Diperbaharui pada Selasa, 15 September 2020 | 17:25

10 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Pelajar di 2020

Situs dan Aplikasi Belajar OnlineFoto: Pexels

Sejak Pandemi Covid-19 melanda, hampir semua aktivitas masyarakat dilakukan dirumah, termasuk kegiatan belajar anak. Banyak sekolah yang mengalihkan metode melalui pembelajaran secara online.

Tapi metode belajar online tentunya berbeda dengan tatap muka. Karena materi yang diajarkan tidak sedetail ketika bertemu langsung di dalam kelas.

Nah, salah satu cara untuk mengatasinya kita bisa menggunakan bantuan aplikasi belajar. Pilihan aplikasi belajar online yang tersedia pun cukup banyak. Cukup pilih salah satu diantaranya dan ikuti metode pembelajaran yang disediakan.

Untuk itu, kali ini Pricebook akan coba pilihkan beberapa aplikasi belajar online terbaik yang bisa digunakan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diberikan.

Berikut daftarnya.

Aplikasi Belajar Online

1. Ruang Guru

Ruang GuruSiapa yang tidak kenal Ruang guru. Salah satu satu aplikasi belajar yang satu ini memang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Aplikasi ini juga turut andil dalam menanggapi penyebaran Covid 19 ini dengan menyelenggarakan kelas online. 

Ruang Guru menyediakan ribuan video pembejaran yang bisa ditonton kapan saja dan dimana saja. Banyak hal yang bisa dilakukan di aplikasi ini. Aplikasi ini menjadi pilihan utama karena memiliki fitur yang cukup lengkap.

Berikut beberapa fitur yang ada di aplikasi belajar Ruang Guru :

  • Pelatihan untuk guru secara online gratis 
  • Artikel yang membantu meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan 
  • Latihan soal secara live sesuai dengan jenjang pendidikan dan materi yang diajarkan 
  • Video dan animasi yang mudah dimengerti dan masih banyak lagi yang lainnya

2. Rumah Belajar

Rumah BelajarRumah Belajar merupakan sebuah portal pembelajaran yang menyediakan berbagai macam fasilitas komunikasi. Hadir di era industri 4.0 ini yang bisa dimanfaatkan siswa mulai dari PAUD hingga SMA/ SMK sederajat.

Baik guru ataupun siswa. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa belajar dimanapun melalui laptop atau smartphone yang terhubung ke internet. 

Beberapa fitur Rumah Belajar : 

  • Sumber Belajar, berupa video, gambar dll
  • Kelas Digital, bahan ajar yang diberikan oleh guru
  • Bank Soal, untuk mengevaluasi KBM
  • Laboratorium Maya, simulasi praktikum yang disajikan lebih menarik dan interaktif. Penyajiannya dikemas dalam   

3. Ruang Belajar SD/MI Lengkap

Ruang Belajar SD/MI LengkapKalau Ruang belajar SD/MI sangat cocok bagi Anda para orang tua dan guru SD/MI karena di aplikasi ini menyediakan materi dan soal yang bisa digunakan untuk mengukur pemahaman. Diantaranya adalah : 

  • Materi rumus matematika dasar 
  • Soal IPS dan jawabannya 
  • Soal IPA dan jawabannya 
  • Soal PJOK 
  • Materi tambahan lengkap try out dan UNBK 
  • Soal PKN dan masih banyak lagi yang lainnya

4. Icando

IcandoDikeluarkan oleh PT ICD Karya Indonesia yang mana memberikan fitur berupa buku cerita, soal dan ratusan mini games. Mempunyai karakter yang khas dan diberi nama “Pak Ken”.

Bertugas untuk menuntun anak-anak melalui video yang disediakan. Kurikulum yang ada di ICANDO adalah : 

  • Pendidikan karakter, dengan memberikan penjelasan kepribadian positif. 
  • IIPA dengan berbasis pemecahan masalah agar siswa bisa berpikir kritis. 
  • Matematika dengan pendekatan metode Singapura. 
  • Membaca dan literasi yaitu alfabet, dikte atau membaca buku cerita. 

5. Indonesia X

Indonesia XDi era digital ini sebenarnya orang tua lebih dimudahkan dengan kehadiran aplikasi belajar secara online. Karena materinya tidak terbatas dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun sesuai dengan passion sang anak.

