Diperbaharui pada Selasa, 10 Januari 2023 | 15:15

10 Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Terbaik di 2023

Aplikasi Translate Gratis
Mau jalan-jalan ke luar negeri tapi tidak bisa bahasa Inggris? Tidak perlu khawatir, karena kini banyak layanan yang menawarkan translate Inggris-Indonesia atau bahasa lainnya dengan baik dan benar.

Salah satunya melalui aplikasi translate Inggris-Indonesia yang bisa Anda instal ke hp. Aplikasi translate bahasa ini cukup penting buat Anda yang tidak mau ribet dalam hal menerjemahkan bahasa yang tidak dipahami.

Jadi Anda tidak perlu lagi membawa kamus bahasa Inggris saat berpelesiran ke luar negeri. Pilihan aplikasi untuk menerjemahkan bahasa Inggris-Indonesia ini pun cukup melimpah dan Anda bisa download aplikasi penerjemah bahasa ini secara gratis.

Untuk memudahkan, Pricebook akan coba pilah beberapa aplikasi translate Inggris-Indonesia yang memiliki keakuratan dalam menerjemahkan bahasa.

Aplikasi Translate Inggris-Indonesia

Berikut daftar aplikasi penerjemah bahasa Inggris-Indonesia terbaik yang bisa digunakan :

1. Google Translate


Google translate merupakan salah satu produk Google yang paling banyak digunakan sebagai penerjemah bahasa Inggris. Anda bisa mendownloadnya gratis.

Tidak hanya bahasa Inggris saja, Google translate juga mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. Bahkan Google Translate bisa digunakan dalam keadaan tanpa internet.

Google Translate juga tidak memerlukan fitur pro atau premium. Semua fitur seperti kamera, tulisan tangan, mode percakapan, dan buku frase sudah tersedia secara gratis.

Meski begitu, aplikasi ini terkadang tidak bisa menerjemahkan teks atau ucapan secara akurat sehingga menimbulkan kesalahan.

2. iTranslate


iTranslate merupakan salah satu aplikasi translate bahasa Inggris yang populer di Google Play Store. Menyebut diri sebagai yang terdepan, iTranslate merupakan aplikasi translate bahasa yang mudah digunakan dengan tampilan user friendly.

iTranslate tidak hanya mampu translate bahasa Inggris ke Indonesia saja, tapi juga dapat menerjemahkan teks ke lebih dari 100 bahasa.

Selain itu, Anda bisa mendengarkan suara dari hasil terjemahan baik dari suara laki-laki dan perempuan, serta bisa menerjemahkan beragam dialek.

Kelebihan lainnya adalah bisa berfungsi sebagai Andas dan Thesaurus. Namun tidak seperti Google Translate, untuk penggunaan kamera bagi penerjemahan instan.

Penerjemahan dalam keadaan offline lebih dari 40 bahasa, percakapan suara ke suara, dan konjugasi tenses yang berbeda, pengguna harus meng-upgrade lalu membayar.

3. Triplingo


Aplikasi translate Inggris-Indonesia ini sebenarnya dikhususkan untuk orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Meski begitu, Triplingo juga bisa digunakan untuk liburan.

Karena itu, Triplingo dilengkapi dengan fitur bisa menerjemahkan ungkapan slang, menerjemahkan ucapan secara langsung, dan culture crash course yang memungkinkan pengguna bisa beradaptasi secara langsung dengan kebiasaan dan adat-istiadat.

Aplikasi translate beragam bahasa ini juga dilengkapi dengan Wi-fi dialer yang memungkinkan memanggil nomor telepon. Sayangnya yang tersedia hanya untuk nomor AS.

Karena kelebihan aplikasi translate untuk hp Android ini mendapatkan penghargaan Business Travel Innovation of The Year 2012 dari Fast Company.

4. Naver Papago-AI Translator


Dalam bahasa Esperanto, Papago berarti burung beo. Burung ini mempunyai kemampuan menirukan bahasa. Atas dasar itulah, aplikasi penerjemah bahasa Inggris buatan Naver Korea Selatan tersebut dinamakan demikian.

