna bagi kamu yang suka selfie. 

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kamera VIVO V9

Vivo V9
Vivo V9 juga dibekali dengan fitur dual kamera di bagian belakang dengan konfigurasi lensa 13MP + 2MP. Dual kamera ini turut disertai teknologi AI-Bokeh yang bisa menghasilkan foto bokeh yang menarik.

Dengan AI Bokeh, Vivo V9 diklaim bisa mencapai tingkat presisi yang tinggi dalam mengidentifikasi objek foto serta memastikan fokus untuk setiap foto yang diambil. Bagaiman dengan kamera depannya? Seperti Vivo V series lain, Vivo V9 juga tetap menonjolkan kemampuan kamera depan dengan resolusi tinggi.

Kali ini Vivo menawarkan kamera selfie crystal clear AI Selfie beresolusi 24MP dengan dukungan aperture f/2.0. Untuk meningkatkan performa kamera, Vivo V9 melengkapi diri dengan teknologi kecerdasaran buatan (AI). Sebut saja AI Face Beauty yang akan mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur wajah dan pencahayaan di sekitar.

Ada juga AI Selfie Lighting yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto artistik dengan mengubah profil wajah 2D asli menjadi model 3D untuk memproses aksen cahaya secara lebih otentik. Disediakan AR stiker agar foto lebih atraktif.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 2 MP
Resolusi Kamera Depan 24 MP
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kamera OPPO F7

Oppo F7
Perangkat yang merupakan penerus lini seri F5 ini hadir dengan kamera depan yang diperbaharui. OPPO F7 memperbaharui kemampuan A.I Beauty Recognition Technology nya. Pada perangkat F5, A.I mampu memindai 254 titik wajah yang secara spesifik.

Di F7, OPPO meningkatkan kemampuan pemindaiannya menjadi 296 titik wajah. Kecerdasan buatan pada F7 hadir dengan peningkatan fungsi selfie yang secara tepat dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah baik untuk pria dan wanita dalam sebuah foto group selfie, membuat tiap subjek akan memiliki personalisasi selfienya masing–masing.

Selain itu, F7 juga dapat mempelajari preferensi pengguna dalam melakukan penyesuaian foto, sehingga untuk foto yang diambil berikutnya dapat diaplikasikan dengan penyesuaian yang sama. Keseluruhan fungsi kecerdasan buatan terbaru ini dinamai OPPO dengan A.I Beauty 2.0.

Kamera depan, OPPO F7 dilengkapi dengan sensor 25MP HDR yang hadir dengan diafragma F/2.0. Sensor baru kamera depan ini menghasilkan gambar yang tajam dan kaya warna, fungsi HDR terintegrasi secara hardware, menyajikan hasil foto selfie dengan dynamic range yang tinggi namun tidak terkesan berlebihan.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya -
Resolusi Kamera Depan 25 MP
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Perbandingan Hasil Foto

Untuk lebih jelasnya berikut perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5, Vivo V9, dan OPPO F7 :

Hasil Foto Modus Normalmodus normal
Hasil Foto BokehBokeh
Hasil Foto Low Light
foto low light
Hasil Foto Selfie

foto selfie
Itulah beberapa perbandingan hasil foto di kamera ASUS Zenfone 5, VIVO V9 dan OPPO F7. Masing-masing memiliki kelebihan di beberapa modus pemotretan. Seperti Zenfone 5 yang sangat menonjol ketika memotret di kondisi low light.

Lalu Vivo V9 memiliki hasil foto yang lebih terang dibanding Zenfone 5 dan OPPO F7. Sedangkan OPPO F7 sendiri sangat menonjol pada hasil foto bokeh yang terlihat lebih natural dibanding dua rivalnya.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.