Diperbaharui pada Selasa, 23 Februari 2021 | 09:23

Perbedaan Laptop i5 vs Laptop i3 dari Fitur Hingga Konsumsi Daya

core i3 vs core i5

Prosesor merupakan komponen penting dari sebuah laptop atau PC yang fungsinya memproses segala macam perintah dari Anda selaku pengguna.

Semakin hari, perkembangan prosesor laptop semakin canggih. Jika dulu Anda mengenal prosesor Intel Pentium 4, Dual Core, sampai Core 2 Duo, saat ini tren prosesor sudah berkembang menjadi Core i Series, yaitu Intel Core i3, i5 dan i7.

Intel Core i3 dan Core i5 merupakan varian prosesor kelas menengah ke atas yang saat ini banyak dipakai produk laptop dengan bandrol kisaran Rp5 jutaan. Jika keduanya dibandingkan, tentu saja kemampuan laptop i5 menawarkan sejumlah kelebihan baik dari segi performa maupun penggunaan daya.

Nah, buat Anda yang ingin membeli laptop dan masih bingung menentukan pilihan, kali ini kami akan bahas mengenai kelebihan laptop i5 dibanding i3 secara jelas. Yuk, simak!

Intel Turbo Boost Technology

intel core i5 vs core i3

Kelebihan pertama dari laptop i5 adalah disematkannya fitur bernama Intel Turbo Boost Technology. Fitur satu ini memungkinkan Anda selaku pengguna untuk menambahkan speed prosesor sampai dengan batas frekuensi maksimal sehingga lebih fleksibel dengan penggunaan Anda.

Memiliki dukungan 6MB L3 Cache, laptop Core i5 pun memiliki kinerja yang jauh lebih responsif jika dibandingkan dengan laptop Core i3 yang hanya memiliki 4MB L3 Cache.

Cache sendiri bisa diibaratkan sebagai sebuah kotak untuk menyimpan berbagai hal yang diperlukan saat menjalankan proses. Saat Anda menjalankan sebuah program, prosesor tak perlu mengambilnya dari RAM sehingga data bisa diakses lebih cepat.

4 Core untuk Jaminan Multitasking

intel core i3 vs intel core i5

Core merupakan komponen penting yang terdapat pada sebuah prosesor. Perlu Anda ketahui, semakin banyak jumlah core pada prosesor, maka kemampuan dari prosesor tersebut akan semakin unggul, termasuk dalam memenuhi kebutuhan multitasking.

Kelebihan laptop Core i5 sendiri adalah disematkanya empat buah Core yang tentu saja menghasilkan kinerja tinggi untuk mengolah berbagai perintah.  

Kelebihan Laptop Core i5 untuk Gamers

Dalam memproses perintah, kemampuan laptop Core i5 tak perlu diragukan. Maka dari itu, kelebihan laptop Core i5 tidak hanya mampu menunjang kebutuhan ringan seperti mengetik ataupun editing video saja, namun bisa dipakai untuk menopang beban kerja berat dari game 3D ataupun animasi.

Support Hyper-Threading

Meskipun tidak semua laptop Core i5 dilengkapi dengan fitur Hyper-Threading, namun terdapat beberapa produk yang memiliki fitur ini.

Hyper-Threading berkemampuan memproses dua thread sekaligus dalam satu waktu di setiap core yang terdapat di dalam prosesor.

Saat menjalankan software, umumnya akan mendeteksi dan memanfaatkan threads ekstra yang bisa dijalankan di dalam sebuah core.

Hasilnya, fitur ini akan meningkatkan performa pada software seperti editing video, 3D animator atau 3D designer, terlebih saat proses rendering.

Konten Hiburan Definisi Tinggi  

Kelebihan laptop Core i5 lainnya adalah kemampuan untuk memutar konten dengan definisi ultra tinggi dengan ketajaman resolusi hingga 4K.

Kelebihan dari resolusi dengan piksel yang 4 kali lebih banyak ketimbang layar full HD ini adalah kualitas gambar yang jauh lebih tajam sekaligus jernih, sehingga video ataupun game yang Anda mainkan bisa memberikan pengalaman lebih baik.

Dukungan RAM Hingga 16GB

Kelebihan laptop Core i5 lainnya adalah support RAM hingga 16GB. Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda yang membeli laptop Core i5 dengan RAM kecil karena bisa menambahkan RAM di kemudian hari agar kinerjanya sesuai kebutuhan dan keinginan.  

Hemat Daya

Intel Core i5 merupakan prosesor Intel Core generasi ketiga yang dilengkapi arsitektur Ivy Bridge 64-bit. Arsitektur ini menggunakan teknologi dengan manufaktur berskala 22nm yang memakai konsumsi listrik daya rendah dalam pengoperasiannya.

Salah satu jenis prosesor Intel Core i5 yang hemat daya adalah seri 3210M yang memiliki angka TDP 35 watt. Jenis prosesor Intel Core i5 seri 3210M dirancang untuk komputasi mobile yang kemampuannya sendiri berbeda dengan prosesor Intel Core i5 untuk desktop PC dalam sektor penggunaan daya.

Integrasi Intel HD Graphics

Prosesor Intel Core i5 juga sudah terintegrasi dengan kartu grafis dari Intel HD Graphics. Selain mendukung layar beresolusi 4K, serta menghasilkan tampilan yang tajam dan detail.

Hal ini memungkinkan Anda memainkan game dengan grafis kompleks tanpa tersendat, membuat grafis, editing foto, dan membuat video HD secara presisi, terlebih jika dipakai bersama software pembuat konten seperti Intel Quick Sync Video dan aplikasi OpenCL.

Perbandingan Harga

Penggunaan prosesor akan berpengaruh pada harga jual laptop. Untuk laptop dengan konfigurasi prosesor Intel Core i5, tentu saja harga yang ditawarkannya akan lebih tinggi ketimbang laptop dengan prosesor Intel Core i3, intinya Anda harus menyesuaikan dan memilih laptop yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Harga Laptop Intel Core i5 Terbaik

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.