Secara garis besar, Papago sama dengan aplikasi-aplikasi penerjemah lainnya. Punya beragam fitur seperti penerjemahan teks, suara, dan bahkan bisa digunakan dalam keadaan offline.

Meski begitu Papago lebih mengkhususkan penerjemahan untuk bahasa-bahasa di Asia termasuk Indonesia.

5. Easy Language Translator


Seperti namanya, aplikasi translate Inggris-Indonesia yang satu ini menawarkan kemudahan bagi mereka yang ingin belajar bahasa asing terutama anak-anak sekolah dan mahasiswa.

Easy Language Translator juga mempunyai tampilan antarmuka yang mudah bagi pengguna, dan bisa mendengarkan sesuatu yang sudah diterjemahkan dengan cepat dan akurat.

Selain itu, hasil terjemahan dari aplikasi praktis ini bisa digunakan ke pengguna lain, dan juga bisa disimpan dalam bentuk MP3.

6. Microsoft Translator


Aplikasi translate bahasa Inggris ke Indonesia untuk hp Android besutan Microsoft ini menawarkan fitur berupa penerjemahan percakapan dengan banyak orang yang bisa diterjemahkan secara instan.

Selain itu, Microsoft Translator terhitung gratis dan praktis serta bisa digunakan dalam keadaan tanpa internet, dan juga mampu menerjemahkan via jepretan kamera hp Android.

Pengguna juga bisa melihat hasil transliterasi dari aplikasi yang tersedia ke dalam lebih dari 60 bahasa untuk mengucapkan terjemahan terutama ke dalam bahasa Mandarin.

7. SayHi


Ingin aplikasi translate bahasa yang fokus pada tuturan lisan? SayHi merupakan aplikasi yang paling tepat karena mempunyai kelebihan dalam hal tersebut.

Aplikasi ini juga menawarkan penerjemahan ke bahasa-bahasa yang didukung dengan berbagai aksen seperti bahasa Arab, Inggris, Prancis, Italia, dan Mandarin.

Selain itu, hasil terjemahan ini bisa disalin dan dibagi melalui SMS, Facebook, dan Twitter.

8. Textgrabber


Mau menerjemahkan teks sekaligus membuat link, nomor telepon, alamat, dan sebagainya? Semua bisa dikerjakan oleh Textgrabber.

Selain dapat menerjemahkan ke lebih dari 100 bahasa pada saat online dan lebih dari 60 bahasa pada saat offline, aplikasi praktis ini juga menerjemahkan dari teks yang dicetak pada kertas, teks foto, dan suara. 

Kelebihan lainnya adalah aplikasi translate untuk hp Android ini bisa membaca QR code. Font pada teks ini pun bisa disesuaikan.

9. Dict Box


Dict Box adalah aplikasi translate gratis yang menawarkan kelebihan berupa Andas multibahasa yang disediakan oleh Oxford, Cambridge, dan Wiki.

Selain itu, Dict Box juga bisa mengoreksi ucapan, latihan memori, dan menerjemahkan dari jepretan kamera. 

Para pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini dari web browser ke aplikasi lainnya serta aplikasi ini bisa digunakan dengan cepat dan mensinkronisasi daftar kata-kata melalui bermacam alat.

10. Yandex.Translate


Aplikasi translate bahasa Inggris-Indonesia gratis untuk hp Android yang terakhir adalah Yandex.Translate. Aplikasi asal Rusia ini bisa bekerja dalam kondisi offline. Dalam keadaan online aplikasi ini bisa menerjemahkan 90 bahasa.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah selain menerjemahkan teks bisa juga terhubung dengan Wear OS. Selain itu, aplikasi ini praktis untuk para pembelajar bahasa Rusia, serta bisa menerjemahkan dari hasil jepretan kamera melalui fitur kamera yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa pilihan aplikasi penerjemah bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan. Semua aplikasi diatas bisa digunakan untuk memudahkan Anda translate Inggris- Indonesia atau sebaliknya.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.