Diperbaharui pada Selasa, 30 November 2021 | 14:15

4 Cara Cek Resi Paket Dalam Negeri & Luar Negeri

cara lacak paketFoto: iStock

Saat belanja online, salah satu hal yang sering dilakukan adalah cek resi untuk mengetahui sudah sampai dimanakah paket atau barang pesanan tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk melacak paket tersebut? Sebenarnya hampir semua jasa pengiriman paket seperti JNE, J&T, Pos atau lainnya mempunyai aplikasi sendiri.

Dimana aplikasi ini menyediakan fitur untuk melacak paket yang sedang di kirim. Tapi agak ribet juga jika harus menginstal semua aplikasi untuk melacak paket tersebut.

Tidak perlu khawatir, karena ada layanan yang menawarkan cara melacak paket dari JNE, J&T, Pos atau berbagai ekspedisi lainnya hanya menggunakan satu tempat saja dan tanpa harus instal aplikasi.

Tidak hanya dalam negeri, layanan pelacakan paket ini juga menawarkan fitur untuk melacak paket dari luar negeri. Dijamin semua paket pengiriman dapat dilacak

Untuk itu, Pricebook akan memberikan informasi bagaimana cara melacak paket dari JNE, J&T, Pos atau lainnya dengan mudah tanpa harus instal aplikasi apapun.

Cara Cek Resi Dalam Negeri dan Luar Negeri

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek resi pengiriman, sudah sampai mana paket yang akan dikirim.

1. Parcel Monitor

Parcel Monitor

Untuk melacak paket pengiriman pertama kamu bisa menggunakan situs Parcel Monitor. Disini kamu bisa melacak paket dari Pos Indonesia, JNE, Lion Parcel serta TIKI. 

Caranya cukup masukkan nomor resi pada kolom tersebut untuk melacak paket yang dikirim dengan Pos Indonesia, JNE, Lion Parcel serta TIKI. 

Bagusnya lagi, Parcel Monitor tidak hanya membantu melacak paket kamu yang berasal dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Selain itu, situs ini juga sudah didukung dengan berbagai bahasa.

Diantara bahasa-bahasa tersebut adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Belkamu, Bahasa Melayu, Bahasa Spanyol dan masih banyak lagi. 

2. Cekresi

Cekresi

Sama seperti Parcel Monitor, cara melacak paket menggunakan Cekresi juga cukup memasukkan nomor resi pada kotak yang ada halaman home saat situs dibuka. Jika sudah lalu klik tombol Cek Resi dan tunggu hingga pelacakan selesai.

Untuk ekspedisi yang bisa dilacak dengan Cekresi diantaranya Lion Parcel, SAP Express, MGS Express, PCP Indonesia, Cahaya Logistik, Dakota cargo, NCS, First Logistics, Rosalia Express, Pos Indonesia, J&T, JNE dan lain-lain. 

Di samping tombol tersebut juga terdapat pilihan Clear History untuk kamu yang ingin membersihkan riwayat pelacakan.  Situs ini mempunyai beberapa fitur sekaligus, diantaranya ialah FAQ, Widget, Tanya Paket serta cek tarif.

Ada juga fitur Daftar Ekspedisi yang bisa kamu buka untuk memastikan apakah barang milik kamu menggunakan ekspedisi yang bisa dilacak melalui situs ini atau tidak. Sebagai bocoran, kamu bisa lacak paket ninja express menggunakan situs yang satu ini loh. 

3. Parcels

Parcels

Ingin lacak paket JNE, J&T atau Si Cepat? Bisa menggunakan situs Parcels. Cara melacak paketnya pun sama, langsung saja memasukkan nomor resi pada kotak yang langsung tersedia di halaman pertama situs.

Informasi paket yang ditampilan juga cukup lengkap, seperti nama pengirim, nama penerima, lokasi tujuan bersama dengan waktunya secara detail.

Untuk fitur, situs Parcel mempunyai beberapa fitur seperti kurir, blog dan juga kontak. Ada juga penjelasan singkat tentang situs Parcel itu sendiri, sejumlah toko online di Indonesia dan di negara lain serta penjelasan singkat tentang sejumlah jasa ekspedisi.

Kamu pun dapat menemukan sejumlah pertanyaan lengkap dengan jawabannya di bagian bawah halaman utama situs. Situs Parcels juga menyediakan layanan pelacakan beberapa ekspedisi sekaligus, termasuk kiriman dari luar negeri.

Kamu juga bisa mengganti-ganti bahasa yang digunakan, bisa Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Spanyol, Bahasa Italia atau bahasa-bahasa lain yang dikehendaki. 

Untuk jasa ekspedisi yang didukung oleh situs ini juga sangat banyak, diantaranya ialah Pos Indonesia, JNE, Ninja Express, TIKI, J&T, Shopee Express, SiCepat Express, Lion Parcel, Wahana, Pandu Logistics, Logostok Worldwide Express dan masih banyak lagi. 

4. Resi

Resi

Selain situ-situs di atas, kamu juga bisa menggunakan situs situs Resi untuk melacak paket dari berbagai ekspedisi. Beberapa ekspedisi yang bisa kamu menggunakan situs resi diantaranya ialah J&T, REX, RPX, TIKI, Wahana, Pos Indonesia, SiCepat, JNE dan masih banyak lagi. 

Intinya, situs ini akan membantu mempermudah kamu dalam melacak paket kapanpun serta di manapun. Mengenai fitur, situs ini menawarkan 6 fitur sekaligus yaitu:

  • Multitracking untuk melakukan pelacakan 20 resi sekaligus
  • Tracking Otomatis
  • Tracking Page yang akan mempermudah pelaku eCommerce dalam memberikan informasi resi pada customer
  • Restful API yang mempermudah para developer dalam membangun aplikasi dengan tracking nomor resi
  • Webhook yang berisi update status resi
  • Notifikasi SMS yang akan membuat kamu menerima SMS Resi secara langsung pada pihak penerima paket

Sementara itu, dua layanan utama yang ditawarkan oleh situs ini ialah Business Owner dan Developer. Business Owner ini adalah layanan yang akan membuat kamu tidak repot lagi dalam mengatur serta melacak nomor resi secara otomatis.

Sementara Developer adalah layanan yang akan membantu para pengembang mengembangkan aplikasi dengan fitur cek resi otomatis. 

Itulah beberapa cara untuk cek resi paket pengiriman dari semua ekspedisi, baik dalam maupun luar negeri. Menariknya, kamu hanya membuka situs pelacakan saja tanpa harus instal aplikasi.

Dengan menggunakan salah satu situs cek resi diatas, kamu bisa melacak paket JNE, J&T, SiCepat atau ekspedisi lainnya hanya dengan memasukkan nomor resi.

Semoga membantu!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.