Diperbaharui pada Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:11

11 Aplikasi Karaoke Gratis Terbaik

Aplikasi Karaoke Online dan Offline

Ketika kebosanan melanda bisanya banyak orang mencoba mengalihkannya dengan beragam hal. Mulai dari sekedar bercanda dengan kawan atau keluarga, bermain game, menonton film streaming, bahkan beberapa orang cenderung mengusirnya dengan menyanyi.

Seperti yang kita tahu, karaoke identik dengan bernyanyi bersama beberapa teman atau orang dalam satu ruangan. Tapi tunggu dulu, di masa pandemi, berkumpul cukup dilarang jika terjadi dalam satu ruangan dengan jumlah orang yang banyak.

Untuk mengakalinya, kalian bisa gunakan aplikasi karaoke online gratis yang bisa didapat dari playstore. Keuntungan dari aktivitas ini sendiri mampu membuat kita lebih rileks dan mampu mengendurkan otot yang tegang setelah beraktivitas seharian.

Selain itu, karaoke juga bisa menjadi ajang latihan bagi kalian yang ingin menunjukkan bakat menyanyi atau suara merdu kalian.

Aplikasi Karaoke Online Terbaik

Aplikasi Karaoke Online

Nah, jika sebelumnya kita hanya bernyanyi di tempat karaoke, teknologi masa kini memberi perbedaan dengan cara menyanyi melalui aplikasi ponsel pintar.

Selain bisa menyanyi dengan koleksi lagu yang lebih lengkap, hasil karaoke juga bisa direkam, dibagi atau bahkan diadu dengan pengguna lain.

Jadi, sebelum kalian memutuskan berkaraoke, ada baiknya mengunduh salah satu aplikasi karaoke terbaik di bawah ini.

Apa saja aplikasi karaoke terbaik di handphone yang gratis? Simak daftarnya di bawah ini yuk, kalian!

1. Smule

smule

Aplikasi wajib buat yang punya hobi menyanyi tentunya Smule. Sejak kemunculannya, aplikasi ini sudah punya penggemar tersendiri terutama bagi mereka yang ingin menguji suaranya.

Selain untuk karaoke, Smule juga punya fitur rekaman juga pengaturan suara. Nantinya, rekaman ini dapat dibagikan ke jejaring sosial jika kalian mau.

Ada juga fitur untuk mengunggah lagu atau video yang direkam ke "Smule Songbook" agar bisa dinyanyikan pengguna lain.

kalian bisa mengunduh Smule di Google Play Store untuk Android, atau Apple App Store untuk pengguna iPhone.

2. The Voice

the voice

Ajang pencarian bakat seperti tak ada habisnya, seperti The Voice. Franchise ajang menyanyi ini meluncurkan aplikasi karaoke terbaik resmi dengan mengusung konsep sama dengan acara TV.

Bagi yang tidak punya kesempatan tampil di panggung aslinya, aplikasi The Voice bisa menggantikan. Aplikasi punya antarmuka yang sama persis beserta empat juri di atas panggung.

3. StarMaker

starmaker

Sesuai namanya, aplikasi karaoke terbaik ini bisa membuat kita menjadi seperti seorang bintang.

Hampir sama dengan aplikasi lainnya, StarMaker menawarkan fitur karaoke yang memungkinkan penggunanya merekam lagu favorit yang mereka mainkan, baik solo maupun duet.

Hasil rekaman ini bisa diunggah ke StarMaker dan bisa dilihat, disukai (like), dan dikomentari oleh pengguna lain.

Keunggulan StarMaker dibanding platform karaoke lain terletak di koleksi lagu berbahasa India-nya, yang bisa dibilang cukup lengkap.

Jadi, kalian penggemar film-film Bollywood dan lagu-lagunya, bisa menemukan lagu tersebut di sini ya. Aplikasi ini gratis untuk pengguna iOs dan Android.

4. Karaoke Online

karaoke online

Jika kebanyakan aplikasi karaoke terbaik hanya menampilkan tulisan lirik lagu, beda dengan Karaoke Online. Di aplikasi ini pengguna langsung dihadapkan pada pilihan video klip, bukan lagu.

Bisa dibilang, Karaoke Online punya database video lengkap karena menggunakan database YouTube. Keunggulan lain dari Karaoke Online yaitu antarmuka yang sangat sederhana.

Selain bisa dimanfaatkan untuk hiburan, aplikasi karaoke terbaik ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan menyanyi.

Berbagai fitur bisa berperan sebagai jembatan untuk mewujudkan cita-cita jadi penyanyi, terutama bagi pengguna yang hobi menyanyi.

5. Videoke King

videoke king

Videoke King mungkin bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi karaoke terbaik yang ada saat ini.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam lagu yang bisa kalian download dan simpan di perangkat Android. Untuk lirik lagunya, aplikasi ini mengambil lirik dari situs gosing.com.

