Diperbaharui pada Rabu, 13 Desember 2023 | 16:22

11 Aplikasi Komik Manga Gratis, Ada Novel Juga

baca komik gratis

Apakah kamu suka sekali membaca cerita bergambar semacam komik? Jika dahulu ingin membaca komik harus membeli bukunya, maka di zaman yang serba canggih ini, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi baca komik di smartphone kamu.

Aplikasi Baca Komik Terbaik

Setelah mencoba beberapa aplikasi baca komik yang ada di Google Play Store, kami memilih beberapa aplikasi baca komik gratis yang menurut kami terbaik. Berikut ini daftarnya.

1. Webtoon

komik line webtoon

Siapa sih yang asing dengan kata Webtoon? Aplikasi ini sering sekali diiklankan di televisi dan memang LINE Webtoon sangat populer. Jenis komik yang ditawarkan di aplikasi ini sangatlah beragam mulai dari horor, fantasi, romantis, action dan masih banyak lagi.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah “Notifikasi Push” agar kamu bisa mendapatkan notif ketika episode webtoon telah rilis, “Share” agar kamu bisa berbagi komik favorit kamu di media sosial dan “Berbagi Bahasa”.

Aplikasi ini gratis dan kamu bisa mengunduh serial webtoon yang ingin kamu baca tanpa perlu online. Sementara kekurangannya adalah ada beberapa operator yang dikenakan biaya untuk bisa mengakses aplikasi Webtoon.

2. Crunchyroll Manga

crunchyroll manga

Crunchyroll adalah aplikasi streaming Anime dan konten Asia yang sangat populer di Jepang dan bisa diakses oleh pembaca di Indonesia. Aplikasi ini diatur untuk bisa muncul sebagai distribusi digital pemimpin Manga.

Aplikasi manga Crunchyroll menyediakan fitur pembaca dengan akses tak terbatas ke berbagai manga paling populer dari Jepang dan bisa melihat seluruh katalog seri manga.

Aplikasi ini gratis dan memiliki kelebihan adanya dukungan mobile penuh (iOS dan Android) dengan skala maksimum per panel. 

Kekurangannya adalah fitur translatenya hanya bisa Jepang ke Bahasa Inggris.

3. Comica

komik comica

Comica adalah aplikasi untuk pembaca komik digital untuk perangkat Android yang memiliki interface grafis yang indah. Fitur dari aplikasi ini adalah menyediakan mode dual-pane penuh dan kamu dapat mengambil snapshot dari gambar yang telah diperbesar serta menyimpannya secara terpisah.

Adapula fitur bookmark per komik yang bisa menkamui halaman berapa kamu terakhir membaca. Kelebihan Comica adalah dapat menscan komik dan bisa dipindah ke kartu SD. 

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak gratis alias berbayar. kamu harus membeli aplikasi ini seharga Rp 38.701.

4. WeComics

komik wecomics

WeComics adalah aplikasi komik yang memiliki berbagai genre menarik dan diluncurkan hampir setiap hari. Aplikasi ini memiliki fitur yang menyimpan riwayat bacaan kamu sehingga untuk kamu yang lupa bab mana yang terakhir dibaca, maka WeComics secara otomatis merekam riwayat membaca kamu.

Aplikasi ini gratis untuk diunduh. Kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa membaca offline karena komik dapat diunduh dan dibaca secara offline.

Sayangnya, kekurangan aplikasi ini adalah kamu harus memiliki banyak koin untuk bisa membuka bab yang dikunci. Untuk mendapat koin, kamu harus bermain terlebih dahulu.

5. Ragasukma Comic

ragasukma comic

Ragasukuma Comic adalah aplikasi komik karya anak bangsa Indonesia yang sepertinya wajib untuk kamu unduh. Jenis komik yang tersedia di aplikasi ini hanyalah action dan mistis saja.

Aplikasi ini gratis untuk kamu unduh di smartphone kesayangan kamu. Kelebihan dari aplikasi ini adalah menawarkan cerita yang sangat imajinatif dan berbeda dari aplikasi komik lainnya.

kamu yang menyukai komik dengan cerita anti mainstream bisa mengunduh aplikasi satu ini. Sementara kekurangan dari aplikasi ini adalah sulit dibuka dan tiba-tiba mengalami crash.

