Diperbaharui pada Sabtu, 13 September 2014 | 14:12

Bingung Memilih Asus Zenfone 5 atau Lenovo P780? Berikut Perbandingannya!

                             Asus Zenfone 5                                                           Lenovo P70

Lenovo P780 adalah smartphone besutan Lenovo yang muncul pada tahun 2013. Smartphone ini menawarkan sebuah performa yang baik karena didalamnya terdapat prosessor quad core. Menariknya, smartphone ini  dijual di rentang harga di bawah 3 juta saja. Di tahun 2014, smartphone ini mendapat tantangan dari Asus Zenfone 5.

Smartphone besutan Asus yang satu ini banyak dicari oleh pengguna di Indonesia. Dengan spesifikasi yang pas dan mumpuni, smartphone ini dibanderol dengan harga dikelas menengah. Karena hal tersebut, smartphone Asus Zenfone 5 termasuk smartphone yang paling banyak diinginkan. Lantas, manakah diantara kedua smartphone ini yang terbilang paling unggul?. Berikut ulasan perbandingan Asus Zenfone 5 versus Lenovo P780.

Desain dan Layar

Asus Zenfone 5 dan Lenovo P780 sama-sama mengusung desain yang elegan. Tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok diantara keduanya. Hanya saja Asus Zenfone 5 memiliki ruang yang lebih luas di bagian atasnya. Hal ini membuat layar pada Lenovo P780 terlihat lebih tinggi.

Padahal keduanya sama-sama mengusung layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel. Namun, secara keseluruhan Asus Zenfone 5 tergolong unggul di segi ini. Mengingat Asus Zenfone 5 sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3.

Hardware

Dari sisi dapur pacu, kedua smartphone ini  mengusung jeroan yang berbeda. Di atas ketas, Lenovo P780 unggul dari segi prosessor karena didalamnya terdapat prosesor empat inti dari  MediaTek dengan kecepatan 1,2GHz. Sementara Asus menggunakan prosessor dual core Intel Atom Z2580 2Ghz. Meskipun menggunakan prosessor dual core, tapi prosessornya ini memiliki empat inti logis berkat teknologi hyper threading yang menjadikan prosessor serasa prosessor quad core.

Dari spesifikasi ini saja, Asus Zenfone 5 terbilang unggul. Apalagi prosessornya didukung dengan pengolah grafis PowerVR SGX544MP2 yang memiliki dual core dengan dukungan RAM 2GB. Bandingkan dengan Lenovo P780 yang hanya didukung pengolah grafis single core PowerVR SGX544 dan RAM 1GB. Dari sisi ini, Asus Zenfone 5 unggul dari Lenovo P780.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama mengusung kamera depan 8MP. Namun, Asus Zenfone 5 lebih ungul karena dibekali kamera depan 2MP. Sementara Lenovo P780 hanya dibekali kamera depan VGA. Untuk penyuka selfie, tentunya kamera 2MP lebih layak dibandingkan kamera VGA.

Sistem Operasi

Asus Zenfone 5 juga unggul dari sisi sistem operasi. Asus Zenfone 5 dibekali Android Jelly Bean versi 4.3. Sementara Lenovo masih menggunakan Android Jelly Bean 4.2.2. Dalam hal memori internal pun, Asus Zenfone 5 unggul karena didukung dengan memori internal 8GB microSD hingga 64GB. Sementara Lenovo P780 didukung dengan memori internal 4GB dengan dukungan slot microSD hingga 32GB.

Kesimpulan

Asus Zenfone 5 menang telak atas Lenovo P780. Hal in menunjukan bahwa Asus Zenfone 5 perangkat ponsel pintar yang sangat disarankan untuk dibeli di harga 2-jutaan. Dari segi harga, Asus Zenfone 5 cukup valueble. Asus Zenfone 5 dibanderol pada harga 2,2 juta. Sementara Lenovo P780 dibanderol pada harga 2,7 juta. (Tedi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Like us!
Hilman Mulya Nugraha
162 Posts