Salah satunya adalah Indonesia X ini, mempunyai fitur : 

  • Sharing kursus dengan kerabat 
  • Forum diskusi 
  • Tes dan ujian akhir 
  • Download video kursus 
  • Info dari materi khusus dll

6. Sekolahmu

SekolahmuSekolahmu merupakan salah satu solusi belajar online Kemendikbud. Ada kurikulum atau rencana belajar yang bisa langsung diunduh di websitenya. Memastikan semua anak di Indonesia bisa sukses dan meraih prestasi yang bermanfaat bagi masa depannya.

Memberikan mutu pelayanan pendidikan kepada siswa secara merata dan akses pembelajaran digital yang fleksibel. Beberapa fitur di aplikasi belajar Sekolahmu yaitu :

  • Tanyamu, jadi siswa bisa mengerjakan soal dengan bimbingan guru yang berkompetensi. Jika ada yang tidak paham maka bisa ditanyakan langsung
  • Ujianmu. Siswa akan mendapatkan latihan tes masuk PTN, ujian cambridge, TOEFL dan lain sebagainya
  • Kelasmu, melibatkan ratusan sekolah atau kampus dengan  prinsip merdeka belajar. Menggunakan aplikasi yang interaktif, fleksibel dan mudah dipahami. Bisa diikuti semua jenjang loh
  • Karirmu, yang mana para mahasiswa atau siswa yang sudah lulus akan dibimbing oleh pakar ratusan perusahaan dan universitas ternama 

7. Kelas Pintar

Kelas PintarKelas Pintar mengusung jargon 3 pendekatan unik yaitu, Learn, Practice dan Test. Learn artinya adalah kelas pintar memberikan fasilitas penjelasan pelajaran berupa audio visual secara menyeluruh.

Baik itu multimedia interaktif, video, animasi ataupun ebook. Practice yaitu konsep yang dikuatkan dengan kegiatan interaktif. Seperti tanya jawab, laboratorium virtual dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir adalah test. Evaluasi komplit atas pembelajaran yang sudah dilakukan.

8. Zenius

ZeniusUntuk mendapatkan akses di Zenius, Anda harus install terlebih dahulu di smartphone. Setelah itu siswa bisa langsung belajar materi dan soal. Entah itu untuk UN, US, UTBK, SIMAK UI dan lainnya.

Zenius juga menyediakan try out gratis setiap minggunya agar siswa lebih paham tentang apa yang dipelajari. Siswa bisa langsung memilih materi yang diinginkan. Disajikan dalam bentuk uraian, video, manajemen waktu, belajar efektif dan motivasi. 

9. Genius

GeniusGenius yaitu aplikasi bimbingan belajar online yang menyediakan soal kusi, rangkuman materi secara lengkap, latihan berjenjang dengan video yang mendukung pembelajaran. Bisa dibilang sangat membantu anak dalam memahami suatu materi.

Anda bisa langsung menginstallnya di play store ataupun app store. Tak jarang juga menyelenggarakan try out yang bisa langsung diketahui hasilnya. Jadi tunggu apalagi?

10. Quipper School

Quipper SchoolIngin belajar online gratis? Ya hanya di Quipper School. Guru bisa membuat dan mendistribusikan materi dan bahan ajar secara mudah, menilai tugas dan memonitor perkembangan siswa secara langsung.

Anda bisa langsung membuka website atau menginstallnya di play store maupun app store. Apa sih pentingnya bergabung dengan quipper?

- Gratis

Kapan lagi menikmati kemudahan proses belajar mengajar tanpa dikenai biaya. Anda bisa langsung bergabung dan tidak akan pernah dipungut biaya untuk segala kegiatan yang diselenggarakan. 

- Mudah Digunakan 

Tampilan yang disediakan sangat mudah digunakan untuk guru ataupun siswa. Sehingga tugas, dan pekerjaan rumah menjadi lebih efektif, kelemahan dan kekuatan siswa bisa terdeteksi dengan mudah.

Itulah pilihan aplikasi belajar yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengetahuan anak. Pilih salah satu yang dirasa mudah dan berguna.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.