Diperbaharui pada Kamis, 4 Maret 2021 | 17:08

7 Aplikasi DJ Terbaik untuk Bikin Remix lagu TikTok

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Pixabay

Popularitas TikTok dalam beberapa tahun belakangan ini semakin meningkat. Pada aplikasi TikTok, penggunaan bisa mengunggah video pendek dengan konten yang menarik dan bahkan tidak jarang menjadi viral.

Untuk mencapai status viral ini, banyak pengguna TikTok berusaha membuat konten original yang unik, salah satunya dengan membuat musik remix sendiri. Pernah kan, kamu mendengar lagu yang familiar, namun melodinya berbeda?

Betul, musik remix telah menjadi salah satu identitas TikTok dan sangat digandrungi oleh penggunanya. Membuat musik remix pun kini sudah mudah, hanya perlu aplikasi DJ yang bisa digunakan pada perangkat smartphone.

Aplikasi DJ Remix Terbaik

Pada umumnya, penggunaan aplikasi DJ, remixer dan music editing lebih populer pada PC. Tapi berkat perkembangan teknologi mobile, aplikasi seperti ini sudah bisa diakses dengan mudah melalui smartphone dan tablet.

Jumlah aplikasi DJ juga lumayan banyak, sehingga membuat bingung untuk memilih mana yang terbaik. Untuk membantu kamu memilih, berikut rekomendasi aplikasi DJ dari Pricebook.

1. DJ Studio 5

Foto: Google Play Store

Rekomendasi yang pertama adalah DJ Studio 5. Aplikasi satu ini menyediakan layanan gratis dan premium. Walaupun ada beberapa fitur yang dikunci pada versi gratis DJ Studio 5, aplikasi ini tetap pas digunakan.

Kelebihan utama yang tersedia pada aplikasi DJ ini adalah user interface yang mudah digunakan. Tampilan menu dan pengaturan terlihat jelas dan cukup disentuh saja untuk menunjukan detail menu.

Detail menu disini juga berukuran cukup besar tampilannya, jadi kekhawatiran salah tekan atau pengaturan yang sulit karena tombol terlalu kecil tidak akan menjadi masalah.

Bagi kamu yang masih pemula, aplikasi ini juga bisa memberikan pengarahan dari menu untuk membantu navigasi. Jadi walaupun kamu tidak tahu soal istilah scratch, pitch dan loop, setelah coba pakai aplikasi ini, kamu bisa langsung mengerti.

2. edjing Mix

Foto: Google Play Store

Untuk rekomendasi yang kedua, edjing Mix adalah pilihan yang tepat bila kamu perlu aplikasi mix lagu dengan fitur advance. Dalam aplikasi ini, kamu bisa menikmati disk table dengan user interface yang mudah digunakan.

Tampilan yang modern pada UI, membuat penggunaanya simple dan mudah dimengerti. Fitur core yang ditawarkan juga cukup mumpuni, sehingga kamu tetap bisa menghasilkan remix berkualitas tanpa menggunakan versi premium-nya.

Selain kebutuhan fitur core yang cukup lengkap dan mudah dipakai, kualitas aplikasi ini juga bisa dilihat dari kemampuan sharing dan library.

Dengan menggunakan aplikasi DJ ini, kamu bebas memasukan file musik dan menyebarkan hasil karyamu, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kebanyakan aplikasi DJ tidak akan sepraktis ini dalam export dan import file music.

3. Music Maker JAM

Foto: Google Play Store

Music Maker JAM adalah aplikasi DJ yang populer sejak tahun 2013 hingga saat ini. Aplikasi DJ remix ini populer karena mudah digunakan dengan control slider dan menu mixing yang advance.

Bagi para DJ profesional, aplikasi ini menawarkan fitur, fungsi, dan penggunaan yang sudah meliputi hampir semua kebutuhan mixer yang ditawarkan di PC.

Sayangnya aplikasi ini menerapkan sistem langganan berbayar, sehingga beberapa fitur andalannya dikunci dan hanya akan dapat diakses oleh level premium.

4. Cross DJ Free

Foto: Google Play Store

Cross DJ Free tersedia untuk kamu yang tidak terlalu butuh advance option dalam remix lagu. Bagi para pemula yang ingin belajar jadi DJ TikTok, aplikasi ini adalah pilihan yang tepat.

Dengan tampilan minimalis, sederhana dan modern pada UI-nya tentu membuat Cross DJ Free makin mudah digunakan. Walaupun menawarkan pengalaman mixing yang mudah, aplikasi ini tergolong sangat jarang mendapatkan update.

5. Party Mixer

Foto: Google Play Store

Fitur utama yang menarik dari Party Mixer adalah instant play. Walaupun kamu bukanlah DJ sungguhan, kamu bisa gunakan aplikasi ini merasakan menjadi DJ dan membuat remix lagu sederhana secara cepat.

Aplikasi ini menggunakan kemampuan sorting, import, create dan edit playlist, dengan menggunakan koleksi lagu yang ada di memori smartphone, agar bisa digunakan dalam mixing.

Untuk penggunaan sendiri, tampilannya sudah slick dengan pilihan setting advance bagi kamu yang punya kebutuhan lebih.

6. DJ Mix Pads 2

Foto: Google Play Store

Jika kamu ingin aplikasi DJ yang memiliki fitur berimbang bagi pemula dan advance, Aplikasi DJ Mix Pads 2 ini adalah pilihan yang cocok untuk kamu.

Pada aplikasi ini, kamu bisa memadukan beberapa lagu koleksi dan menghasilkan remix original dengan lebih mudah. Menggunakan model pad, kalau kamu tidak terbiasa dengan scratch, tentu akan senang karena aplikasi ini mudah digunakan.

Fitur komunitas pada DJ Mix Pads 2 juga merupakan sorotan tersendiri. Dalam komunitas ini, kamu bisa melihat dan memakai sampel dari mix yang dipublish oleh pengguna DJ Mix Pads 2 lainnya. Selain itu, kamu juga bisa share karyamu.

7. DiscDj 3D Music Player

Foto: Google Play Store

DiscDj 3D Music Player menawarkan simulasi menggunakan alat DJ secara fisik, yang ditampilkan dalam model 3D dari meja DJ. Kamu akan merasakan penggunaanya seperti memakai alat yang sesungguhnya.

Tentu saja, ini artinya semua fitur dan kemampuan meja DJ bisa kamu gunakan dalam aplikasi ini. Namun, tampilan yang unik ini tentu tidak tanpa kelemahan.

Karena berupa simulasi dengan object 3D, tombol-tombolnya terkadang terlalu kecil dan sulit untuk dikontrol. Jika layar smartphone kamu kecil, aplikasi ini mungkin akan sulit digunakan.

Bikin Remix TikTok Sekarang!

Semoga rekomendasi aplikasi DJ pilihan kami bisa menjadi salah satu favoritmu untuk membuat musik dan lagu remix sendiri ya. Pastinya bangga, dong upload video TikTok dengan lagu hasil karya sendiri.

Like us!

Komentar