Diperbaharui pada Selasa, 24 November 2020 | 09:09

10 Aplikasi Video Conference Terbaik untuk Persiapan Meeting Akhir Tahun

Oleh Restu Aji Siswanto

aplikasi meeting terbaikFoto: Pexels

Saat ini, pemerintah menghimbau masyarakat untuk work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hal ini berkaitan dengan adanya wabah virus Corona yang menjadi penyebab Covid 19. Oleh karena itu, banyak sekolah dan kantor yang libur dan mengerjakan pekerjaan mereka dari rumah.

Anak sekolahan tetap belajar online dan diberi tugas untuk dikumpulkan secara online seperti email atau media belajar lainnya. Sedangkan para pekerja kantoran yang libur juga tetap melakukan pekerjaan mereka dari rumah serta diharapkan bisa efektif dan efisien.

Berbicara mengenai media online untuk bekerja di rumah, ada banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan seperti grup chat dan lainnya. Untuk fungsi yang lebih optimal, Anda juga bisa menggunakan aplikasi video conference yang sudah banyak tersedia dari beragam developer.

Aplikasi Terbaik untuk Video Conference

Berkaitan dengan isu virus Corona, bekerja di rumah adalah salah satu aktivitas yang sangat disarankan oleh pemerintah. Untuk itu, Anda membutuhkan aplikasi atau media dalam membantu mempermudah aktivitas tersebut. Berikut ini daftar aplikasi meeting terbaik yang memudahkan Anda bekerja dari rumah.

1. Zoom

aplikasi zoom
Isu virus Corona yang membuat Anda bekerja dari rumah bisa dipermudah dengan aplikasi Zoom. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan melalui smartphone atau desktop PC dan dapat dinikmati secara gratis. Keunggulannya adalah fitur video dan audio yang berkualitas bagus.

2. Google Hangouts


Sebagai aplikasi chatting Google Hangouts memiliki peran cukup penting dalam membantu pekerja untuk work from home dengan smartphone atau laptop. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis ini dengan mudah karena sudah langsung terhubung dengan email Gmail dan berbagai aplikasi Google lainnya.

Pekerjaan pun akan semakin mudah dan cepat dilakukan dengan sistem lingkaran aplikasi yang saling terhubung. 

3. Google Meet


Selain Hangouts, ada pula Google Meet yang juga berfungsi untuk membantu Anda melaksanakan sistem bekerja dari rumah. Aplikasi ini merupakan versi premium atau berbayar dari Google Hangouts.

Keunggulannya bisa meeting hingga 250 orang anggota dan live streaming pada 100 ribu orang sekaligus. Namun, kini aplikasi ini bisa digunakan gratis untuk menunjang konsep kerja dari rumah akibat virus Corona. 

4. Skype

skype
Work from home bisa memanfaatkan aplikasi skype untuk bisa bertatap muka dengan rekan kerja atau atasan berkaitan dengan diskusi kerja. Meeting dengan klien bisnis juga dirasa cukup efektif menggunakan skype, yang penting ada koneksi internet stabil agar tidak loading/lelet.

Aplikasi gratis satu ini bisa digunakan dengan smartphone atau PC dan caranya cukup mudah, seperti aplikasi chat pada umumnya.

5. Slack

slack
Aplikasi ini memang diperuntukkan untuk memudahkan aktivitas bekerja dari rumah. Slack merupakan aplikasi collaboration club dengan keunggulan utama memiliki diskusi atau sub grup pembahasan tertentu dan bisa saling berbagi file.

Aplikasi slack ini juga tersedia di berbagai macam platform seperti Android, iOS, Windows, MacOS hingga Linux. Anda bisa download aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store.

6. GoToMeeting

gotomeeting
Pertemuan atau meeting adalah hal yang wajar dilakukan, namun jika bekerja dari rumah harus dilakukan dengan bantuan aplikasi seperti GoToMeeting. Aplikasi ini juga bisa digunakan dengan perangkat PC atau smartphone dan bisa di download secara gratis tanpa bayar.

Aplikasi ini sama halnya dengan aplikasi chatting lainnya yang membantu Anda berhubungan dengan rekan kerja melalui chat atau video call.

7. GlobalMeet

globalmeet
Aplikasi GlobalMeet berbasis web yang satu ini juga sangat efektif untuk membantu Anda menjalankan kerja dari rumah dengan mudah. Menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda tetap terhubung dengan rekan kerja dan melakukan meeting secara online. 