Tampilan yang dimilikinya juga sangat baik dengan warna backgroundnya bisa diubah sesuai selera kita. Jangan khawatir tulisannya tidak akan kelihatan, karena ukuran tulisan bisa diperbesar agar lebih mudah dibaca.

Karena tidak langsung menyediakan lagu-lagunya, maka kalian dapat menghemat ruang penyimpanan dengan hanya mengunduh lagu yang disukai saja.

6. Mini Karaoke

mini karaoke

Mini Karaoke merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Giant Land. Aplikasi ini hanya menggunakan lagu berformat MP3 sehingga kalian tidak perlu repot mencari lagu berbentuk video karaoke.

Setelah memilih lagu, aplikasi akan mencari liriknya secara otomatis. Aplikasi Mini Karaoke juga memiliki fitur built-in mic yang dapat digunakan untuk merekam lagu yang kita nyanyikan.

Fitur tersebut juga akan membuat kualitas suara hasil rekaman menjadi lebih baik karena mengurangi gangguan white noise. Jika tertarik, kalian bisa langsung download aplikasinya di handphone.

Aplikasi Karaoke Offline

11 Aplikasi Karaoke Gratis Terbaik-8

Tidak semua aplikasi karaoke terbaik harus digunakan secara online, ada beberapa yang bisa digunakan secara offline juga, lho! Ada aplikasi apa sajakah? Yuk kita tengok.

1. WeSing

wesing

Pernah mendengar WeSing? Aplikasi ini merupakan aplikasi karaoke terbaik buatan China, Tencent. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menyanyikan berbagai lagu sembari merekam performa kita ketika sedang bernyanyi, baik solo maupun duet.

Hasil rekaman ini nantinya bisa kita unggah dan bisa dilihat oleh pengguna WeSing lainnya lho. Layaknya sebuah media sosial, antara pengguna WeSing juga bisa saling mengikuti (follow) dan memberikan komentar atau like terhadap rekaman karaoke pengguna lainnya.

Uniknya, aplikasi yang telah banyak diunduh ini memiliki fitur "Download", di mana pengguna bisa menyanyikan lagu kesukaan mereka secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet. 

2. SingPlay

singplay

Aplikasi yang satu ini tak hanya digunakan untuk menyanyi. Lebih dari itu, aplikasi SingPlay bisa digunakan untuk membuat lagu karaoke dengan format karaoke MP3.

Yang tak kalah menarik, penguna bisa membuat cover lagu melalui aplikasi ini. Aplikasi SingPlay bisa tetap digunakan saat mode offline sehingga sangat cocok bagi pengguna yang ingin menyanyi dimanapun.

3. Singo

singo karaoke

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar aplikasi karaoke terbaik membutuhkan koneksi internet, sehingga kalian harus selalu online setiap kali ingin ingin menggunakannya.

Tapi, hal itu tidak akan kita temukan dalam aplikasi karaoke Singo! Ini merupakan aplikasi karaoke yang bisa digunakan secara online maupun offline.

Saat keadaan online, kalian bisa mengajak sesama pengguna Singo untuk berduet dan bernyanyi bersama. Sedangkan saat offline, bisa kalian gunakan untuk konser sendirian ya, hihihi.

4. Karaoke Offline Dangdut

karaoke offline dangdut

Dari namanya saja sudah jelas dong, lagu-lagu apa yang akan kita dapatkan dari aplikasi karaoke ini?

Sekarang kalian penggemar lagu khas Indonesia ini atau lagu dangdut, bisa puas menikmati lagu-lagu kesukaan di Karaoke Dangdut Offline.

Karaoke Offline Dangdut ini memang hanya menyediakan macam-macam jenis lagu dangdut. Jadi, kalian tidak akan menemukan genre musik lainnya di aplikasi ini. Cocok untuk kalian yang bukan penggemar musik pop.

Kelebihan lainnya lagi, kita menggunakannya secara offline, lho. Jadi nggak masalah jika tidak ada koneksi internet. Tetap gas pol aja!

5. Red Karaoke Sing & Record

red karaoke sing

Red Karaoke menjadi salah satu aplikasi karaoke terbaik masa kini yang bisa kamu nikmati baik secara online maupun offline. Bahkan kita juga bisa menambahkan efek suara dengan mengatur balance musik dan volume suara sesuai keinginan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur duet khusus, untuk kita berkaraoke bareng bersama orang lain atau teman-temanmu sepuasnya. Kualitas rekaman yang baik juga menjadi keunggulan dari aplikasi ini.

Salah satu fitur keren yang ada dalam aplikasi ini yakni dilengkapi dengan dukungan Chromecast. Dimana kalian bisa menikmati karaoke pada Smart TV dengan mencolokkan Chromecast pada slot HDMI.

Tentunya, karaoke jadi lebih nikmat dengan layar yang besar. dan suara yang lebih kencang ya. Jadi, di antara aplikasi karaoke terbaik di atas, mana yang sudah pernah kalian coba?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.