Diperbaharui pada Kamis, 26 Januari 2017 | 16:07

Huawei Mate 9 vs LG V20, Duel Hape dengan Dua Kamera Belakang

Antara Huawei Mate 9 dan LG V20 mana yang paling bagus? LG V20 tampil gahar dengan dual layar dan dual kamera, Huawei Mate 9 pun menantangnya dengan layar besar dan dual kamera Leica.

Di segmen premium kini tidak hanya didominasi hape Samsung atau iPhone saja, sebab sudah bermunculan pesaing yang memiliki kemampuan luar biasa dengan harga yang lebih memikat. Tidak hanya itu, dari segi teknologi persaingan di segmen ini juga terus berkembang. Selain menawarkan kinerja tinggi, fitur-fitur yang membedakan dari pesaing juga bisa menjadi daya pikat tersendiri. Salah satunya adalah penggunaan teknologi dua kamera.

Memang belum banyak hape yang mengusung teknologi dua kamera. Saat ini baru tercatat hape Huawei P9, Huawei Mate 9, Huawei Honor 6 Plus, LG G5, LG V20, Xiaomi Redmi Pro, dan HTC One M8.

Dari hape-hape tersebut yang terbilang masih anyar adalah Huawei Mate 9 dan LG V20. Oleh karena itu, kali ini Pricebook ingin membandingkan spesifikasi serta fitur-fitur yang ada diantara keduanya seperti dikutip dari Androidheadline. Harga keduanya juga tidak terpaut jauh yang berada di kisaran Rp8 jutaan.

Desain

Sebagai salah satu flagship milik LG, hape LG V20 dibangun dengan material berkualitas tinggi, yaitu sudah menggunakan aluminium yang biasa dipakai pada pesawat. Wajar jika hape LG V20 merupakan salah satu perangkat andalan LG untuk merebut minat konsumen.

Tidak hanya itu, hape LG V20 juga Memiliki tampilan lebih halus dan elegan dari generasi pendahulunya Ada dua bumper silikon yang diposisikan pada bagian atas dan bawah serta mempertahankan dual display yang memiliki banyak fungsi, seperti menghemat baterai serta untuk menampilkan notifikasi. 

Hape LG V20 telah memiliki sertifikasi MIL-STD-810G, sehingga membuatnya aman dalam berbagai kondisi lingkungan seperti tahan dari benturan saat jatuh dari ketinggian, tahan di cuaca tinggi atau rendah, lembab, pasir, dan debu. 

Sertifikasi ini biasanya disematkan pada hape tahan banting untuk penggunaan di luar ruangan. Beberapa perangkat hape yang sudah dilengkapi sertifikasi ini seperti hape Samsung Galaxy S5 Active, S6 Active, atau Galaxy Active Neo. Hape LG V20 sendiri berukuran 159,7 x 78,1 x 7.6 mm dengan bobot 174 gram dan tersedia dalam pilihan warna Titan dan Silver.

Sedangkan hape Huawei Mate 9 memang tidak menggunakan material alumunium sekelas pesawat, namun hanya menggunakan material all-metal, dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan hape Huawei pada umumnya. Dimana perangkat premium ini memiliki desain dengan bezel tipis, sisi melengkung yang akan memberikan rasa nyaman saat hape digenggam.

Huawei Mate 9 ini memiliki bentuk solid berukuran 156,9 x 78,9 x 7.9mm. Ukurannya memang sedikit lebih besar dari hape LG V20. Bobotnya berada di kisaran 190 gram dan menyediakan pilihan warna Space Grey, Moonlight Silver, Champagne Gold, Mocha Brown, Ceramic White, dan Black.

Layar

Di sektor layar, LG memutuskan menggunakan dua layar untuk hape LG V20. Layar utama berjenis IPS Quantum QHD memiliki bentang lebar yaitu 5,7 inci. Resolusinya 2560 x 1440 piksel serta kerapatan piksel 513 ppi.

Lalu untuk layar sekunder beresolusi 1040 x 160 piksel serta kerapatan 513 ppi. Adanya layar sekunder ini akan membantu menghemat baterai karena memungkinkan layar utama tetap off dengan membiarkan tampilan melalui layar sekunder. Layar kedua ini akan menampilkan notifikasi seperti waktu dan tanggal.