8. WebEx

webex
Aplikasi penunjang konsep WFH yang satu ini memang diperuntukkan untuk skala bisnis besar. Pengguna aplikasi ini bisa menggunakan smartphone atau PC untuk memulai rapat atau bergabung dengan rekan bisnisnya. 

9. Join.me

join.me
Aplikasi yang satu ini bisa digunakan dengan perangkat PC maupun mobile smartphone dan bisa di download secara gratis. Fitur nya juga cukup lengkap yaitu conference access, chatting, setting pause/play, participants dan meeting tools. Keunggulannya, Anda bisa berbagi layar video call dengan materi presentasi.

10. Yugma

yugma
Yugma merupakan software yang hanya bisa digunakan melalui perangkat Windows, Mac dan Linux. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan pribadi maupun web conference untuk bisnis. 

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Rumah

wfhFoto: Pexels

Sebelum mengurus pekerjaan dari rumah, sebaiknya Anda pahami dulu kelebihan dan kekurangannya agar bisa bekerja lebih optimal. Berikut ini beberapa kelebihan melakukan pekerjaan dari rumah, antara lain:

Efektif dan efisien

Konsep WFH juga sangat efektif dan efisien karena Anda hanya perlu melakukan pekerjaan dan segera menyelesaikannya. Sedangkan jika pekerja kantoran harus menghabiskan waktunya di jalan terlebih dahulu, terganggu dengan rekan kerja dan lain sebagainya. Dengan tidak membuang banyak waktu dan tenaga berlebihan, Anda bisa lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. 

Waktu lebih fleksibel

Konsep bekerja dari rumah bisa sangat disukai oleh seseorang karena dari segi waktu bisa lebih fleksibel dan tidak terikat jadwal. Bekerja dari rumah artinya bebas memulai dan mengakhiri pekerjaan serta bisa istirahat kapan pun tanpa menunggu waktu istirahat jam kantor. Dengan begitu, Anda bisa lebih fleksibel mengatur jadwal kegiatan atau aktivitas lainnya disela-sela pekerjaan Anda. 

Menjadi independen

Meski lebih fleksibel, konsep work from home memaksa Anda untuk mengatur waktu dengan baik agar bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Itulah mengapa bekerja dari rumah bisa melatih Anda memiliki manajemen waktu yang baik dan lebih disiplin serta bersikap independen/mandiri. 

Menjadi pakar komunikasi dan teknologi

Dengan bekerja dari rumah, Anda akan lebih banyak berinteraksi atau menggunakan aplikasi komunikasi dan teknologi. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih jago bahkan setara dengan pakar komunikasi dan teknologi. Memiliki skill atau kemampuan di bidang ini akan membuat daya jual Anda semakin tinggi. 

Dekat dengan keluarga

Berbeda dengan pekerja kantoran, konsep kerja WFH tidak akan membuat Anda jauh dari keluarga, malah akan lebih dekat. Hal ini karena semua pekerjaan dikerjakan dari rumah sehingga Anda masih bisa berinteraksi dengan anggota keluarga dan menyelesaikan pekerjaan rumah. Anda pun bisa memiliki hubungan keluarga yang lebih harmonis karena sering bertemu dan berinteraksi. 

Sedangkan kekurangan dari sistem bekerja dari rumah antara lain seperti berikut ini:

  • Konsep WFH bisa membuat suasana rumah menjadi seperti kantor dan jam kerja menjadi kacau jika tidak diatur dengan baik
  • Beberapa orang bisa merasa terasing karena bekerja dari rumah, terutama tipe extrovert yang lebih suka bergaul dengan orang banyak
  • Anda bisa menjadi kurang kompetitif karena tidak ada rekan kerja yang membuat Anda bersemangat untuk bersaing menjadi yang terbaik 
  • Meski semua bisa dikerjakan secara online, ada beberapa hal yang membuat Anda tidak bisa mengakses dokumen atau hardcopy 
  • Konsep work from home membuat Anda sulit berkomunikasi dengan rekan kerja/atasan, namun saat ini sudah bisa memanfaatkan banyak aplikasi online

Nah, itulah berbagai macam informasi yang perlu diketahui kaitannya dengan konsep bekerja di rumah dan aplikasi penunjangnya. Hal utama yang perlu diperhatikan saat bekerja dari rumah adalah mengatur manajemen waktu yang baik. Semoga bermanfaat. 

Like us!

Komentar