Diperbaharui pada Rabu, 13 Januari 2021 | 13:05

Cara Melacak Paket dari Dalam dan Luar Negeri

Oleh Nur Abdillah

cara lacak paketFoto: iStock

Saat belanja online, salah satu hal yang sering dilakukan adalah cek resi untuk mengetahui sudah sampai dimanakah paket atau barang pesanan tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk melacak paket tersebut? Sebenarnya hampir semua jasa pengiriman paket mempunyai aplikasi sendiri. Dimana aplikasi ini menyediakan fitur untuk melacak paket yang sedang di kirim.

Tapi agak ribet juga jika harus menginstal semua aplikasi lacak paket tersebut. Tapi tidak perlu khawatir, karena ada layanan yang menawarkan cara melacak paket dari berbagai ekspedisi, lewat satu tempat saja.

Tidak hanya dalam negeri, beberapa layanan bahkan menawarkan fitur untuk melacak nomor resi untuk paket dari luar negeri. Jadi tidak perlu repot instal aplikasi semua ekspedisi.

Untuk itu, disini Pricebook akan nengulas cara melacak paket melalui situs pelacak paket yang bisa Anda gunakan.

1. Parcel Monitor

Parcel Monitor

Untuk melacak paket menggunakan situs Parcel Monitor, Anda akan melihat halaman utama yang berisi kotak khusus sebagai tempat untuk Anda memasukkan ID pelacakan.

Cukup masukkan nomor resi pada kolom tersebut untuk melacak paket yang dikirim dengan Pos Indonesia, JNE, Lion Parcel serta TIKI. 

Sementara untuk layanan, salah satunya ialah ‘Parcel Monitor untuk Bisnis’. Layanan ini akan membantu Anda dalam melacak paket-paket yang dikirimkan melalui berbagai jasa ekspedisi.

Tentunya, layanan ini bermanfaat terutama bagi Anda yang berperan sebagai penyedia layanan logistik dan membutuhkan pembaruan pelacakan reguler. 

Bagusnya lagi, Parcel Monitor tidak hanya membantu melacak paket Anda yang berasal dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Selain itu, situs ini juga sudah didukung dengan berbagai bahasa.

Diantara bahasa-bahasa tersebut adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Belanda, Bahasa Melayu, Bahasa Spanyol dan masih banyak lagi. 

2. Cekresi

Cekresi

Sama seperti Parcel Monitor, cara melacak paket menggunakan Cekresi juga cukup memasukkan nomor resi pada kotak yang ada halaman home saat situs dibuka. Jika sudah lalu klik tombol Cek Resi dan tunggu hingga pelacakan selesai.

Di samping tombol tersebut juga terdapat pilihan Clear History untuk Anda yang ingin membersihkan riwayat pelacakan.  Situs ini mempunyai beberapa fitur sekaligus, diantaranya ialah FAQ, Widget, Tanya Paket serta cek tarif.

Ada juga fitur Daftar Ekspedisi yang bisa Anda buka untuk memastikan apakah barang milik Anda menggunakan ekspedisi yang bisa dilacak melalui situs ini atau tidak. Sebagai bocoran, Anda bisa lacak paket ninja express menggunakan situs yang satu ini loh. 

Untuk ekspedisi lain yang juga bisa diacak dengan cekresi.com diantaranya ialah Lion Parcel, SAP Express, MGS Express, PCP Indonesia, Cahaya Logistik, Dakota cargo, NCS, First Logistics, Rosalia Express, Pos Indonesia, J&T, JNE dan lain-lain. 

Ada juga promo dari sejumlah toko online dan lowongan kerja dari beberapa ekspedisi di Indonesia. Secara khusus juga situs cekresi.com memberikan layanan bagi Anda yang ingin bertanya perihal paket. 

3. Parcels

Parcels

Ingin lacak paket Si Cepat? Bisa menggunakan situs Parcels. Cara melacak paketnya pun sama, langsung saja memasukkan nomor resi pada kotak yang langsung tersedia di halaman pertama situs.

Informasi paket yang ditampilan juga cukup lengkap, seperti nama pengirim, nama penerima, lokasi tujuan bersama dengan waktunya secara detail.

Untuk fitur, situs Parcel mempunyai beberapa fitur seperti kurir, blog dan juga kontak. Ada juga penjelasan singkat tentang situs Parcel itu sendiri, sejumlah toko online di Indonesia dan di negara lain serta penjelasan singkat tentang sejumlah jasa ekspedisi.

Anda pun dapat menemukan sejumlah pertanyaan lengkap dengan jawabannya di bagian bawah halaman utama situs. Situs Parcels juga menyediakan layanan pelacakan beberapa ekspedisi sekaligus, termasuk kiriman dari luar negeri.

Anda juga bisa mengganti-ganti bahasa yang digunakan, bisa Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Spanyol, Bahasa Italia atau bahasa-bahasa lain yang dikehendaki. 

