Diperbaharui pada Senin, 10 Mei 2021 | 10:11

8 Situs untuk Pantau Penyebaran Covid 19 di Indonesia

Oleh Restu Aji Siswanto

situs pantau coronaFoto: Pexels

Penyebaran virus Corona penyebab Covid 19 di Indonesia belum menunjukkan angka penurunan yang signifikan, terlebih lagi menjelang Lebaran tahun ini, angkanya dikhawatirkan akan kembali naik.

Seperti yang kita ketahui, sepertinya tidak semua warga Indonesia akan mematuhi larangan mudik dari pemerintah, dan tetap melakukan perjalanan mudik Lebaran di tengah pandemi Covid 19.

Jika terpapar dan penanganannya terlambat, hal ini bisa berakibat fatal hingga berujung pada kematian pengidapnya. Oleh sebab itu, kita masih harus terus mencari informasi seputar Covid 19 Indonesia untuk bisa mengetahui gejala dan langkah pencegahannya.

Dengan begitu, penyebaran virus Corona pun bisa ditekan dan lebih sedikit kemungkinan masyarakat terjangkit virus tersebut.

Gejala dan Ciri-ciri Virus Covid 19

gejala covid 19Foto: Pexels

Sebenarnya, flu biasa yang sering terjadi pada Anda juga disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Namun, gejala yang bisa ditimbulkan oleh virus flu biasa tidak akan separah gejala Covid 19 karena karakteristiknya berbeda.

Selain itu, kedua virus ini juga berasal dari golongan virus yang berbeda, itulah sebabnya memiliki tingkat bahaya yang berbeda pula. 

Coronavirus diduga berasal dari hewan lalu menyebar ke manusia, biasanya melalui makanan yang dikonsumsi. Kemudian, bisa ditularkan kepada manusia lain melalui benda-benda yang dipegang oleh pasien dan calon pasien (disebut carrier).

Sedangkan gejala dan pencegahan virus flu biasa berbeda dengan cara mencegah Corona virus. 

Virus flu biasa merupakan virus yang penyebarannya terjadi antara manusia satu ke manusia lainnya dan bisa diobati obat flu biasa.

Nah, selain rajin mengukur suhu tubuh dengan termometer, kita juga perlu mengetahui lebih detail tentang virus Corona, berikut ini perbedaan gejala Covid 19 dengan virus flu biasa, antara lain:

Gejala Virus Flu Biasa

Berbeda dengan Coronavirus, pasien yang terjangkit flu biasa umumnya dari kalangan anak-anak hingga remaja dan sering terjadi di musim hujan.

Keluhan yang dirasakan pasien umumnya mengalami masalah pernapasan di area hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas).

Gejala flu biasa berbeda dengan Covid 19, biasanya hanya terjadi selama 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain. Gejala yang muncul antara lain sbb:

  • Sering mengalami bersin-bersin
  • Hidung tersumbat dan berair
  • Terasa sakit di area tenggorokan
  • Merasa sakit kepala ringan
  • Mengalami batuk
  • Meski jarang terjadi, baisanya juga diikuti dengan demam

Gejala Covid 19 Akibat Virus Corona

Meski sama-sama menyerang saluran pernapasan, namun keluhan yang dirasakan pasien virus Corona lebih condong ke area pernapasan bawah. Sebelum mencari tahu cara mencegah virus Corona, ada baiknya terlebih dahulu Anda cari tahu tentang gejalanya. 

Virus Corona ini bisa menyerang siapa saja tanpa kecuali, termasuk Ibu hamil, bayi, anak-anak, remaja, hingga lansia. Untuk gejala umum pasien Coronavirus biasanya mengalami beberapa kondisi seperti berikut ini, antara lain:

  • Mengalami demam dengan suhu tinggi
  • Gejala Covid 19 juga mengalami batuk kering
  • Napas terasa sesak 
  • Gejala lainnya yang jarang terjadi seperti nyeri otot, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, diare, mual dan muntah

Sebaiknya segera baca informasi tentang langkah-langkah mencegah virus Corona bila mengalami gejala-gejala seperti di atas. Selain gejala ringan seperti di atas, pasien yang terkena virus ini juga bisa mengalami kondisi yang parah.

Jika kondisi pasien Covid 19 sudah sangat parah, maka bisa mengalami komplikasi yang serius seperti berikut ini:

  • Mengalami pneumonia atau infeksi paru berat
  • Sindrom gangguan pernapasan akut
  • Pasien Covid 19 bisa mengalami edema paru
  • Terjadi kegagalan fungsi organ tubuh pada pasien yang terkena virus Corona seperti gagal ginjal dan lain sebagainya

Cara Mencegah Virus Corona

cara mencegah coronaFoto: Pexels

Jika sudah tahu tentang gejala-gejala yang bisa ditimbulkan oleh pasien yang terpapar virus Corona, Anda bisa mulai melakukan langkah pencegahan.

