Diperbaharui pada Kamis, 12 Januari 2023 | 10:21

6 Akibat Negatif Karena Main Game Pakai Cheat, Rugi!

kerugian main game pakai cheatFoto: Pexels

Main game baik melalui konsol game maupun online di PC, adalah suatu hal yang sangat lumrah dilakukan oleh banyak orang untuk mengusir rasa bosan. Tidak hanya itu, sekarang game malah sudah menjadi salah satu sarana penghasil uang bagi sebagian orang.

Namun, game sendiri tidak pernah bisa dilepaskan dari yang namanya cheat. Sebelum membahas lebih jauh tentang cheat, perlu diketahui bahwa tidak semua cheat bersifat buruk.

Ada cheat yang tujuannya sebagai trivia atau easter eggs pada game, jadi bukan untuk menang secara curang, seperti pada cheat GTA 5 yang banyak beredar.

Pada artikel ini, jenis cheat yang akan kita bahas disini adalah cheat yang berbahaya dan dapat merugikan kita sebagai pemain, dengan berbagai konsekuensi seperti di-banned-nya ID kita saat bermain game online.

Kerugian Main Game dengan Cheat

Cheat adalah kode atau program yang bisa digunakan para gamer untuk membantu mereka memenangkan permainan secara cepat dengan memberikan kemampuan tambahan pada karakter permainan, atau melewati misi tertentu dengan cara curang.

Bermain game dengan cheat memang awalnya sangat menyenangkan, karena kita bisa memenangkan game secara instan. Tidak terhitung banyaknya gamer yang menggunakan cheat untuk membantu mereka dalam bermain game.

Sayangnya kesenangan itu hanya sementara, karena nyatanya main game dengan cheat justru lebih banyak efek negatifnya daripada positifnya. Salah satu yang paling sering dirasakan adalah hilangnya unsur menyenangkan dari game itu.

Lalu, apa saja risiko serta bahaya ketika bermain game dengan menggunakan cheat?

1. Permainan Menjadi Tidak Menyenangkan

kerugian main game pakai cheat

Ketika bermain game, seorang gamer sejati pasti menginginkan permainan yang kompetitif dan menguji skill. Namun, bagi seorang gamer karbitan, umumnya mereka hanya ingin memenangkan game secara cepat tanpa peduli dengan unsur tantangan dan kesenangan yang dimiliki game itu.

Kami jamin, perasaan senang yang didapat ketika kamu berhasil memenangkan permainan secara jujur dan tidak pasti akan berbeda. Jadi, jangan rusak kesenangan diri sendiri dan orang lain karena kamu memakai cheat.

2. Reputasi Game Akan Rusak

kerugian main game pakai cheat

Adakah game, terutama game online, yang masih bertahan ketika sudah ada banyak user-nya yang curang dengan memakai cheat? Rasanya tidak ada. Adanya cheat menyebabkan pengalaman ketika bermain menjadi rusak dan tidak ada lagi.

Dalam hal ini, tidak hanya orang lain yang merasa dirugikan, tapi juga si pengembang game yang akan sangat merugi karena game yang mereka kembangkan dengan biaya mahal justru tidak mau dimainkan lagi karena banyaknya pengguna yang berulah memakai cheat.

Jadi, jika kamu masih ingin terus memainkan game favorit kamu, jangan pernah gunakan cheat.

3. Bisa Kena Ban atau Blokir Akun

risiko main game pakai cheat

Salah satu antisipasi yang biasa dilakukan oleh pengembang game untuk membuat para cheater tidak berkembang adalah dengan mengawasi permainan mereka sendiri.

Pada game online, biasanya mereka akan mengecek data atau riwayat login dari si pemain, atau lewat masukan dari para pemain lain yang melaporkan adanya cheater.

Bila sudah ketahuan, hal yang sering dilakukan adalah langsung melakukan ban atau blokir bagi akun yang menggunakan cheat secara permanen. Bisa dalam jangka waktu tertentu atau selama-lamanya.

4. Rentan Terkena Virus dan Ancaman Online Lain

akibat main game pakai cheat

Bagi kamu para pengguna cheat, terutama bila cheat tersebut berbentuk software, maka waspadalah, karena sering terjadi dimana aplikasi atau program cheat yang kamu gunakan ternyata sudah disusupi virus atau malware yang akan merusak perangkatmu.

Masih untung kalau efeknya hanya merusak hp atau komputer tempat kamu bermain game saja. Bila ternyata cheat tersebut sampai membuat kamu kehilangan berbagai data pribadi, maka bersiplah untuk hal yang lebih buruk lagi.

5. Rugi Secara Finansial

akibat main game pakai cheat

Ini ada kaitannya dengan poin nomor 4. Tentunya ketika hp atau komputer kamu rusak akibat bermain game dengan cheat, maka kamu perlu biaya untuk memperbaikinya. Di sinilah kerugian kamu terjadi, padahal kerusakan bisa dihindari jika kamu bermain secara jujur.

Masalah bisa menjadi lebih buruk jika si penjahat yang menyusupkan virus berhasil mencuri data pribadi kamu. Bisa saja si pencuri data sampai tahu data bank kamu dan membobolnya tanpa sepengetahuan kamu.

Kalau sudah begitu, siap-siaplah untuk menjadi miskin. Jadi, ayo main game secara jujur untuk menghindari hal ini.

6. Skill Menjadi Tidak Berkembang

akibat main game pakai cheat

Seorang cheater adalah orang yang sudah berputus asa ketika bermain game dan selalu menghalalkan segala cara agar bisa menang. Terkadang, kita sering merasa frustasi karena sering mengalami kekalahan secara terus menerus pada saat memainkan suatu game.

Padahal, hal ini sangat wajar terjadi, tidak hanya bagi pemain baru, tapi juga pemain yang sudah punya jam terbang tinggi. Kalah menang adalah hal biasa di game, jangan jadikan ini suatu yang serius dan membuat kamu memutuskan bermain dengan cheat demi bisa menang.

Padahal anggapan itu sangat salah, bila kamu terus berlatih dan belajar dari pengalaman, tentu itu akan membuat skill kamu menjadi semakin meningkat. Bahkan kamu bisa menjadi pemain hebat jika terus melatih skill.

Nikmati Permainan, Jangan Curang!

Sebuah game dibuat bukan hanya diciptakan untuk dimenangkan saja. Lebih dari itu, game juga diciptakan oleh si pengembang untuk memberi kesenangan bagi para pemainnya.

Nikmati setiap perkembangan kamu ketika memainkan game favorit kamu, karena inilah yang sebenarnya akan memberi kepuasan.

Selain itu, kemenangan yang didapat secara instan akibat menggunakan cheat juga akan membuat kamu cepat merasa bosan karena tidak bisa menikmati game itu secara benar.

Jadi, ayo jadi pemain game yang jujur, teruslah berlatih, dan nikmati setiap progresnya, bukan dengan nge-cheat!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1645 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.