Diperbaharui pada Kamis, 16 Juli 2020 | 12:28

Pengertian NFC, Fitur dan Fungsinya Masing-masing

Oleh Nur Abdillah

NFC
Teknologi smartphone terus berkembang dengan beragam inovasi terbaru. Selain lebih canggih, teknologi-teknologi ini juga akan memudahkan aktivitas pengguna sehari-hari. Salah satunya teknologi NFC.

Adanya fitur NFC semua proses transfer data bisa dilakukan lebih sederhana, bahkan prosesnya bisa berjalan ekstra cepat. Tidak hanya itu, kita pun bisa menggunakan fitur NFC untuk melakukan pembayaran digital, termasuk mengecek dan mengisi saldo e money.

Lalu, apa itu NFC?

NFC atau Near-Field Communication adalah salah satu fitur konektivitas yang fungsinya hampir mirip dengan Wi-Fi dan Bluetooth. Hanya saja secara implementasinya saja yang berbeda.

Di mana fitur NFC bekerja memanfaatkan sistem RFID (Radio Frequency Identification) untuk saling bertukar data pada jarak yang dekat, hanya dengan tempelkan 2 perangkat NFC. Dan prosesnya hanya memakan waktu kurang dari sepersepuluh detik.

Bahkan, NFC bisa berfungsi tanpa mengharuskan melakukan pengaturan pada smartphone dan dapat bekerja secara otomatis. Fitur NFC bekerja melalui sistem transmisi sinyal radio jarak pendek dan tidak memerlukan energi listrik besar dalam pengoperasiannya.

Saat ini, terdapat dua jenis perangkat NFC yang bisa Anda temukan, yakni NFC tag pasif dan NFC tag yang terdapat pada smartphone. Saat Anda melakukan kontak seperti transfer data, kedua perangkat akan terkoneksi melalui frekuensi radio ISM 13.56 MHz yang memiliki maksimum rate transfer 424 Kbps.

Tentunya, hal ini akan memudahkan semua proses pertukaran data, mulai dari berbagi file bahkan melakukan pembayaran di berbagai tempat.

Fungsi NFC

Fungsi NFC
Di era sekarang, penggunaan NFC sangat luas dan tidak sekadar berguna untuk saling berbagi dokumen antar smartphone saja. Bahkan, teknologi ini sudah meluas pada aktivitas perbankan, transportasi dan sarana hiburan.

Nah, berikut ini terdapat fungsi NFC yang bisa Anda temukan di keseharian, seperti :

1. Mengecek dan Mengisi Saldo e-Money

Salah satu fungsi NFC yang sangat menolong dikeseharian adalah bisa digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo e-money. Cara mengecek saldo e-money ini juga mudah, tempelkan kartu pada bagian belakang hp dan buka aplikasi cek saldo. 

Sedangkan untuk mengisi saldo e-money juga tidak jauh berbeda, tempelkan karto e-money pada bagian belakang hp lalu buka aplikasi untuk mengisi saldo, misal ecommerce, seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya.

2. Melakukan Pembayaran

Kini Anda tak perlu lagi membawa kartu debit ataupun fisik saat melakukan transaksi seperti berbelanja. Karena NFC terintegrasi dengan sejumlah layanan perbankan seperti e-money sehingga proses transaksi bisa dilakukan jauh lebih sederhana.

Misalnya, bagi yang ingin berbelanja barang di sebuah minimarket, cukup menempelkan NFC pada smartphone pada NFC tag pasif di kasir untuk menyelesaikan pembayaran.

 

3. Pengganti Karcis Transportasi

Teknologi NFC mengubah sistem karcis angkutan transportasi sehingga lebih sederhana. Jika sebelumnya Anda harus mengantri tiket di loket, kini bisa langsung menuju gate dengan tap NFC pada smartphone ke NFC tag pasif.

Teknologi ini tentunya sangat terasa jika Anda adalah pengguna TransJakarta, CommuterLine atau Busway yang tidak asing dengan tiket yang menyerupai sebuah kartu ATM. 

4. Kunci Keamanan

Implementasi lain dari NFC yakni dijadikan sebagai kunci keamanan. Ya, Anda bisa menggunakan fitur NFC untuk membuka pintu rumah atau kantor sebagai identitas masuk sehingga tak perlu lagi menggunakan kartu fisik yang dilengkapi magnet.

5. Mengakses Informasi Produk

Sejumlah merek juga mengimplementasikan teknologi NFC pada materi promosi seperti poster. Pada poster yang sudah dilengkapi NFC tag pasif, Anda cukup menghubungkannya pada NFC di smartphone untuk melihat informasi lengkap terkait produk tersebut.

Jadi kini tidak perlu lagi menggunakan brosur kertas yang tidak ramah lingkungan.

Keamanan Teknologi NFC

Penggunaan NFC saat ini semakin luas, namun apakah kehadiran NFC terjamin keamanannya? Melalui perjalanan panjang terciptanya NFC, fitur satu ini sudah melewati berbagai uji keamanan sehingga sangat aman untuk dipakai.

Bahkan, fitur NFC juga mendapatkan sertifikasi khusus saat melakukan download data melalui TSM (Trusted Service Manager) sehingga melindungi semua data yang dimiliki oleh konsumen.

Melalui penjelasan di atas, tentunya Anda tak perlu ragu untuk mulai menggunakan fitur NFC. Walau belum semua smartphone punya fitur ini, tapi di masa depan fitur NFC mungkin akan menjadi sangat penting.

 

Apakah Anda sudah memiliki smarphone dengan dukungan NFC? Untuk melihat hp apa saja yang sudah memiliki fitur NFC, Anda bisa membaca di artikel hp dengan fitur NFC.

Like us!

Komentar