Huawei Mate 9 memiliki layar utama berukuran lebih besar dari hape LG V20. Meski lebih besar namun Huawei Mate 9 relatif terlihat lebih kompak dalam ukuran fisik dengan layar 5,9 inci menggunakan bezel tipis. Hanya saja, Huawei terlihat lebih menonjolkan layar besar dengan mengorbankan kedalaman resolusi.

Berjenis IPS, layarnya hanya dbekali ketajaman resolusi FullHD 1080 x 1920 piksel serta kerapatan piksel 373 ppi. Meski demikian, tampilan layarnya masih terlihat cukup nyaman untuk menikmati konten multimedia. 

Dual Kamera

Duel menarik antara hape LG V20 dengan hape Huawei Mate 9 terjadi di sektor fotografi, karena keduanya mengusung format dua kamera di bagian belakang. Untuk kamera hape LG V20 menggunakan pengaturan kamera ganda untuk para pecinta fotografi. Dua kamera utama ini masing-masing memiliki sensor dengan tingkat resolusi 16 megapiksel, aperture f/1.8 dan satu kamera lain beresolusi 8 megapiksel dengan aperture f/2.4. Khusus untuk kamera dengan resolusi 8 megapiksel ini memiliki lensa wide-angle yang beroperasi terpisah dari kamera utama.

Jadi untuk penggunaan foto standar, kamera yang digunakan adalah 16 megapiksel, sedangkan untuk pemotretan yang membutuhkan sudut pandang yang lebih luas bisa memanfaatkan kamera dengan resolusi 8 megapiksel. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah keberadaan teknologi laser dan phase detection autofocus (PDAF,) laser autofocus, OIS, panorama, HDR dan dual-tone LED flash.

Lalu untuk kamera yang ada di bagian depan sudah dibekali dengan kapasitas resolusi 5 megapiksel lengkap dengan fitur aperture f/1.9 untuk foto selfie atau video chatting. Dengan aperture f/1.9, kamera depan di hape LG V20 masih bisa menghasilkan foto selfie yang lebih terang.


Sementara hape Huawei Mate 9 juga tidak kalah garang di sektor kamera. Tidak tanggung-tanggung hape Huawei ini sudah menggunakan optik Leica ganda untuk kamera utama. Dua kamera ini masing-masing memiliki sensor beresolusi 20 megapiksel yang digunakan untuk mengambil foto berwarna serat satu kamera sudah beresolusi 12 megapiksel namun hanya berjenis monokrom. Beragam fitur canggih juga disediakan seperti aperture f/2.2 dengan penambahan teknologi OIS, 2X zoom, Phase Detection Autofocus (PDAF), laser autofocus, dan flash dual-tone LED.

Keberadaan dua kamera berbeda jenis ini akan memberikan kemampuan untuk bereksperimen bagi pecinta foto hitam putih namun tetap bisa mengambil foto normal dengan hasil maksimal. Sedangkan untuk kamera depan, hape HUawei Mate 9 menggunakan sensor yang memiliki resolusi 8 megapiksel dengan aperture f/1.9 dan lensa 26mm wide-angle untuk foto selfie dan video chatting.

Fitur

Salah satu fitur yang diandalkan hape LG V20 adalah menawarkan audio yang berkuaitas, dimana LG telah menyematkan empat DAC (Digital-to-Analog Converter) dan menjadi yang pertama dengan fitur tersebut. Tidak hanya itu, LG juga memberikan EQ dengan kontrol keseimbangan kiri dan kanan dan sudah memiliki sertifikasi B & O. Kualitas audio tinggi akan terasa maksimal ketika dihubungkan dengan earphone atau headpseat yang juga memiliki kualitas besar. Fitur lainnya LG V20 juga tetap memasang sensor pemindai sidik jari untuk keamanan perangkat.

