Diperbaharui pada Kamis, 10 September 2020 | 11:41

PSBB Jilid 2, Cara Pantau Covid 19 di Aplikasi InaRisk

pantau covid 19Foto: Google Play

Gubernur DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB jilid 2 pada 14 September 2020 untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid 19 di Jakarta.

Seperti diketahui, jajaran pemerintah dan organisasi dunia sedang mencoba untuk mengatasi masalah virus Corona. Salah satu solusinya adalah menerapkan social distancing atau PSBB di berbagai wilayah. Saat ini, BNPB juga berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan aplikasi InaRisk buatannya. 

Aplikasi ini bisa membantu untuk mengatasi berbagai kekhawatiran masyarakat untuk menjamin keamanan dari Covid 19. Ada beberapa keunggulan juga fitur yang dimiliki oleh aplikasi InaRisk. Kita bisa mengunduh aplikasi ini melalui smartphone atau tablet, dan turut berperan dan membantu dalam menanggulangi penyebaran virus Corona. 

Tentang Aplikasi InaRisk

aplikasi inarisk bnpbFoto: Website resmi BNPB

InaRisk merupakan salah satu aplikasi yang dibuat langsung oleh BNPB. Yang dikhususkan untuk memberikan peringatan kepada masyarakat mengenai suatu bahaya atau bencana. Pembuatannya juga melibatkan banyak kementerian lain yang bergerak di berbagai bidang. 

Beberapa kementerian tersebut termasuk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kemudian BMKG. Semuanya bekerja untuk menciptakan aplikasi terbaik ini dan bisa diunduh oleh pengguna iOS dan Android melalui App Store atau Google Play

Aplikasi ini bukanlah sesuatu yang baru dari BNPB karena telah dirilis semenjak 2018 lalu. Meskipun demikian, sosialisasinya memang belum menyeluruh dan menyentuh banyak kalangan, yang diklaim dapat membantu untuk menangani berbagai bencana dan mencegahnya. 

Diharapkan, aplikasi ini dapat membuat warga menjadi lebih cepat dan sigap untuk bertindak, contohnya pada situasi Covid 19 ini, dimana semua orang ingin menjaga diri dan keluarganya. Semuanya bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal yang ada di aplikasi. 

Cara Mendeteksi Penyebaran Covid 19 di InaRisk

cara mendeteksi penyebaran covid 19Foto: Google Play

1. Tidak Perlu Melakukan Login

Ketika Anda akan menggunakan aplikasi ini, maka tidak akan membutuhkan login. Kelebihan ini menjadikan InaRisk sangat bermanfaat bagi berbagai lapisan masyarakat. Proses login tidak dibutuhkan karena pengguna tidak perlu memasukan identitasnya. 

Hal ini dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat bisa dengan mudah menggunakannya tanpa kendala. Kita bisa mendapatkan berbagai update Corona yang terbaru sesuai dengan letak wilayahnya. Hal ini cukup membantu untuk meningkatkan kewaspadaan dan untuk selalu menjaga keamanan diri. 

2. Akan Muncul Gambar Peta yang Dapat Digeser

Setelah proses pengunduhan selesai, hal selanjutnya adalah pengarahan pengguna. Ketika Anda masuk ke laman beranda, maka akan ada bagian peta Indonesia yang muncul di layar. Pilihan ini berada di kanan atas aplikasi. Peta ini bisa diperbesar dan diperkecil sesuai dengan selera. 

Penggunaannya sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara mengoperasikan peta pada berbagai aplikasi mapping seperti Google Maps. Anda hanya perlu mencari lokasi tempat Anda tinggal dan peta dapat diperbesar juga diperkecil. 

3. Gunakan Kolom Search untuk Menemukan Lokasi

Ketika Anda mencari bagian di kanan atas, maka akan terdapat kolom search. Fungsi utama dari kolom ini adalah untuk mencari lokasi dimana Anda tinggal. Bagian ini bisa menemukan langsung peta yang mengarahkan ke lokasi. Tidak perlu khawatir karena prosesnya sangat mudah untuk dilakukan. 

