Diperbaharui pada Senin, 30 Desember 2019 | 18:55

3 Fitur Baru WhatsApp di 2020, Dark Mode hingga Hapus Otomatis

Fitur Baru WhatsApp di 2020
Rasanya hampir semua pengguna hp sudah menginstal WhatsApp di perangkat mereka. Selain simpel dan mudah digunakan, WhatsApp juga selalu rutin melakukan update untuk menambahkan fitur terbaru. Nah di tahun 2020, kabarnya WhatsApp akan menghadirkan fitur terbaru. Apa saja?  

Melansir The Sun, ada sejumlah fitur baru yang kabarnya akan ditambahkan ke aplikasi perpesanan terpopuler tersebut di 2020 ini. Salah satunya fitur Dark Mode yang mulai banyak diterapkan pada update system terbaru di sejumlah smartphone.

Lalu ada fitur menghapus pesan secara otomatis dengan opsi tetap menyimpannya selama apapun. Sedangkan fitur lainnya memungkinkan pengguna WA melakukan pencarian gambar yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan beberapa fitur terbaru WhatsApp di 2020 yang mungkin akan hadir.

3 Fitur Baru WhatsApp di 2020

1. Dark Mode WhatsApp

Fitur Baru WhatsApp di 2020
Saat ini sebagian pengguna hp sudah bisa menikmati fitur Dark Mode di perangkat mereka. Sesuai namanya, fitur ini menghadirkan tema yang lebih gelap (dark) di layar. Hanya saja, fitur ini tidak berlaku untuk semua aplikasi, termasuk WhatsApp. Oleh karena itu, banyak yang berharap fitur Dark Mode ini bisa hadir di WA.

Kemungkinannya cukup besar, karena kabarnya pengembang aplikasi WA akan mewujudkan hal tersebut. Bahkan mereka akan menghadirkan opus untuk menghidupkan atau mematikan fitur Dark Mode di WA. Itu artinya, pengguna bisa memilih menggunakan fitur ini untuk mendapatkan tema gelap atau mematikannya dengan latar belakang lama.

Salah satu kelebihan dari fitur Dark Mode ini pastinya akan mengurangi ketegangan pada mata walau berlama-lama menatap layar hp. Tidak hanya itu, fitur ini juga akan lebih menghemat daya tahan baterai.

Karena saat mengaktifkan mode Dark Mode, tema WhatsApp memiliki latar belakang hitam dengan teks putih. Beda dengan tampilan reguler dengan latar belakang putih yang menghadirkan banyak cahaya.

2. Fitur Pencarian Gambar

Fitur Baru WhatsApp di 2020
Fitur pencarian gambar di WA saat ini masih sedang diuji. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna mengklik gambar yang dikirim melalui WA dan bisa langsung melakukan penncarian di Google untuk memverifikasi sumbernya. Fitur pencarian gambar ini cukup penting guna menghindari hoax serta memersulit orang untuk melakukan catfishing.

Menurut laman Wikipedia, Catfishing sendiri merujuk kepada kegiatan penipuan (deception) yang dilakukan oleh individu di dunia daring yang bertujuan untuk menipu individu lain. Kegiatan ini biasanya melibatkan pembuatan akun media sosial fiktif, nama fiktif, usia fiktif, foto profil fiktif, dan keterangan diri fiktif lainnya oleh pelaku catfish. Fitur ini juga sedang diuji kemampuannya untuk melakukan pencarian gambar langsung dari aplikasi.

3. Menghapus Pesan Secara Otomatis

Fitur Baru WhatsApp di 2020
Fitur lain yang juga sedang dikembangkan WhatsApp adalah menghapus pesan secara otomatis. Masih dalam tahap pengujian, fitur ini memungkinkan aplikasi menghapus pesan secara otomatis. Hal ini penting untuk menghindari orang lain melihat percakapan pengguna. Karena terkadang kita suka lupa untuk menghapus percakapan penting sehingga bisa dilihat orang lain.

Disini pengguna bisa menentukan batas waktu berapa lama pesan bisa tetap tersimpan, satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan atau satu tahun. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya atau mengubah batas waktu sebelum penghapusan dalam pengaturan.

Nah, itulah beberapa fitur baru WhatsApp yang diharapkan akan disematkan pada update di tahun 2020. Namun mengenai kepastiannya, lebih baik tetap menunggu hingga pengumuman resmi dari pihak pengembang aplikasi pesan paling populer di dunia tersebut.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2443 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.