Sementara hape Huawei Mate sudah dibekali speaker stereo yang dipasang di bagian bawah perangkat. Hanya saja Huawei tidak menambahkan sirkuit Hi-Fi untuk output audio di perangkat ini. Apalagi hape Huawei Mate 9 juga tidak dilengkapi dengan kemampuan yang tahan dari debu atau air. Untuk perlindungan data pengguna, disediakan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang.

Performa

Lanjut ke performa. Dimana hape LG V20 menggunakan prosesor kelas atas dari Qualcomm Snapdragon 820. Prosesor quad-core ini memiliki kecepatan clock yang mencapai hingga 2.15GHz yang akan dikombinasikan dengan pengolah grafis Adreno 530. Guna menambah kemampuan kinerjanya, hape LG V20 juga dikemas dengan kapasitas RAM mencapai 4GB DDR4 serta pilihan ruang penyimpanan sebesar 32GB atau 64GB. Kapasitas ruang penyimpanan ini masih bisa diperbesar melalui slot microSD yang mencapai hingga 256GB.

Untuk kemampuan sumber daya, hape LG V20 menanam baterai Li-Ion berkaspitas 3200 mAh. Yang cukup menarik adalah baterai ini bisa dilepas pasang lengkap dengan penambahan fitur Quick Charge 3.0 untuk pengisian ulang baterai dengan cepat.

Beralih ke performa hape Huawei Mate 9. Berbeda dengan hape LG V20, Huawei Mate 9 memilih menggunakan chipset besutan Huawei sendiri yaitu Hisilicon Kirin 960. Prosesor octa-core yang berjalan dengan kecepatan tertinggi mencapai 2.4GHz dan akan berpadu dengan kartu grafis dari Mali-G71 MP8. Untuk menyokong kinerja chipset, hape Huawei Mate 9 menyematkan memori RAM sebesar 4GB dengan ruang penyimpanan internal yang sama dengan hape LG V20 yang berkapasitas 64GB. Termasuk menyediakan slot microSD yang bisa menambah kapasitas ruang penyimpanan hingga mencapai 256GB.

Kinerja baterainya sedikit lebih baik dari hape LG V20, karena Mate 9 hadir dengan kapasitas baterai lebih besar yang mencapai 4000mAh. Hanya saja, baterai di hape Huawei Mate 9 ini berjenis non-removeable atau tertanam di dalam mesin, sehingga pengguna tidak bisa sembarang melepas pasang baterai. Meski demikian, HUawei telah membawa fitur SuperCharge milik mereka yang akan mengisi ulang baterai dari posisi 0-100 persen hanya dalam waktu 90 menit saja.

Kesimpulan

Secara umum, keduanya memang memiliki kemampuan kelas atas berkat penanaman spesifikasi dan fitur yang menarik. Jika harus memilih, ini merupakan pilihan yang sulit karena kedua perangkat hadir dengan kemampuan yang cukup merata, termasuk dalam spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Seperti hape LG V20 yang unggul di kualitas layar Quad HD, punya layar sekunder untuk notifikasi, dilengkapi audio yang sangat baik, serta baterai yang bisa dilepas pasang. Sedangkan hape Huawei Mate 9 memiliki layar yang sedikit lebih besar. Tidak hanya itu, keunggulan yang menonjol dari Huawei Mate 9 adalah keberadaan teknologi dua kameranya. Dimana sudah menggunakan sensor Leica dengan kapasitas resolusi yang lebih tinggi. Semua tergantung pada pilihan Anda, namun yang pasti sesuaikan dengan kebutuhan.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
LG V20 RAM 4GB ROM 64GB belum ada harga 5.7 inch MSM8996 Snapdragon 820 7 4 GB 64 GB Adreno 530 16 MP 3200 mAh
Huawei Mate 9 RAM 4GB ROM 64GB belum ada harga 6 inch Kirin 960 7 4 GB 64 GB - 12 MP -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Komparasi Hape Samsung Galaxy A7 (2016) vs Samsung Galaxy A7 (2017)
Dual Ponsel Premium, Apple iPhone 7 vs LG G5, Mana yang Jadi Jawara?
Duel Ponsel Premium terbaru, Google Pixel vs Xiaomi Mi 5s, Mana yang Terbaik?
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.