Sedangkan untuk meringankan gejalanya atau mengurangi risiko komplikasi, pasien Covid 19 Indonesia disarankan mengkonsumsi obat flu biasa.

Namun, tentu saja tidak bisa digunakan sebagai obat, hanya sebagai langkah awal untuk menghindari kondisi lebih parah. 

Karena penyebaran vaksin belum sepenuhnya terjangkau oleh masyarakat, maka cara mencegah penyebaran virus Corona dapat dilakukan dengan cara lain sbb:

  • Social distancing dengan menghindari keramaian atau berinteraksi dengan orang banyak di tempat umum
  • Sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, setidaknya selama 20 detik
  • Untuk mencegah virus Corona, sebaiknya hindari kontak dengan mereka yang sedang batuk, pilek atau demam
  • Hindari menyentuh bagian hidung, mata dan mulut dengan tangan yang kotor
  • Cara mencegah virus Corona bisa menggunakan masker tiap keluar rumah atau melakukan aktivitas di luar ruangan
  • Menjaga kesehatan dengan banyak minum air putih dan makan makanan bergizi
  • Selain itu, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19 update disarankan untuk istirahat yang cukup dan jangan sampai kelelahan 

Gejala yang ditimbulkan memang berbeda-beda mulai dari yang ringan hingga berat dan mengancam nyawa. Mengingat gejala yang ditimbulkan oleh Coronavirus tidak terlalu terlihat dan hampir sama dengan flu biasa, jadi Anda harus lebih jeli.

Jika ada yang mengalami gejala tersebut disertai demam tinggi selama satu minggu lebih, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lanjutan. 

Situs Untuk Pantau Penyebaran Covid 19 Indonesia 

Untuk bisa melakukan langkah pencegahan, Anda juga perlu selalu update tentang informasi terkini terkait virus Corona. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang virus Corona dan cara mencegah Corona virus, silahkan mengunjungi kedua situs-situs berikut ini:

Situs Infeksi Emerging

situs infeksi emerging
Situs pertama untuk mendapatkan informasi Covid 19 update yaitu situs infeksi emerging sebagai media infromasi resmi terkini penyakit infeksi emerging.

Situs ini dibuat oleh Kementerian Kesehatan untuk menghimpun dan menyediakan informasi selengkap-lengkapnya terkait virus Corona. Situs ini juga menyediakan fitur berlangganan untuk mendapatkan informasi tentang cara mencegah Corona virus.

Tak hanya itu, ada berbagai macam file yang bisa di download oleh pengunjung situs terkait informasi virus Corona. Situs ini juga menyediakan beragam informasi terkait virus atau penyakit epidemik lainnya, selain informasi Covid 19 update.

Tab yang tersedia di situs ini antara lain daftar penyakit, kewaspadaan, infeksi emerging, downloads dan info khusus Covid 19.

Untuk mengunjungi situs infeksi emerging, silakan klik disini.

Situs Covid 19 BNPB

situs covid 19 bnpb
Sebagai salah satu garda terdepan dalam memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat, Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) membuat situs khusus Covid 19 yang bisa diakses oleh seluruh warga negara Indonesia untuk mendapatkan info terkini seputar penyebaran virus Corona di Indonesia.

Situs Covid 19 milik BNPB ini memberikan berbagai macam konten penting seperti:

  • Langkah-langkah pencegahan Covid 19
  • Materi edukasi seputar virus Corona dan cara penularannya
  • Tanya jawab seputar Covid 19
  • Hoaks buster yang mematahkan berbagai informasi seputar Covid 19 yang tidak benar

Untuk mengunjungi situs Covid 19 BNPB, silakan klik disini.

Situs Jakarta Tanggap Covid 19

situs jakarta tanggap covid 19
Situs Jakarta Tanggap Covid 19 juga memberikan informasi tentang Covid 19 update terkini, terutama Jakarta dan sekitarnya. Beragam fitur informasi tersedia di situs ini antara lain tab Beranda, Data, Peta, Publikasi, FAQ dan Kontak.

Pelayanan yang diberikan situs ini bukan hanya menyediakan informasi penting terkait Covid 19 Indonesia, tetapi juga kontak yang bisa dihubungi.