Untuk jasa ekspedisi yang didukung oleh situs ini juga sangat banyak, diantaranya ialah Pos Indonesia, JNE, Ninja Express, TIKI, J&T, Shopee Express, SiCepat Express, Lion Parcel, Wahana, Pandu Logistics, Logostok Worldwide Express dan masih banyak lagi. 

4. Resi

Resi

Selain situ-situs di atas, Anda juga bisa menggunakan situs situs Resi untuk melacak paket dari berbagai ekspedisi. Beberapa ekspedisi yang bisa Anda menggunakan situs resi diantaranya ialah J&T, REX, RPX, TIKI, Wahana, Pos Indonesia, SiCepat, JNE dan masih banyak lagi. 

Intinya, situs ini akan membantu mempermudah Anda dalam melacak paket kapanpun serta di manapun. Mengenai fitur, situs ini menawarkan 6 fitur sekaligus yaitu:

  • Multitracking untuk melakukan pelacakan 20 resi sekaligus
  • Tracking Otomatis
  • Tracking Page yang akan mempermudah pelaku eCommerce dalam memberikan informasi resi pada customer
  • Restful API yang mempermudah para developer dalam membangun aplikasi dengan tracking nomor resi
  • Webhook yang berisi update status resi
  • Notifikasi SMS yang akan membuat Anda menerima SMS Resi secara langsung pada pihak penerima paket

Sementara itu, dua layanan utama yang ditawarkan oleh situs ini ialah Business Owner dan Developer. Business Owner ini adalah layanan yang akan membuat Anda tidak repot lagi dalam mengatur serta melacak nomor resi secara otomatis.

Sementara Developer adalah layanan yang akan membantu para pengembang mengembangkan aplikasi dengan fitur cek resi otomatis. 

5. Cek Resi dan Ongkir Kiriman

Cek Resi dan Ongkir Kiriman

Beralih ke aplikasi, ada satu aplikasi yang bernama Cek Resi dan Ongkir Kiriman. Sesuai dengan namanya tersebut, aplikasi yang dikembangkan oleh Ayiip ini akan membantu Anda dalam mengecek nomor resi sekaligus dengan ongkos kiriman ke seluruh Indonesia.

Aplikasi ini gratis dan Anda bisa menggunakannya untuk berbagai ekspedisi yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Anteraja
  • JNE
  • TIKI
  • POS Indonesia
  • J&T
  • Dakota
  • Rosalia Express
  • Pahala
  • First Logistics
  • EMS Pos Indonesia
  • SAP Express

Tentu saja masih banyak ekspedisi lain yang bisa Anda cek menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga menyediakan layanan untuk Anda yang ingin mengecek ekspedisi internasional, khusus untuk China Post dan LWE.

Untuk pengecekan ongkos kirim, aplikasi ini hanya mendukung Lion Parcel, JET Express, REX, First Logistics, J&T, SiCepat, Wahana, ESL, PQS, TIKI dan JNE. 

Untuk fiturnya sendiri, selain pengecekan nomor resi dan ongkos kirim, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan nomor resi dari paket yang sering Anda cek.

Dengan demikian, Anda tidak perlu memasukkan nomor resi berulang kali. 

6. Cek Resi

Cek Resi
Aplikasi Cek Resi juga patut diperhatikan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Yuriy Krasnikov ini mempunyai fungsi yang sama seperti namanya, yaitu mengecek nomor resi.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi yang Anda punya. Sementara untuk daftar ekspedisi yang didukung oleh aplikasi ini.

Sebut saja diantaranya ialah NSS Express, Lion Parcel, NCS, First Express, 21Express, Solusi Express, Indah Logistic, JET, SAP Express dan masih banyak lagi.

Aplikasi satu ini juga menyediakan layanan pengecekan ongkos kirim. Kemudian mengenai fiturnya sendiri kurang lebih sebagai berikut :

  • Fitur untuk membagikan status resi
  • Fitur untuk scan barcode sehingga Anda tidak perlu memasukkan nomor resi
  • Notifikasi yang waktunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri
  • Otomatis mengenali ekspedisi yang digunakan

7. Cariresi

Cariresi

Cariresi adalah aplikasi yang dikembangkan oleh iglos. Aplikasi ini cukup ringan dan mempunyai sejumlah fitur yang sangat membantu seperti menyimpan riwayat pelacakan, proses scan barcode yang lebih cepat dan juga notifikasi pada saat paket yang ditunggu telah tiba. 

Cara melacak paketnya juga tidak beda, cukup masukkan nomor resi. Aplikasi ini digunakan untuk melacak paket dari Indah Logistik, IDL Cargo, 21Express, REX, SiCepat, Wahana, TIKI, SAP Express, J&T, Anteraja, JNE dan lain-lain. 

Itulah beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk melacak paket yang Anda beli. Cara melacak paket situs-situs tersebut juga sama-sama mudah, cukup memasukkan nomor resi.

Semoga membantu!

Like us!

Komentar