Diperbaharui pada Senin, 17 April 2023 | 15:05

10 Aplikasi Remote TV Terbaik, dari Tabung Hingga Smart TV

aplikasi remote tv terbaikFoto: Pexels

Remote TV hilang atau rusak? Tidak perlu khawatir, gunakan saja salah satu aplikasi remote TV untuk hp Android di artikel ini. Bisa digunakan untuk semua merk TV, termasuk untuk TV tabung. Kok bisa?

Bisa, karena aplikasi ini akan mengubah hp menjadi sebuah remote TV. Tidak hanya itu, beberapa aplikasi juga bisa menjadi remote AC atau remote home theater, tergantung dengan perangkat yang akan digunakan.

Ada dua metode yang bisa digunakan agar aplikasi remote TV ini berjalan sesuai dengan fungsinya, yaitu memanfaatkan koneksi nirkabel (Wifi) dan fitur infrared (IR).

Untuk metode penggunaan infrared inilah yang bisa digunakan untuk mengontrol TV tabung atau TV lama yang mempunyai infrared. Tapi syaratnya hp yang digunakan juga memiliki fitur infrared agar fungsi remote berjalan dengan baik.

Sedangkan penggunaan aplikasi melalui koneksi Wifi umumnya untuk perangkat Smart TV. Kelebihannya bisa menggunakan hp pintar apa saja tanpa harus punya fitur infrared.

Nah, apa saja aplikasi remote TV yang bisa digunakan? Simak ulasannya dibawah ini.

Aplikasi Remote TV Terbaik

Berikut beberapa pilihan aplikasi remote TV yang bisa dijadikan alternatif jika remote asli hilang.

Berikut daftarnya :

1. Google Home

Google HomeGoogle Home adalah salah satu aplikasi resmi dengan fitur remote tv yang dikembangkan oleh Google Inc. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengatur volume serta play dan pause pada tv.

Selain itu juga bisa menghubungkan streaming Hulu, Youtube, hingga Netflix ke tv. Aplikasi remote TV ini cocok untuk perangkat IoT yang menggunakan koneksi Wifi.

Jadi pastikan TV yang digunakan berjenis smart TV yang mendukung koneksi Wifi.

2. Mi Remote Controller

Mi Remote Controller
Tidak mau kalah dengan Google, Xiaomi juga mengembangkan aplikasi remote yang bisa digunakan untuk TV dan AC bahkan beberapa alat elektronik lainnya.

Dengan aplikasi TV ini memungkinkan untuk mengganti channel TV hingga menaik turunkan suhu pada AC di ruangan . Pastinya sangat membantu jika remote di rumah hilang atau ada jauh dari tempat .

Tapi pastikan hp yang digunakan harus memiliki fitur infrared.

3. Smart IR Remote

Smart IR Remote
Sesuai dengan namanya Smart IR Remote ini merupakan remote TV pintar. Tidak hanya berguna sebagai remote tv namun juga bisa mengirimkan sinyal infrared ke Set Top Box, DVD Playar, BlueRay, dan juga AC.

4. Remote Control For TV, Universal TV Remote

Remote Control For TV, Universal TV RemoteAplikasi ini bisa mencakup semua TV, baik TV infrared hingga Smart TV. Bisa menggunakan koneksi Wifi untuk terkoneksi ke TV, asalkan terhubung ke jaringan yang sama. Atau bisa juga menggunakan fitur infrared untuk TV biasa.

5. Easy Universal TV Remote

Easy Universal TV RemoteAplikasi yang terakhir adalah Easy Universal TV Remote merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk semua hp yang memiliki IR Blaster.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah hanya perlu membuka aplikasi lalu memilih menu setting dan embuka menu port lalu IR Blaster atau Wi-Fi dan pilih merk TV .

6. Lean Universal Remote Control 

Lean Universal Remote Control Salah satu aplikasi remote TV pilihan terbaik. Lean Universal Remote Control bisa digunakan untuk mengontrol Smart TV, perangkat berbasis IR, AC, DVD, BluRay, Proyektor, Home Theatre dan lainnya.