Ada berbagai pilihan yang bisa Anda masukan pada kolom pencarian. Contohnya dengan memasukan nama daerah dan kecamatan yang Anda tempati. Secara langsung peta akan bergeser dan alamat terdekat juga kondisi di sekeliling Anda bisa dilihat. 

Di dalam pencarian tersebut akan muncul beberapa hasil, seperti informasi mengenai bencana, atau hal yang terjadi di lokasi terdekat, termasuk beberapa peringatan terkini. 

4. Mencari Solusi Keamanan

Seseorang mungkin saja memiliki kekhawatiran yang lebih Ketika mendapati beberapa bencana, contohnya dengan situasi update Corona saat ini. Sangat mudah untuk dilakukan karena dengan adanya aplikasi ini pencegahan bisa dilakukan dengan mudah, seperti mencari lokasi yang aman untuk Anda. 

Solusi keamanan ini termasuk beberapa Langkah untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. Anda bisa dengan mudah menggunakan rekomendasi keamanan di dalamnya untuk melindungi keluarga dari bencana Covid 19. Hal ini juga bisa membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebarannya. 

5. Menunjukan Fasilitas Penting

Beberapa orang mungkin memiliki kekhawatiran yang lebih mengenai penyebaran virus Corona ini. Tentunya akan membutuhkan banyak fasilitas penting yang perlu didatangi, khususnya untuk beberapa pasien Corona yang saat ini perlu penanganan lebih lanjut. 

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah menemukan tempat untuk membantu proses penyembuhan. BNPB membuat penggunaan aplikasi InaRisk ini lebih mudah dan efisien. 

Kelebihan Aplikasi InaRisk

1. Data Lebih Akurat

Keunggulan yang pertama Ketika Anda menggunakan aplikasi InaRisk ini adalah data yang lebih akurat. Anda akan lebih mudah menemukan banyak informasi mengenai berbagai bencana yang sedang terjadi. Mulai dari bencana alam hingga berbagai penyebaran wabah yang mengkhawatirkan. 

Cara ini bisa menjadi solusi terbaik Ketika Anda masih bertanya-tanya mengenai data yang sesungguhnya dari apa yang sedang terjadi. Data yang lebih akurat akan diberikan karena tim yang mengisi dan mengurus aplikasi ini merupakan ahli yang ditunjuk oleh Kementerian tersebut. 

2. Memiliki Keamanan yang Lebih Tinggi

Hal yang paling ditakuti oleh beberapa orang Ketika menggunakan aplikasi adalah mencari keamanan yang lebih tinggi. Keamanan ini akan difokuskan pada data pribadi yang digunakan pada aplikasi tersebut. Ketika keamanannya rendah dan data bocor maka akan menyebabkan banyak kekhawatiran.

Keunggulan aplikasi ini adalah keamanan yang diberikan lebih terjamin dibandingkan dengan aplikasi lain. Anda bisa menggunakannya dengan mudah, efektif, dan aman dengan keamanan tingkat tinggi. 

3. Tidak Memerlukan Proses yang Panjang

Setiap orang ingin menggunakan aplikasi apapun dengan simpel. Salah satu kelebihan aplikasi InaRisk BNPB ini bisa memberikan proses yang lebih singkat. Ketika Anda mengunduh, maka akan diantarkan langsung ke beranda yang dibutuhkan untuk menemukan informasi. 

4. Mencegah Manipulasi Data

Kesalahan yang sering terjadi dan banyak kecolongan dari pihak manapun adalah manipulasi data. Hal ini memang tidak bisa dianggap sepele terutama jika data yang diberikan mengenai suatu hal yang penting, khususnya mengenai penyebaran virus Corona. 

Ketika Anda menggunakan aplikasi ini, maka semua data yang diberikan cukup akurat. Pemerintah memasang sistem pengamanan yang tinggi untuk menjamin data yang pasti.

Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Istilah ini sangat relevan untuk diri kita dan keluarga ditengah penyebaran wabah Covid 19 di Indonesia. Semoga kita semua selalu mendapatkan perlindungan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.