10 Aplikasi Podcast Terbaik Untuk Streaming Hingga Buat Konten

Oleh Arini Putrie updated Kamis, 18 Jul 2019 | 18:02

Aplikasi Podcast Terbaik

Belakangan nama podcast sering muncul di kalangan anak muda terutama dalam konteks konten online. Makin banyak orang mendengarkan konten podcast atau yang belum pernah mendengarkan pun sudah familiar dengan istilah podcast. Berdasarkan hasil riset yang diadakan oleh Infinite Dial, 7 dari 10 orang Amerika sudah familiar dengan nama podcast.

Dalam laporan yang sama dinyatakan pula anak muda dengan usia 12-24 tahun yang mendengarkan konten podcast jumlahnya makin naik 10% setiap bulannya. Hal ini menandakan bahwa konten dalam format podcast memang makin populer sebagai alternatif dari bentuk konten lain yang sudah lebih dulu familiar di kalangan para pengguna internet. Sebenarnya apa itu podcast dan aplikasi podcast apa saja yang bisa digunakan untuk mendengarkan konten yang berkualitas?

Apa itu Podcast?

Podcast adalah konten dengan format audio yang terdiri dari serial yang berepisod di mana pendengar bisa mengunduh kemudian mendengarkannya atau mendengarkan langsung melalui smartphone atau gadget lainnya. Sederhananya podcast menggabungkan antara blog dengan format audio di mana pembuat podcast bisa membuat berbagai macam konten seperti misalnya episode-episode cerita horor, tutorial, audio book, ulasan-ulasan produk maupun film, dan berbagai macam jenis konten lainnya termasuk konten edukasi.

Dengan demikian orang bisa mendapatkan informasi dari konten podcast seperti layaknya ketika sedang mendengarkan musik, Anda tidak harus menatap layar perangkat selama podcast dimainkan dan umumnya episode podcast juga tidak diselingi dengan iklan. 

Jenis-jenis Podcast 

Siapa yang bisa membuat podcast? Siapa saja bisa membuat podcast, sama halnya siapa saja bisa membuat konten blog baik individu maupun ingin merepresentasikan brand ke format marketing yang lain. Secara umum ada tiga jenis podcast yang populer saat ini, yaitu:

1. Wawancara 

Dalam setiap episode, host akan mewawancara narasumber yang berbeda. Yang dibahas bisa macam-macam tergantung dengan niche dari podcast Anda. Buat wawancara yang mengalir bebas seperti ketika Anda ngobrol dengan orang agar audiens Anda bisa menikmati isi episode sambil santai. 

2. Solo 

Jenis podcast ini paling banyak dipilih terutama untuk yang masih pemula di mana isi podcast adalah berupa monolog yang hanya dipandu dan diisi oleh Anda sendiri. Contoh podcaster Indonesia yang menggunakan format monolog adalah kanal Level Up With Benakribo oleh Benakribo di mana Bena yang merupakan seorang creative content creator berbagi pengalamannya dalam dunia pembuatan konten yang setiap episodenya membahas topik yang berbeda seputar tips, pengalaman, cerita pengalaman hidup, tanya jawab, dan lainnya.

3. Multi-host 

Jika Anda ingin membuat podcast yang lebih ramai maka jenis ini bisa dipilih karena ada lebih dari 2 orang host untuk membawakan episode. Biasanya jenis podcast ini memiliki konten diskusi di mana setiap host punya opininya sendiri, bisa juga saling berbagi cerita, pengalaman, trik, dan lainnya dengan konten yang lebih dinamis.

Cara Membuat Podcast untuk Pemula

aplikasi podcast terbaik

Jika Anda tertarik untuk membuat podcast sendiri, baik itu tujuannya untuk menjadi influencer, mempromosikan brand atau bisnis Anda, ingin mencoba blog dengan format yang baru selain tulisan, berikut adalah cara-cara awal yang bisa Anda ikuti selain memilih jenis format podcast di atas:

1. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat rekaman audio. Perlengkapan standar yang Anda butuhkan antara lain adalah mic, audio interface jika ingin merekam suara langsung ke komputer, perangkat lunak untuk mengedit suara rekaman, pop filters untuk membuat suara yang terekam jadi lebih bening dan halus.

2. Pilih topik yang ingin dibahas dan kalau bisa dibuat sespesifik mungkin. Podcast bukanlah format konten yang baru sehingga bisa jadi semua topik sudah disentuh oleh para podcaster namun sama halnya ketika Anda membuat blog atau vlog, meski menggarap topik yang sama Anda bisa menyampaikannya dengan cara atau sudut pandang yang lebih unik dan membuat orang tertarik untuk mengikuti episode Anda.

3. Langkah selanjutnya adalah memilih perangkat lunak untuk merekam dan mengedit podcast yang Anda buat. Audacity adalah pilihan yang bagus untuk pemula dan termasuk cukup mudah untuk digunakan. Untuk bisa menguasai perangkat lunak ini memang butuh latihan tapi banyak tutorial di internet yang bisa dimanfaatkan untuk belajar rekaman, mengedit, dan mengekspor format untuk episode podcast Anda.

