Diperbaharui pada Selasa, 28 Juli 2020 | 18:06

Aplikasi dan Tools Buat Bikin Game Sendiri

cara membuat video gameImage via Pixabay

Di era digital ini banyak sekali penggila game yang bermunculan dan rela menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer. Namun pernah kepikiran untuk membuat game sendiri?

Kalau tertarik, kamu juga bisa mencoba menjadi game developer. Tapi tentu saja yang demikian ini tidaklah mudah, karena banyak yang harus dipelajari, berikut ini cara jadi game developer dan tools yang bisa membantumu.

Tools untuk Membuat Video Game

Ketika belajar mengenai cara membuat video game, pastinya ada berbagai hal yang memang harus diketahui. Mulai dari bahasa pemrograman hingga berbagai tools dan aplikasi membuat game sendiri yang nantinya membantu untuk menciptakan sebuah game terbaik dan berkualitas.

Soal itu, ada beberapa tools yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membuat sebuah game.

Jadi, untuk bisa membuat sebuah video game yang baik dan pastinya memberikan pengalaman bermain yang seru, dan bisa dimainkan di berbagai platform seperti komputer PC atau konsol game seperti PlayStation atau Xbox, kamu harus memakai berbagai tools untuk membuat video game.

Ini 11 rekomendasi aplikasi dan tools video game untuk memulainya, seperti yang dilansir dari The Verge.

Cryengine

Cryengine

Cryengine merupakan salah satu tools untuk membuat video game yang dikembangkan oleh Crytek. Cara membuat video game dengan tools ini cukup mudah, dan nantinya kamu bisa membuat 3D games yang pastinya gratis. Game seperti Flappy Birds dibuat dengan tools ini.

Namun demikian, jika proyek pembuatan video game kamu telah mendapatkan penghasilan hingga mencapai $5,000 dalam setahun, kamu diwajibkan untuk memberikan 5% penghasilan tersebut kepada Cryengine sebagai royalti. Tools ini memberikan tutorial singkat yang mudah untuk dipahami.

Gamemaker

gamemaker

Bagi kamu yang ingin jadi game developer dan mengembangkan game 2D, kamu bisa memanfaatkan tool yang dikenal sebagai Gamemaker. Ini adalah ebuah tool yang diluncurkan oleh Yo Yo Games dan bisa dijalankan dengan menggunakan Windows ataupun juga macOS.

Jenis tools ini nantinya akan menggunakan bahasa script yang dikenal dengan nama Gamemaker Language untuk membuat game. Tools ini bisa didapatkan secara gratis dan baru akan dikenakan biaya setelah 1 tahun pemakaian sebesar $39 per tahun.

Gdevelop

gdevelop

Tools game 2 dimensi ini sangat cocok untuk digunakan pada Windows, Linux, dan macOS. Cara membuat video game dengan Gdevelop cukup mudah dan prosesnya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan drag dan juga drop interface.

Melalui tools ini juga, ada banyak sekali tutorial sekaligus panduan yang bisa didapatkan untuk membuat sebuah video game. Tidak hanya itu saja, tools ini juga memberikan 80 file contoh yang akan memandumu dalam menjadi seorang game developer handal.

Godot

Godot

Godot adalah sebuah tools yang bisa digunakan untuk membuat game 2D dan 3D. Cara membuat video game dengan tools ini terbilang sangat mudah untuk dipelajari.

Kamu tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Bahkan, jika kamu kebingungan ketika dalam proses membuat sebuah video game dengan tool ini, tersedia berbagai tutorial yang pastinya sangat berguna buat kamu.

Lumberyard

Lumberyard

Tools pembuat video game selanjutnya adalah Lumberyard yang notabene merupakan tools game 3D yang diluncurkan oleh Amazon. Sebelumnya, tools ini telah digunakan untuk menciptakan berbagai game termasuk The Grand Tour Game dan juga Star Citizen.

Selain itu, perlu diketahui bahwa tools game ini sangat cocok untuk digunakan pada Windows. Lumberyard bisa digunakan dengan gratis. Seperti tolls lainnya, Lumberyard juga menawarkan training gratis dari mulai cara memakai hingga memaksimalkan fungsinya.

Ren'Py

ren'py

Kalau kamu tertarik untuk membuat game seperti One Night, Doki Doku Literature Club hingga Butterfly Soup, kamu harus mencoba tools game Ren'Py yang bisa digunakan tanpa adanya pungutan biaya alias gratis.

Dengan memanfaatkan tools ini, nantinya kamu juga akan mendapatkan tutorial yang akan mempermudah dalam pembuatan game.

RPG Maker

rpg maker

Diluncurkan oleh Degica, RPG Maker adalah sebuah tool untuk membuat game klasik jenis JRPG. Jenis tool ini ternyata juga telah dimanfaatkan untuk membuat game seperti Corps Party dan Rakuen.

Dengan mengusung bahasa pemrograman Javascript, tools game ini bisa dioperasikan pada macOS dan juga Windows. Sekalipun tools ini dibuat berbayar, namun ada versi gratisnya juga.

Twine

Twine

Untuk membuat game sendiri, kamu juga bisa menggunakan tools video game yang dikenal dengan nama Twine. Tool video game yang satu ini menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang diantaranya adalah HTML, CSS hingga Javascript.

Jenis tools game gratis ini juga memberikan panduan dalam membuat sebuah game yang menggunakan bahasa pemrograman yang sama.

Unity

Unity

Unity adalah tools video game yang dikembangkan oleh Unity Technologies, dan cukup populer di kalangan game developer. Ketika kamu ingin tahu cara membuat video game, tools yang satu ini sangat cocok untuk digunakan.

Hal ini tidak lain karena tools video game ini memiliki andil dalam menghasilkan banyak sekali games termasuk diantaranya adalah Hollow Knight, Untitled Goose Game dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, unity ini menawarkan versi gratis yang dikhususkan untuk siapaun yang hobi dan tertarik untuk membuat game.

Unreal Engine

unreal engine

Selain beberapa tools video games yang telah disebutkan di atas, ada juga tools video game bernama Unreal Engine, yang telah digunakan untuk membuat game terbaik dunia seperti Final Fantasy, Fortnite, Octopath Traveler dan lain sebagainya.

Unreal Engine dapat menghasilkan 3D games yang pastinya bisa didapatkan dengan gratis. Namun, jika kamu sudah mendapatkan pendapatan lebih dari $3,000 dari game yang kamu ciptakan, maka kamu akan dikenakan biaya 5% per seperempat game.

VN Maker

vn maker

Dibuat oleh Degica, VN Maker ini didesain khusus untuk kamu yang ingin membuat sebuah novel visual tanpa tahu bagaimana cara memprogramnya. Dengan mengusung bahasa pemrograman seperti CoffeeScript serta JavaScript, tools untuk membuat video game ini dibandrol dengan harga $69,99.

Sekalipun demikian, ada juga versi gratis yang menawarkan cara pembuatan game secara dasar. VN Maker bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi Linux, Windows dan juga macOS.

Kesimpulan

Untuk kamu yang tertarik ingin membuat sebuah video games, tools yang telah kami jabarkan di atas bisa dijadikan sebagai solusi dalam membuat video game terbaik dan berkualitas versi kamu sendiri.

Selanjutnya, biarkan imajinasi dan kreativitasmu yang berbicara. Ingat, semuanya berawal dari ide yang ada di kepalamu, tools hanyalah media pendukung.

Dengan mempelajari salah satu dari sekian banyak tools video game, kamu sudah selangkah lebih maju untuk menjadi game developer yang handal.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.