Diperbaharui pada Rabu, 2 September 2020 | 18:58

7 Aplikasi Edit Foto Jadi Video untuk Android

Oleh Restu Aji Siswanto

edit foto jadi videoFoto: Pexels

Menggunakan aplikasi edit foto pakai musik buat menghasilkan video di hp dianggap lebih praktis ketimbang memakai program khusus di laptop. Selain lebih mudah juga bisa dilakukan dimana saja.

Meski ukurannya memang lebih kecil, tetapi aplikasi-aplikasi tersebut sudah dilengkapi fitur-fitur yang mampu bersaing dengan software versi desktop.

Merancang video lewat susunan foto akan menciptakan video dalam format slideshow otomatis maupun video secara utuh. Selain itu, kamu bisa memberikan efek transisi sekaligus waktu tampil sesuai selera.

Hasilnya, video tersebut akan tampak bak film dokumenter singkat dengan background musik pilihan. Gimana, sudah tidak sabar mau coba membuat video dari kumpulan foto yang kamu ambil? Berikut ini 7 aplikasi edit foto estetik yang bisa diinstal di hp Android.

Aplikasi Edit Foto jadi Video Terbaik

1. Loopsie

Loopsie
Dikembangkan Loopsie SRL, Loopsie merupakan aplikasi yang akan menciptakan kesan tiga dimensi dari hasil suntingan kamu. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Loopsie adalah kumpulan efeknya yang lebih lengkap.

Sedikit lebih baik bila dibandingkan aplikasi edit foto menjadi video sejenis seperti Dazz Cam atau Enlight Pixaloop. Jadi, kamu tak perlu mengunduh aplikasi lain buat memolesnya.

Loopsie juga mempunyai fitur integrated video camera yang bakal membantu kamu merekam video dalam resolusi full HD. Bahkan kamu juga tak perlu memakai tripod.

Karena Loppsie akan menghapus efek bergetar ekibat pegangan yang tak stabil. Antarmuka juga bersahabat untuk pengguna pemula, sehingga kamu tak akan lama buat menguasai setiap fiturnya.

2. Motion Stills

Motion Skills
Aplikasi edit foto ada lagunya ini dirancang khusus oleh Google dengan fitur canggih seperti AR (Augmented Reality). Bukan AR biasa, melainkan sudah memakai motion tracking yang membuat video bergerak alami.

Kamu pun bisa menambahkan macam-macam objek virtual seperti binatang, GIF, hingga video lain. Fitur istimewa lain dari Motion Stills adalah AR yang tak bergantung pada ARCore selama hp Android kamu punya gyroscope.

Google pun tak mau menyia-nyiakan produk lain yang mereka kelola. Mereka memasukkan objek-objek tiga dimensi dari Blocks dan yang tersedia dalam mode AR dari Poly untuk menghasilkan konten visual yang optimal.

3. Cinemagraph

Cinemagraph
Selanjutnya ada Cinemagraph, aplikasi edit foto terbaik yang dikembangkan crazy labs. Dengan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan kombinasi fotografi dengan videografi yang mengesankan.

Berbagai format disediakan Cinemagraph, sebut saja GIF yang resolusinya sampai 1080p. Belum lagi antarmuka yang simpel, sehingga mudah dipelajari pengguna pemula.

Fitur-fitur lainnya yang bisa kamu gunakan mencakup aneka filter real-time, menentukan frame rate untuk membuat GIF, serta self timer untuk mengambil cinemagraph anti-goyang.

Setelah selesai, GIF atau video buatan kamu bisa langsung dibagikan ke berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, Tumblr, dan GIPHY.

4. PicMotion

PicMotion
PicMotion besutan Smart App Innovation adalah salah satu aplikasi edit foto dan video pakai musik favorit para pengguna ponsel Android. Seperti aplikasi-aplikasi editing sebelumnya, PicMotion menawarkan kemudahan.

Termasuk dalam menyusun foto untuk dijadikan video sederhana. Kamu pun bisa menyelipkan berbagai efek transisi supaya tampak menarik dengan antarmuka simpel untuk pengguna pemula.

Sehingga tak kesulitan saat mengenali cara kerja dan fitur PicMotion. Termasuk diantaranya memasukkan lagu atau instrumental sebagai background yang sedang digandrungi pengguna media sosial.

Kamu juga bisa membagikan atau mengunggah video ke platform lain seperti Facebook, Instagram, Youtube, maupun Tumblr.