4. Memilih judul podcast sama halnya ketika Anda memilih judul konten tulisan maupun video namun biasanya podcast memiliki judul yang lebih pendek. Pilih judul yang menggambarkan isi dari podcast dan mudah untuk dicari orang di kolom pencarian.

5. Langkah terakhir adalah memilih hosting untuk podcast yang sudah Anda buat. Rekomendasi aplikasi podcast akan diberikan pada pembahasan di bawah ini, beberapa hal yang bisa Anda perhatikan adalah target audiens yang ingin Anda dapatkan, keuntungan dari aplikasi atau hosting yang Anda pilih, dan apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan atau tidak dari podcast yang dibuat. 

Daftar 10 Aplikasi Podcast Terbaik

aplikasi podcast terbaik

Seiring dengan kepopuleran podcast yang makin tinggi, makin banyak pula aplikasi podcast yang bisa diunduh baik yang layanannya bisa dinikmati gratis maupun yang harus bayar. Berikut adalah rekomendasi aplikasi podcast terbaik bagi Anda yang ingin mengunggah podcast buatan sendiri maupun yang ingin mendengarkan lebih banyak konten podcast berkualitas:

1. Anchor

Aplikasi podcast gratis yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah Achor. Aplikasi ini memiliki cukup banyak fitur yang bisa membantu kamu. Salah satunya adalah fitur editing, kamu bisa mengedit rekaman suara kamu dengan aplikasi ini. Setelah kamu edit rekamannya bisa langsung kamu share pada platform google podcast maupun apple podcast.

Download Anchor

2. CastBox

Aplikasi Castbox adalah aplikasi untuk mendengarkan podcast yang telah didownload lebih dari 10 juta install. Aplikasi ini juga mendapatkan beberapa penghargaan ‘Most Entertaining App’ dan ‘Top Trending Apps’ dari Google Play. Dalam aplikasi ini kamu bisa mendengarkan secara online maupun offline lebih dari 95 juta podcast. Namun ada beberapa pengguna yang merasa kecewa setelah memperbarui aplikasi ini menurut mereka aplikasi ini menjadi tidak responsif dan juga menguras baterai Hp. 

Download CastBox

3. Google Podcast

Google podcast merupakan aplikasi untuk mendengarkan podcast dari hp android. Aplikasi podcast ini pun bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play. Karena ini merupakan aplikasi dari google pastinya aplikasi ini bersinergi dengan Google Assistant jadi kamu bisa dengan mudah mendengarkan podcast melalui berbagai macam device.

Download Google Podcast

4. Pocket Casts

Pocket Casts merupakan aplikasi untuk mendengarkan podcast. Aplikasi ini memiliki pilihan tema yang bisa kamu pilih sesuai kenyamanan. Terdapat pilihan dark mode maupun light mode, bahkan jika kamu penggemar layar OLED terdapat tema extra dark. Aplikasi podcast ini pun terdapat sleep timer yang bisa kamu gunakan agar tidak menggangu waktu tidur kamu. 

Download Pocket Casts

5. Podbean

Aplikasi podbean selain untuk mendengarkan podcast aplikasi ini juga memiliki fitur sebagai studio podcast. Pada aplikasi ini kamu bisa merekan podcast dengan beragam fitur di dalamnya seperti background musik, efek suara, bahkan kamu bisa memotong maupun menggabungkan rekaman suara kamu. 

Download Podbean

6. Podcast Addict

Podcast Addict memungkinkan kamu untuk mendengarkan podcast. Selain itu kamu bisa juga mengakses ribuan audiobook, radio, live stream, youtube, maupun soundcloud dalam satu aplikasi.

Download Podcast Addict

7. Podcast Go

Podcast Go juga merupakan aplikasi untuk mendengarkan podcast di android. Aplikasi ini mrmiliki fitur download yang memungkinkan kamu untuk mendengarkan podcast secara offline. Terdapat beragam katergori podcast seperti komedi, musik, bertia, permainan, pendidikan, dan lainnya.

Download Podcast Go

8. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sedang banyak digunakan. Spotify menyentuh lebih dari 500,000,000 instal. Aplikasi ini bisa digunakan dengan berbagai device seperti smartphone, tablet maupun komputer atau laptop. Pada aplikasi ini kamu bisa streaming musik terbaru hingga mendengarkan podcast favorit. Aplikasi ini tersedia pilihan premium atau berbayar untuk mendengarkan musik dan podcast tanpa iklan dengan suara yang lebih baik. 

Download Spotify

9. Soundcloud

Aplikasi soundcloud adalah salah satu aplikasi berbagi musik dan audio. Pada aplikasi ini pun terdapat pula podcast untuk didengarkan dari banyaknya akun yang ada di Soundcloud. Kamu juga bsia dengan muda merekan audio untuk langsung kamu share di aplikasi ini. 

Download Soundcloud

10. Apple Podcast

Apple podcast tentunya aplikasi ini untuk pengguna hp apple. Aplikasi podcast ini juga cukup terkenal karena terdapat banyak podcast favorit yang terdapat di apple podcast ini.

Download Apple Podcast 

Artikel Terkait

Komentar