Untuk perangkat smart TV bisa digunakan untuk merk LG, Sony, serta TV Android lain. Sedangkan dari fitur-fiturnya mencakup Power Control, Mute/Volume Control, Touch Pad, Channel Up/Down, Input, Home, Menu, Play, Pause, Reverse/Fast Reverse, Forward/Fast Forward.

7. TV Remote Control for Samsung (IR - infrared)

TV Remote Control for Samsung (IR - infrared)Sesuai namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk menggantikan remote TV Samsung yang hilang. Tapi tidak semua model TV, karena hanya TV Samsung yang diproduksi dari tahun 2007 sampai saat ini.

Yang membuat TV Remote Control for Samsung berbeda dari aplikasi lainnya adalah bisa berfungsi mirip dengan remote infrared asli. Bahkan interface nya sangat mirip dengan remote bawaan TV.

Jadi tidak perlu beradaptasi lagi dengan tampilannya. Tapi pastikan hp yang digunakan sudah dilengkapi dengan fitur infrared. 

8. Remote Control for TV

Remote Control for TVAplikasi Ultimate Remote Control for TV akan mengubah hp Android menjadi alat pengontrol smart TV yang bisa diandalkan. Bagi yang belum punya Smart TV tidak perlu khawatir, karena masih bisa menggunakan aplikasi ini menjadi remote TV melalui koneksi infrared.

Apalagi sudah kompatibel dengan merk TV ternama seperti Samsung, LG, Sony, Panasonic dan lainnya. Tidak hanya TV, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk perangkat home theater melalui interface yang sederhana.

9. TV Remote for Sony TV (WiFi & IR)

TV Remote for Sony TV (WiFi & IR)Khusus untuk pemilik TV Sony yang sulit mencari remote pengganti bisa memakai aplikasi ini. Remote Control for Sony TV bisa digunakan untuk TV lama hingga TV terbaru dan Smart TV Sony. Pilihan koneksinya bisa melalui Wifi maupun infrared.

Smartphone yang digunakan tidak harus merk Sony, karena bisa menggunakan hp Android lain. Aplikasi ini juga sudah bisa mendukung puluhan model TV Sony, mulai dari produksi 2011 hingga terbaru yang ada saat ini.

10. Remote Control for TV - Universal TV Remote (IR)

Remote Control for TV - Universal TV Remote (IR)Aplikasi remote TV untuk semua merk, baik model lama maupun baru. Remote Control for TV - Universal TV Remote (IR) kompatibel untuk TV yang mencakup semua merk seperti Samsung, LG, Sony, Hisense, TCL, Panasonic, Toshiba, Sharp, Xiaomi dan banyak lagi.

Sama seperti aplikasi remote lainnya, Remote Control for TV - Universal TV Remote (IR) juga dapat di download gratis dan mudah digunakan. Begitu juga untuk TV lama yang masih mengunakan infrared bisa berjalan lancar.

Daftar Hp Infrared untuk Remote TV

Sebagian besar aplikasi remote TV di atas memang masih menggunakan koneksi infrared. Sehingga akan berjalan normal jika hp yang digunakan juga memiliki fitur infrared.

Nah, jika ingin tau hp apa saja yang dibekali dengan fitur infrared, berikut kami sajikan beberapa pilihannya:

Merk Hp Model Hp
Xiaomi Mi 9, Mi Note 10, Redmi Note 8, Mi 10, Redmi 5
Redmi 5 PlusRedmi Note 5, Redmi 7, Redmi S2 
Redmi Note 7, Mi A2 LiteRedmi 5A, Redmi 8
Samsung Galaxy S6, Galaxy S4, Galaxy Note 4, Galaxy S5 
Galaxy S6 Edge
LG LG G5, LG G4, LG V20
Huawei Mate 20 Pro

Itulah daftar aplikasi remote tv yang bisa digunakan saat dibutuhkan. Aplikasi ini akan mengubah hp menjadi remote TV dan elekronik lainnya, termasuk TV tabung yang punya infrared.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.