Diperbaharui pada Selasa, 29 September 2020 | 10:24

Genshin Impact Rilis Global, Multiple Platform dan Gratis!

cara main genshin impactFoto: miHoYo

Genshin Impact akhirnya resmi rilis secara global dan dapat dimainkan pada platform Android, iOS, PC, dan konsol game PS4. Game dengan genre Role-Playing Game (RPG) besutan miHoYo ini bisa dimainkan secara gratis mulai tanggal 28 September 2020.

Mirip Zelda: Breath of the Wild?

Sejak pertama diumumkan pada 2019 lalu, game Genshin Impact cukup banyak menuai kontroversi karena kemiripannya dengan game The Legend of Zelda: Breath of the Wild untuk platform Nintendo, yang rilis pada tahun 2017 lalu. Kesamaan ini bisa terlihat dari desain arena permainan open world.  

Namun ketika Pricebook mencobanya sendiri, terdapat banyak sekali perbedaan yang kami rasakan. Perbedaan yang paling kami sadari adalah gameplay Genshin Impact yang sangat berbeda dengan Breath of the Wild. Selain itu, jalan cerita yang disajikan juga tidak sama.

Cara Bermain Genshin Impact

cara main genshin impactFoto: miHoYo

Seperti game ber-genre RPG pada umumnya, Genshin Impact juga menitikberatkan gameplay permainan pada peran pemain utama dan kesehariannya. Untuk bermain, pemain akan mendapatkan peran sebagai seorang Traveler yang memiliki misi utama untuk mencari kerabat yang hilang dalam dunia bernama Teyvat.

Teyvat adalah dunia antah berantah yang penuh dengan elemen magis. Dunia ini memiliki dua kota utama yang menjadi tujuan dari karakter utama dalam game yaitu kota Mondstadt yang berupa sebuah pulau, dan kota Liyue yang terletak di pegunungan. Kedepannya, pengembang akan menambahkan kota-kota baru.

Untuk bermain, pemain harus mengontrol pemain utama dalam melakukan petualangannya. Pemain harus menjalani berbagai misi untuk bisa melanjutkan permainan ke level selanjutnya, juga meningkatkan kemampuan bertarung dan bertahan.

Dalam Genshin Impact, pemain dapat mengontrol hingga 24 karakter secara bergantian untuk menyelesaikan misi atau pertempuran berbeda. Masing-masing dari karakter ini memiliki kemampuan yang berbeda, tergantung kebutuhan misi.

Karakter-karakter ini bisa mengendalikan Seven Elements yang terdiri dari Pyro, Anemo, Electro, Cyro, Geo, Dendro, dan Hydro. Ketujuh elemen ini bisa dimanfaatkan untuk mengalahkan musuh yang kuat. Gameplay pada pertarungan menerapkan sistem turn-based combat.

Kelebihan Genshin Impact

kelebihan genshin impactFoto: miHoYo

Genshin Impact menawarkan 5 kelebihan utama untuk para pemain. 

1. Petualangan Fantasi yang Seru

Pemain akan mendapatkan pengalaman bermain sebagai single-player sebagai seorang petualang dari dunia lain. Pada pengembangan ceritanya, pemain akan bertemu dengan kerabat jauh yang akan membantu untuk memecah kan misteri di Teyvat.

2. Open World

Kelebihan dari open world adalah, pemain bebas untuk mengeksplor dunia game Genshin Impact tanpa Batasan. Ini berarti, pemain bisa melakukan berbagai aktivitas yang tidak terbatas oleh misi, seperti berenang, mendaki gunung, dan berjalan di luar area misi utama.

3. Bisa Bertempur Bersama Teman

Walau pemain bermain sendirian, namun ketika berhadapan dengan monster atau musuh yang kuat dan membuat kewalahan, pemain dapat mengundang teman untuk ikut bermain dan membantu dalam pertempuran. Jumlah maksimum pemain adalah 4 orang.

4. Menguasai Seven Elements

Selain berpetualang dan bertempur dengan musuh, pemain game Genshin Impact juga bisa memanipulasi 7 elemen untuk dipakai dalam pertempuran, dan ketika akan memecahkan sebuah teka-teki.

5. Bisa Membangun Tim

Pemain bisa dengan bebas menentukan sendiri siapa saja pemain lainnya yang akan dijadikan tim. Untuk saat ini, seorang pemain dapat membuat tim dengan anggota sebanyak 20 karakter, yang masing-masing memiliki kemampuan dan gaya bertarung yang berbeda.

Spesifikasi Minimum untuk Bermain

Tampilan grafis Genshin Impact cukup tinggi, sehingga membutuhkan perangkat yang mumpuni untuk bisa menjalankan game ini. Bagi pemain yang menggunakan mesin konsol PS4, tidak ada masalah yang berarti dan dapat langsung memainkannya, namun untuk pengguna PC dan smartphone, berikut ini spesifikasi minimumnya.

PC / Laptop

  • Sistem Operasi: Windows 7 SP1 64-bit, Windows 8.1 64-bit, Windows 10 64-bit
  • Prosesor: Intel Core i5, atau yang lebih tinggi
  • Memori: RAM 8 GB, atau lebih tinggi
  • Kartu Grafis: NVIDIA GeForce GT 1030, atau yang lebih tinggi
  • DirectX version: 11
  • Memori Interal: Minimum 30 GB

Android

  • Sistem Operasi: Android 8.1, atau yang lebih tinggi
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 845, Kirin 810, atau yang lebih tinggi
  • Memori: RAM 3 GB, atau lebih tinggi
  • Memori Internal: Minimum 8 GB

iOS

  • Sistem Operasi: Apple iOS 9.0, atau yang lebih tinggi
  • Chipset: A13 2nd Gen, atau yang lebih tinggi
  • Memori Internal: Minimum 8 GB

Khusus untuk pengguna iOS, tidak semua model dapat menjalankan game Genshin Impact. Berikut ini model-model yang direkomendasikan pada situs Genshin Impact: Phone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS Max, iPhone XS, iPad Pro 3, iPad Pro 11 Inch, iPad Air 3, iPad Mini 5, iPhone 11, iPhone 11 pro, iPhone 11 pro max, dan iPhone SE.

Cara Download Genshin Impact

Untuk dapat bermain game Genshin Impact, kamu bisa mengunduhnya dengan menyesuaikan platform atau perangkat yang digunakan. Pengguna konsol game PS4 bisa langsung mengunduhnya melalui PS Store, sementara pengguna Android bisa langsung ke Google Play, dan kalau kamu menggunakan perangkat Apple, bisa langsung ke App Store.

Pengguna PC atau laptop bisa mengunduh game ini dengan mengakses situs resmi Genshin Impact, dan mengunduh game ini langsung dari server mereka.

Cara Install Genshin Impact di PC / Laptop

Setelah mengakses situs resmi Genshin Impact dan mengunduh file gamenya, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah sbb:

  1. Klik untuk membuka file Genshin Impact PC.
  2. Centang "I have read and agree to the Software License Agreement"
  3. Pilih "Install Now"
  4. Pastikan PC memiliki memori yang cukup untuk menjalankan PC Launcher.
  5. Setelah selesai, pilih "Run Now".
  6. Klik "Get Game".
  7. Sekali lagi, pastikan PC memiliki memori yang cukup.
  8. Unduh game
  9. Setelah selesai, klik icon game untuk mulai bermain.

Selamat bermain!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.