Diperbaharui pada Selasa, 31 Mei 2016 | 08:27

Beda Asus Zenfone 3 dan Asus Zenfone 2?

Chairman Asus, Johnny Shih akhirnya memperkenalkan generasi terbaru ponsel premiumnya Asus Zenfone 3. Ponsel ini memang cukup dinantikan kehadirannya mengingat seri sebelumnya Asus Zenfone 2 cukup sukses di pasaran. Menyadari hal tersebut, Asus menghadirkan sejumlah perubahan guna memberikan produk yang lebih baik dan lebih bersaing. Sayangnya kini Asus tidak lagi menggunakan dapur pacu dari Intel. Hal ini disebabkan pihak Intel yang memang menyerah dalam persaingan chipset perangkat mobile. Walaupun demikian, bukan berarti ponsel Android terbaru ini tidak menarik. Justru sejumlah fitur baru dihadirkan Asus guna melawan ponsel Android premium lainnya.

Lalu, seperti apa detail spesifikasi antara Asus Zenfone 3 dan Asus Zenfone 2? Apa saja bedanya?

Desain

Menengok ke bagian desain, Asus memang menghadirkan desain baru yang lebih segar dalam seri Zenfone 3. Asus memasang rangka aluminium dengan bodi metal berlapis kaca. Desain ini memang tengah tren digunakan berbagai ponsel premium. Desain bodinya juga tidak lagi melengkung pada bagian cover belakangnya. Asus juga mengembalikan tombol power dan tombol volume ke bagian sisi bodi. Sementara itu, dibagian belakang tepatnya dibawah kamera utama terpasang sensor sidik jari yang mudah dijangkau.

Berbeda dengan Asus Zenfone 2 yang masih menggunakan rangka metal dan bodi plastik. Ponsel ini juga hadir dengan desain tombol yang terletak dibagian bawah kamera utama di bagian bodi belakang. Tidak hanya itu, untuk dimensi, Asus Zenfone 2 tampak lebih besar dengan tebal 10,9 mm dan berat 170 gram. Bandingkan dengan Asus Zenfone 3 yang hanya setebal 7,7 mm dan berat 155 gram.

Layar

Dari sisi layar, Asus masih menggunakan layar yang sama. Baik Asus Zenfone 3 maupun Zenfone 2 menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Layar ini juga masih mengandalkan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels  dan teknologi IPS. Hal ini memang sedikit mengecewakan. Pasalnya tren pasar saat ini, layar menggunakan resolusi QHD. Asus sendiri beralasan resolusi Full HD dirasa masih cukup baik dan lebih hemat daya. Walaupun demikian, layar Asus Zenfone 3 tampak lebih lebar mengingat produsen Taiwan ini menata ulang bezel dan tombol capasitive.

Baca juga ASUS Zenfone 3 Resmi Diluncurkan, Harga Mulai dari 3 Juta-an

Mesin

Asus Zenfone memang identik dengan chipset Intel. Namun, berhubung pihak Intel sudah tidak lagi bersaing dalam pasar chipset smartphone, Asus pun menggunakan chipset baru. Dalam Seri Zenfone 3, Produsen memasang chipset Qualcomm Snapdragon 625. Ini merupakan prosesor octa-core dengan kecepatan 2Ghz dan disokong GPU Adreno 506. Sedangkan Asus Zenfone 2 masih menggunakan chipset Intel Atom Z3580. Prosesor quad-core ini disokong dengan GPU PowerVR.

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Memori Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai OS Version Detail Prosesor
ASUS Zenfone 3 ZE552KL 32GB belum ada harga LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500) 3 GB 32 GB 5.5 inch 16 MP 3000 mAh 6 Snapdragon 625
ASUS Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB belum ada harga LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500) 4 GB 32 GB 5.5 inch 13 MP 3000 mAh 5 Atom Z3580
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Bila dalam Asus Zenfone 2, Asus menghadirkan kejutana varian RAM 4 dan 2 GB. Maka, Asus Zenfone 3 Hadir dengan pilihan RAM 3 dan 4 GB. Tentu ini memberikan peningkatan performa yang cukup baik. Apalagi untuk sistem operasi, Asus sudah memasang Android Marhsmallow pada Zenfone 3, sementara masih Android Lollipop pada Zenfone 2.

Memori Penyimpanan

Bila sebelumnya, Asus menghadirkan pilihan memori internal cukup beragam dalam seri Zenfone 2 yakni 16, 32 dan 64 GB. Dalam Asus Zenfone 3 hanya terdapat dua pilihan memori internal saja yakni 32 dan 64 GB. Ini memang sedikit mengecewakan.

Kamera

Mencoba memenuhi kebutuhan fotografi pengguna ponsel modern saat ini, Asus menghadirkan perubahan cukup besar pada sektor kamera. Asus kini menggunakan kamera utama 16 MP. Kamera ini sudah mendukung sensor Sony IMX298. Sensor ini sama dengan sensor yang digunakan dalam Xiaomi Mi5, Huawei Mate 8 hingga Oppo R9 Plus. Tidak hanya itu, sus juga menghadirkan teknologi Lases Autofocus generasi kedua, Phase detection autofocus, color correction RGB sensor, Dual LED Flash, 4 Axis Optical Stabilization dan 3 Axis electronic Stabilisation. Bila itu masih kurang, Asus juga menghadirkan Low Light Mode yang lebih sensitif.

Sedangkan dibagian kamera depan, Asus memanggunakan kamera utama 8 MP dengan 85 derajat wide view yang cocok untuk pecinta selfie.

Fitur Lainnya

Asus juga meningkatkan sisi Audio dalam seri ini. Asus menghadirkan loudspeaker baru dengan teknologi NXP Smart AMP dan Hi Res Audio. Tidak hanya itu, terpasang juga USB Type C.

Sayangnya untuk baterai, Asus masih menggunakan baterai yang sama yakni 3000 mAh.

Kesimpulan

Asus Zenfone 3 hadir sebagai pengisi pasar kelas menengah ke atas dengan banyak perbedaan yang ditawarkan dibanding seri Zenfone 2. Desain yang lebih mewah, layar yang lebih luas, hingga kamera dengan sensor baru memang cukup membuat ponsel ini unggul dibanding seri pendahulunya. Apalagi, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga menjadi pilihan terbaik di pasar ponsel kelas menengah hingga ponsel premium.

Perbandingan Spesifikasi Antara Asus Zenfone 3 dengan Asus Zenfone 2

Baca juga artikel:
Asus Zenfone Max Hadir dengan Chipset Baru, Qualcomm 615
Asus Ungkap Teaser Tiga Varian ZenFone 3 Terbaru
Asus Zenfone Go TV, Ponsel Android Terbaru Dengan Fitur TV Digital
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts