Cara Belajar Selama di Rumah dengan IndiHome Study

Oleh Restu Aji Siswanto updated Rabu, 20 Mei 2020 | 12:03

IndiHome Study
Disaat pemerintah gencar-gencarnya mengeluarkan himbauan untuk bekerja dari rumah atau work from home, tentu saja hal ini secara tidak langsung juga mempengaruhi jalannya pendidikan di semua lembaga pendidikan.

Banyak sekolah yang kemudian diliburkan untuk meminimalisir dampak negatif dari penyebaran covid-19. Menyikapi hal tersebut perusahaan telekomunikasi terbesar, PT Telkom Indonesia meluncurkan produk bernama IndiHome Study.

Produk yang diluncurkan oleh PT Telkom tersebut merupakan usaha untuk memberikan kesempatan bagi semua peserta didik di seluruh indonesia agar bisa belajar dari rumah. IndiHome Study bisa diakses melalui aplikasi smartphone atau dari laptop.

Dengan memanfaatkan IndiHome learning from home, banyak penawaran menarik yang dikemas dalam bentuk materi belajar dan program televisi yang sangat edukatif. Ini dapat membantu para orangtua untuk mendidik putra dan putrinya selama masa pandemi ini belum berakhir.

Penawaran paket IndiHome learning from home menjadi kabar gembira bagi orangtu, dan ini seiring dengan aturan terkait physical dan social distancing, maka tanpa harus pergi ke sekolah ataupun bimbingan belajar, sanak masih bisa belajar secara mandiri melalui program yang ditawarkan IndiHome Study.

Apa Itu IndiHome Study?

IndiHome Study
Untuk anda yang belum pernah berlangganan kabel TV pada perusahaan telekomunikasi PT Telkom, mungkin akan bingung dengan istilah "IndiHome". IndiHome Study merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh PT Telkom indonesia kepada semua masyarakat, khususnya pada peserta didik untuk bisa belajar dari rumah.

Melalui paket IndiHome Study, siswa bisa mengakses berbagai sumber belajar berupa buku dengan kurikulum 2006 hingga 2013. Selain itu, para siswa yang belajar dari rumah juga bisa mengakses berbagai buku umum dan juga materi try out dari berbagai mata pelajaran, serta tidak ketinggalan adanya daftar video pendidikan yang sangat bermanfaat.

Dengan adanya layanan tersebut kini tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar selama wabah covid-19 belum berakhir.

Daftar Paket IndiHome Study

Daftar Paket IndiHome Study
Untuk bisa mengakses berbagai materi belajar yang ditawarkan oleh IndiHome learning from home tersebut, Anda bisa memilih beberapa penawaran yang disesuaikan dengan paket pembelajaran yang dipilih.

Semua paket pembelajaran didasarkan pada rentang waktu belajar yang akan dipilih. Semakin lama waktu untuk berlangganan, maka semakin murah biaya yang harus dibayarkan. IndiHome Study menawarkan 4 paket utama.

Paket Harga
1 Bulan Rp 30.000
3 Bulan Rp 70.000
6 Bulan Rp 130.000
1 Tahun Rp 240.000

Jika dilihat dari daftar harga paket IndiHome Study yang ditawarkan untuk bisa mengakses berbagai kontennya, bisa dibilang cukup terjangkau. Berbagai materi ilmu pengetahuan yang sangat banyak juga menjadi nilai plus tersendiri.

Cara Mendaftar Paket IndiHome Study

aplikasi indihome study
Bagi Anda yang tertarik untuk memanfaatkan program IndiHome Study, Anda bisa melakukan pendaftaran untuk bisa mengakses semua materi pembelajaran dan juga berbagai video edukatif menarik lainnya melalui aplikasi IndiHome Study. Untuk melakukan registrasi pastikan Anda telah berlangganan IndoHome dan mengikuti cara berikut.

  1. Download dan kemudian install aplikasi IndiHome Study yang ada di Google Play ataupun App Store.
  2. Selanjutnya pilih menu login with myindihome.
  3. Ketik email sekaligus password akun myindihome Anda.
  4. Pilih setuju agar bisa melanjutkan registrasi pada halaman berikutnya.
  5. Registrasi selesai.

Kalau Anda bukan pelanggan IndiHome, Anda juga bisa mengakses berbagai penawaran menarik Indiome Study melalui voucher wifi.id. Untuk langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Download lalu install aplikasi dari IndiHome Study dari App Store atau Google Play.
  2. Pilih register untuk melakukan pendaftaran.
  3. Pastikan untuk mengisi form pada pendaftaran IndiHome Study.
  4. Masukkan email sekaligus password yang nantinya akan digunakan untuk mengakses paket IndiHome.
  5. Pilih menu account untuk membeli voucher kemudian pilih isi voucher.
  6. Masukkan username sekaligus password yang diperoleh melalui pembelian voucher fisik, potong pulsa 98108, atau voucher komunitas.
  7. Registrasi selesai.

Bila telah berhasil melakukan registrasi, Anda bisa memanfaatkan semua layanan yang ditawarkan oleh paket IndiHome Study. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengunjungi digital library untuk mengakses semua buku digital secara gratis. Anda juga bisa mengakses video pembahasan sekaligus soal try out untuk semua jenjang pendidikan.

Kelebihan dan Kekurangan IndiHome Study

Dengan banyaknya penawaran menarik yang diberikan oleh IndiHome Study, tentunya ada berbagai kelebihan sekaligus kekurangan yang akan didapatkan dengan mengakses paket yang ditawarkan. Lebih lanjut, berikut beberapa kelebihan yang didapatkan.

Kelebihan

1. Mudah untuk diakses dimana pun dan kapan pun

Salah satu kelebihan yang didapatkan dengan berlangganan IndiHome Study adalah bahwa semua materi pembelajaran yang ditawarkan melalui website ataupun aplikasi bisa diakses kapan pun dan dimana pun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini tidak lain dikarenakan oleh kemudahan akses yang diberikan.

2. Konten edukatif

Keuntungan lain yang juga bisa didapatkan adalah konten edukatif yang ditawarkan oleh paket IndiHome Study. Pasalnya, semua konten tersebut berisi materi pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai materi diskusi kecil bersama keluarga juga. Dengan kata lain, orangtua tetap bisa mendampingi belajar putra putrinya.

3. Semua materi bisa diakses melalui smartphone

Belajar menjadi semakin mudah tanpa harus membuka buku karena semua telah terdigitalisasi dalam bentuk aplikasi IndiHome Study yang bisa didownload melalui Google Play ataupun App Store.

Kekurangan

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan paket IndiHome Study. Namun dibalik keuntungan yang ditawarkan, ada beberapa kekurangan juga yang bagi sebagian orangtua, menjadi bahan pertimbangan yang penting.

1. Peran guru tidak bisa tergantikan

Sekalipun IndiHome Study menawarkan berbagai materi pembelajaran yang sangat menarik, tidak semua siswa mampu memahami materi tersebut. Bahkan, orangtua yang menjadi fasilitator juga memiliki keterbatasan atas pemahaman suatu materi. Dengan kata lain, di sini peran guru sangat penting demi mendapatkan penjelasan yang maksimal.

2. Pembentukan karakter dalam pembelajaran kurang maksimal

Guru yang merupakan sosok pendidik memiliki tugas tidak hanya untuk menyampaikan materi pembelajaran namun juga membentuk karakter siswa. Karakter tersebut mencangkup sikap saling menghargai, kerjasama, percaya diri dan berbagai karakter positif lainnya.

Hal ini tentu saja tidak bisa dicapai secara maksimal ketika suatu pembelajaran dilakukan secara mandiri dengan orangtua saja.

3. Siswa rentan untuk mengakses situs lain

Pembelajaran melalui IndiHome Study juga memberikan kelemahan atas keinginan siswa yang jenuh dengan materi pembelajaran sekaligus pemahaman yang kurang. Sebagai pelarian, kerap kali mereka akan mengakses situs lain yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran. Di sini orangtua harus ekstra perhatian dalam mengawasi waktu belajar anak.

Kesimpulan

Keberadaan IndiHome learning from home melalui aplikasi IndiHome Study menjadi salah satu media belajar yang sangat menarik untuk dimanfaatkan oleh orangtua dalam meningkatkan pengetahuan selama masa covid-19 belum berakhir.

Kehadiran IndiHome Study menjadi salah satu alternatif belajar yang layak untuk dipertimbangkan. Dengan berlangganan sesuai paket yang ditawarkan, Anda bisa mengakses berbagai buku digital sekaligus juga video pembahasan yang menarik. Nah, sekarang waktunya membimbing anak dalam belajar.

Artikel Terkait

Komentar