5. PhotoGrid

PhotoGrid
Selama ini PhotoGrid hanya dipakai buat menyunting foto, padahal ada fitur lain yang bisa kamu kamulkan, termasuk membuat video dari susunan video. Aplikasi edit video aesthetic sendiri dikelola Cheetah Mobile.

Salah satu aplikasi edit foto dan video yang diandalkan para pengguna ponsel Android dan kehadiran fitur lain untuk cinemagraph membuatnya semakin disukai.

Bagaimana cara menciptakan video menggunakan PhotoGrid? kamu hanya perlu memilih fitur VideoGrid dalam opsi menu, lalu pilih foto atau gambar mana saja yang pengin dimasukkan ke dalam video.

Setelah itu, tambahkan elemen lain seperti teks, efek, stiker, hingga animasi. Lantas simpan video dan bagikan ke media sosial kamu.

6. Pixgram

Pixgram
Dikembangkan Swiitt Computing, Pixgram bakal membantu kamu menyusun foto yang nantinya ditampilkan dalam format slideshow. Sejumlah fitur editing pun disiapkan supaya kamu bisa memilah foto atau gambar.

Jadi kamu tak perlu lagi mengunduh aplikasi edit foto ada lagunya yang lain. Bukan hanya lagu, Pixgram memungkinkan video yang kamu buat memperlihatkan lirik. Keunggulan ini yang membuat aplikasi tersebut dengan cepat mendapatkan penggemar.

Begitu selesai menyunting dan menyimpan video di Pixgram, kamu bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti Twitter, Facebook, sampai Whatsapp.

7. VivaVideo

VivaVideo
Kurang lengkap rasanya membahas aplikasi edit foto dan video tanpa memasukkan VivaVideo. Aplikasi yang dipegang QiVideo dan Video Maker App ini mampu mengolah foto-foto yang kamu masukkan jadi seperti video profesional.

Untuk membuat video pada aplikasi edit foto terbaik ini, konten yang dipilih bisa berasal dari koleksi di Galeri maupun direkam langsung lewat kamera. Di sini, kamu bisa menggunakan tema, jenis huruf, dan elemen lain yang tak tersedia di versi gratis. 

VivaVideo pun senantiasa memperbarui fitur, sehingga kamu bisa menambahkan elemen lain seperti teks, efek transisi, lagu, sticker, filter, dan lain sebagainya. Kamu yang tak mau terganggu iklan dan membutuhkan fitur lengkap bisa membeli versi pro VivaVideo.

Semua aplikasi di atas tersedia untuk ponsel berbasis Android, ada pula yang kompatibel dengan iOS untuk kamu yang menggunakan produk Apple.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Sebagai informasi tambahan, berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi edit foto menjadi video pakai musik.

- Tujuan pemakaian. Apa tujuan kamu mengunduh aplikasi editing ini? Sebagai media latihan, konten media sosial, atau sekadar iseng mencoba? Mengetahui tujuan akan membuat kamu tak salah saat memilih aplikasi dan hasilnya bisa diterapkan berdasarkan tujuan yang ingin kamu raih;

- Ukuran file aplikasi. Jangan instal aplikasi ukuran besar apabila kapasitas penyimpanan ponsel terbatas. Hal tersebut akan memberatkan dapur pacu dan menambah beban pada memori karena ada ‘sampah’ dari cache. Sekarang sudah ada banyak aplikasi editing dengan fitur lengkap untuk memori kecil, kok;

- Iklan yang muncul. Beberapa aplikasi foto edit aesthetic versi gratis biasanya memasang iklan dari pihak ketiga. Ada yang muncul sesekali, tetapi ada yang terlampau sering sampai mengganggu kegiatan kamu. Dalam hal ini, selama iklan tak menghambat proses, aplikasi masih nyaman untuk digunakan buat menyunting;

- Rating dan review pengguna. Google Play Store selalu menampilkan rating dan review dari pengguna. kamu dapat menilai performa aplikasi dengan membandingkan jumlah review positif dan negatif. Tak sedikit pengembang yang menambahkan video promosi agar kamu dapat melihat fitur dan cara kerja penyuntingan dalam aplikasi tersebut.

Itulah rekomendasi tujuh aplikasi edit foto jadi video yang ada lagunya untuk bisa kamu gunakan sesuai keinginan. Semoga kamu bisa menghasilkan berbagai video mengesankan lewat kumpulan foto, ya!

Like us!

Komentar

Tokojualwallpaper 20 July 2020 - 19:53
Bagaimana cara mengatasi frame video supaya penuh ya Gan..... Kalau kita membuatnya menggunakan HP.... Terima kasih