Melalui situs ini, Anda akan mendapatkan banyak informasi berkaitan dengan virus Corona, antara lain:

  • Pengertian dan penjelasan tentang Covid 19 update berikut informasi terkini
  • Penularan Virus Corona
  • Hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan atau tindakan untuk mencegah Corona virus
  • Informasi penanganan kasus Virus Corona
  • Informasi kontak atau layanan telepon darurat yang bisa dihubungi

Banyak juga file dan info grafik yang bisa diunduh oleh pengunjung meliputi gejala Covid 19, cara pencegahan dan lain sebagainya. Hal itu perlu dilakukan agar lebih banyak yang waspada dengan Corona.

Untuk mengunjungi situs Jakarta Tanggap Covid 19, silakan klik disini.

Situs Kota Bekasi Tanggap Covid 19

situs kota bekasi tanggap covid 19
Seperti halnya situs tanggap Covid 19 milik Jakarta, Bekasi juga menyediakan situs khusus untuk memantau penyebaran virus Corona di wilayahnya.

Situs yang dikelola oleh Pemerintah Kota Bekasi ini memberikan informasi terkini yang selalu diperbarui seperti data Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), data pasien positif Covid 19, dan banyak lainnya.

Untuk mengunjungi situs Kota Bekasi Tanggap Covid 19, silakan klik disini.

Situs Informasi dan Koordinasi Covid 19 Kota Bogor

Situs Informasi dan Koordinasi Covid 19 Kota Bogor
Pemerintah kota Bogor juga tidak ketinggalan menyediakan layanan seputar Covid 19 melalui situs resmi mereka, Informasi dan Koordinasi Covid 19, yang menyediakan informasi penting terkait penyebaran virus Corona.

Melalui situs ini, warga kota Bogor bisa mengakses nomor hot line untuk bantuan yang sifatnya darurat, data sebaran virus Corona, dan banyak informasi penting lainnya.

Untuk mengunjungi situs Informasi dan Koordinasi Covid 19, silakan klik disini.

Situs Info Corona Banten

Situs Info Corona Banten
Bagi Anda yang berdomisili di wilayah provinsi Banten, bisa mengakses situs Info Corona Provinsi Banten yang menyediakan informasi seputar Covid 19, penyebaran virus Corona di wilayah Banten, dan informasi-informasi penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk mengunjungi situs Info Corona Banten, silakan klik disini.

Situs Informasi & Koordinasi Covid 19 Jawa Barat

Situs Informasi & Koordinasi Covid 19 Jawa Barat
Provinsi Jawa Barat adalah salah satu provinsi dengan angka pasien positif Covid 19 terbanyak, termasuk jumlah PDP dan ODP. Karena itu, hadirnya situs Informasi & Koordinasi Covid 19 yang mereka buat, memiliki peran penting sebagai sumber informasi terkini yang bisa diakses oleh masyarakat umum.

Situs ini memberikan informasi rumah sakit rujukan, serta peta penyebaran virus Corona yang selalu diperbarui. Untuk mengunjungi situs Informasi & Koordinasi Covid 19 Jawa Barat, silakan klik disini.

Situs Yogyakarta Tanggap Covid 19

Situs Yogyakarta Tanggap Covid 19
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta juga turut membuat situs Yogyakarta Tanggap Covid 19 untuk memberikan informasi terkini seputar penyebaran virus Corona di wilayahnya.

Situs yang dominan berwarna merah ini memberikan informasi yang akurat dan selalu diperbarui. Selain Yogyakarta, situs ini juga menyediakan informasi rumah sakit rujukan di Sleman, Kulon Progo, Bantul, dan Gunung Kidul.

Untuk mengunjungi situs Yogyakarta Tanggap Covid 19, silakan klik disini.

Update: Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19

aplikasi bersatu lawan covid-19

Direktorat Layanan APTIKA dari Kominfo meluncurkan aplikasi untuk memantau penyebaran virus Corona di Indonesia bernama Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan pemantauan harian wilayah yang yang sudah terjangkit Covid-19, cara mendeteksi gelaja Covid-19, konsultasi, dan berbagai informasi lainnya.

Khusus untuk petugas yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi penyebaran virus Corona di Indonesia, aplikasi ini memiliki fitur untuk melacak pasien, memantau jadwal logistik, pemeriksaan RDT, hingga daftar riwayat medis pasien. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play.

Nah, itulah informasi terkait virus Corona yang penting untuk Anda baca, terutama tentang bagaimana cara mencegah Corona virus. Semoga bisa bermanfaat. jangan lupa untuk selalu #DiRumahAja dan work from home (WFH) untuk memutus mata rantai virus Corona di Indonesia.

Like us!

Komentar