6. MangaToon

komik mangatoon

MangaToon merupakan aplikasi yang tidak hanya cocok untuk diunduh oleh kamu pecinta komik, karena aplikasi ini menawarkan genre bacaan novel dan menonton anime. Jenis genre yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah romantis, petualangan,komedi dll.

Nah, fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kamu bisa membaca dengan hanya mendownload komik favorit kamu.

Gratis diunduh di smartphone, kamu akan mendapatkan pengalaman membaca komik tanpa terputus dan tidak perlu kesulitan melakukan scroll. Sayangnya, banyak sekali komik-komik yang dikunci dan tidak bisa dibaca.

7. WebComics

webcomics

Aplikasi WebComics merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan karya komik di berbagai negara dan gratis diunduh. Banyak sekali jenis genre yang ditawarkan di aplikasi ini dan bisa kamu nikmati secara gratis.

Fitur aplikasi ini ada “Favorit” untuk menkamui komik favorit kamu, “Riwayat” untuk menyimpan halaman terakhir kamu baca dan kamu “Unduhan” untuk menyimpan komik yang ingin kamu baca offline.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya ruang interaksi untuk saling sapa antara pembaca satu dengan lainnya. Sayangnya aplikasi ini belum hadir dengan bahasa Indonesia.

8. ComicRack Free

comicrack free

ComicRack adalah teman yang tepat untuk pecinta komik yang tidak hanya bisa diunduh di smartphone tapi juga Windows. Fitur aplikasi ini mudah dioptimalkan untuk ponsel dan tablet, pembaca bisa menggunakan single dan double page untuk melihat serta ada modus zoom lanjutan.

Aplikasi yang gratis diunduh ini memiliki ketika digunakan bersama untuk Windows memungkinkan maka aplikasi ini melakukan sinkronisasi otomatis dengan perangkat android melalui USB.

Kekurangannya adalah bagi yang tidak terlalu paham teknologi, maka akan kebingungan untuk mengekstrak file unduhan karena komik yang diunduh semua bentuk formatnya adalah zip.

9. Marvel Unlimited

komik marvel unlimited

Marvel Unlimited adalah layanan komik milik Marvel. kamu akan mendapatkan akses instan ke lebih dari 27.000 komik digital, semuanya dengan harga murah jika mau berlangganan. 

kamu bisa membaca komik dan cerita tentang tokoh Marvel seperti Spider-Man, Iron Man, Captain America dll. Fitur aplikasi ini adalah bisa mengunduh hingga 12 komik untuk dibaca di mana saja dan ada rekomendasi buku komik yang dipersonalisasi.

Kelebihan dari aplikasi berbayar ini adalah menampilkan sekitar 27.000 komik Marvel dan ketika kamu berlangganan tidak ada komitmen karena kamu dapat membatalkan kapan saja.

10. Dark Horse Comics

dark horse comics

Aplikasi Dark Horse merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan kamu untuk bisa mengakses kisah menarik dari Hellboy, Avatar: The Last Airbender dll. Fitur dari aplikasi ini memudahkan kamu mencari komik yang ingin kamu baca.

Kelebihan dari aplikasi berbayar ini adalah bisa juga dibaca di laptop, desktop atau tablet yang disinkronkan. Sementara kekurangan dari aplikasi ini adalah mudah crash.

11. Tapas

komik tapas

Ingin menjelajahi berbagai bermacam komik dengan genre romantis, fantasi dan action? Aplikasi Tapas alternatifnya. Tapas memiliki fitur “Explore” untuk memudahkan pembaca menjelajahi komik yang ingin dibaca.

Aplikasi ini benar-benar gratis diunduh. Kelebihan dari Tapas adalah komik yang ingin dibaca bisa diunduh sehingga mendukung untuk kamu yang ingin membaca offline. Sayangnya semua komik di Tapas tersedia hanya dalam Bahasa Inggris saja.

Dengan hadirnya aplikasi untuk membaca komik ini, maka kamu tidak lagi kesulitan mencari toko buku untuk menemukan komik yang ingin dibaca.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1649 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.