Lebih Superior, Inilah Perbedaan Hape Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S7

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 9 Jan 2017 | 01:34

Hape Samsung Galaxy S8 akan menjadi flagship generasi terbaru dari Samsung yang kabarnya dijadwalkan akan dirils bulan April mendatang.

Meski belum ada informasi resmi dari Samsung, namun banyak rumor yang berspekulasi mengenai spesifikasi dan fitur-fitur apa yang akan tertanam di hape Samsung Galaxy S8. Bila semua kebocoran informasi tersebut memang dapat dipercaya, hal ini akan menjadikan Samsung Galaxy S8 sebagai perangkat yang powerful.

Dengan hape Samsung Galaxy S7 yang sudah memuaskan, tentu generasi berikut dari Galaxy S series ini akan jauh lebih memikat. Dengan sejumlah peningkatan kemampuan di sejumlah sisi, Samsung Galaxy S8 akan melengkapi kemampuan dari Samsung Galaxy S7. Meski masih sebatas rumor dan ada kemungkinan perubahan pada spesfikasi dan fitur, berikut kami tampilkan perbandingan antara hape Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S7.

Desain

Image via TechBuffalo

Sebuah kebocoran informasi menyebutkan bahwa hape Samsung Galaxy S8 akan membawa beberapa perubahan tampilan dari Samsung Galaxy S7. Meski masih belum jelas apakah Samsung Galaxy S8 akan tetap mengusung kombinasi desain metal dan kaca, namun Samsung S8 diklaim hadir dengan dimensi yang mirip dengan Samsung S7.

Hanya saja ukuran layar Samsung S8 kabarnya akan sedikit lebih besar. Secara dimensi, hape Samsung S7 memiliki ukuran 142,4 x 69,6 x 7.9mm, berat 152g dan memiliki tombol home fisik di bagian depan yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Sedangkan hape Samsung S8 menjadi perangkat ramping tanpa tombol home fisik dan layar yang ideal dengan bentuk rasio bodinya. Berdasarkan sebuah kebocoran gambar yang beredar, Samsung S8 memiliki bezel yang sangat ramping, tombol home yang terpasang di layar dan tombol asisten pribadi khusus. Kabarnya, sensor sidik jari di Samsung S8 akan ditempatkan pada layarnya.

Sebuah rumor juga menyebutkan jika hape Samsung S8 akan menghilangkan jack headphone, seperti yang dilakukan Apple dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mereka. Meski demikian, Samsung diperkirakan akan menyematkan speaker Harman Kardon bersama dengan USB Type-C yang menawarkan perbaikan dalam audio dibanding hape Samsung S7.

Layar

Hape Samsung Galaxy S8 sendiri kabarnya menggunakan layar berukuran 5,7 inci atau 5,2 inci. Itu artinya akan lebih besar dari Samsung S7 yang memiliki layar 5.1 inci. Meski demikian, hape Samsung S8 juga akan memiliki layar melengkung, seperti Samsung Galaxy S7 Edge dan Samsung Galaxy Note 7. layarnya sendiri kemungkinan tetap menggunakan teknologi Super AMOLED yang menawarkan tampilan memikat baik dalam layar melengkung atau datar.

Disebutkan pula jika resolusi akan meningkat dari 2K di hape Samsung S7 menjadi resolusi 4K di hape Samsung S8. Namun laporan lain mengatakan hape Samsung S8 akan tetap mengusung resolusi layar 2K, tapi menawarkan perbaikan untuk dukungan teknologi VR (virtual reality) yang lebih baik.

Kamera

Di sektor kamera, perbedaan mencolok antar hape Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S8 adalah kehadiran dua kamera belakang yang menawarkan sensor beresolusi 12 megapiksel dan sensor 13 megapiksel. Bahkan ada yang menyebut jika hape Samsung S8 hanya akan dibekali satu kamera belakang yang diklaim memiliki resolusi 30 megapiksel. Sedangkan hape Samsung Galaxy S7 memiliki kamera belakang 12 megapiksel dengan aperture f/1.7, deteksi fase autofocus dan optical image stabilization.

Untuk kamera depan, hape Samsung S8 digadang-gadang mengusung sensor beresolusi 8 megapiksel atau 9 megapiksel, termasuk menanam fitur autofocus. Sementara di hape Samsung S7 memiliki kamera depan 5 megapiksel tanpa auto fokus.

Software

Sebagai perangkat anyar, hape Samsung Galaxy S8 tentunya akan menggunakan OS Android 7.0 Nougat dengan user interface TouchWiz. Penambahan fitur kabarnya akan hadir pada penggunaan fitur asisten pribadi Viv. Sedangkan di hape Samsung Galaxy S7 saat ini berjalan dengan OS Android 6.0 Marshmallow, namun akan mendapat update ke OS Android Nougat dalam waktu dekat.

Performa

Bicara perfroma, hape Samsung Galaxy S7 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 atau Exynos 8890, dimana keduanya memiliki kapasitas memori RAM 4GB. Pilihan penyimpanannya hadir dengan pilihan kapasitas 32GB dan 64GB dengan dukungan slot microSD.

Sedangkan hape Samsung Galaxy S8 kabarnya akan di tenagai dengan pilihan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dan Exynos 8895, yang akan disesuaikan berdasarkan model dan area yang dituju. Penggunaan chipset ini akan dikombinasikan dengan kapasitas memori RAM 6GB dan 8GB, serta opsi ruang penyimpanan internal 64GB dan 128GB. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kinerja hape Samsung S8.

Sementara untuk sumber daya, rumor menyebutkan hape Samsung S8 akan memakai baterai berkapasitas besar yaitu 4200mAh. Dengan penggunaan baterai besar ini, secara signifikan sedikit lebih besar dari baterai berkapasitas 3000mAh yang dimiliki hape Samsung S7.

Samsung Galaxy S8
Harga termurah

Rp 6,619,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700 / 2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 17(700), 20(800), 28(700)
Ukuran Layar 5.8 inch
Chipset Exynos 8895 Octa
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.7 GHz
GPU Mali-G71 MP20
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Baca juga artikel:
Inilah Fitur yang Diharapkan Pada Hape Samsung Galaxy S8
Selain Samsung Galaxy S8, 5 Hape ini Paling Ditunggu Tahun 2017
Samsung Galaxy S8: Layar RGB AMOLED dan Tanpa Jack Headphone 3.5mm

Artikel Lainnya

Komentar