Keuntungan Beli Game Asli ini Bikin Lupa Sama Bajakan

Oleh Imam Ali updated Kamis, 26 Mar 2020 | 20:11

Seiring dengan semakin majunya teknologi di bidang telekomunikasi dan gadget. Ternyata juga ikut memajukan sektor industri di bidang lainnya, salah satu yang paling terkena dampak positif adalah industri game.

Karena dengan semakin maunya perangkat gadget seperti smartphone, laptop, PC, dan lainnya. Otomatis industri game juga akan mengikuti perkembangan itu dengan menampilkan game-game mengesankan.

Dari mulai yang gratis sampai berbayar, dari yang sifatnya ringan sampai berat, semuanya bisa dibilang memiliki pasar yang cukup besar. Sayangnya, kemajuan di bidang game ini terkadang tidak diimbangi dengan kemauan para user untuk mau membeli game asli.

Hal ini biasanya terjadi di perangkat non smartphone seperti PC, laptop, atau konsol yang para penggunanya kadang lebih memilih untuk mencari game gratisan yang dianggap lebih murah.

Padahal, hal ini bisa dibilang akan lebih banyak menimbulkan kerugian dibandingkan membeli game asli dari publisher. Lalu apa saja keuntungan yang bisa kita dapat dari membeli game asli? Berikut ini adalah keuntungan yang didapat:

1. Mudah Diinstall

Kesulitan instalasi pasti sering dialami oleh kamu yang sering mendownload game bajakan di internet. Padahal jika kamu membeli game asli di publisher seperti Steam, hal receh semacam ini tidak akan terjadi.

Kamu tidak perlu repot membaca cara menginstall game yang disediakan publisher game bajakan yang dijamin ribet. Itupun kalau kamu langsung berhasil, jika dalam proses download yang cukup lama ternyata file-nya corrupt, atau jika kamu harus melakukan cracking tapi ternyata terus gagal karena tidak paham tutorial, tentu itu sangat menyulitkan.

Bandingkan dengan mendownload game original, cukup pilih game yang diinginkan, lalu lakukan penginstallan sambil memasukkan sejumlah kode instalasi, maka game sudah bisa dimainkan dengan lancar.

2. Bebas Virus

Selain sulit diinstall, salah satu kerugian menggunakan game bajakan adalah ancaman virus yang sangat besar. Tentu akan sangat merugikan jika hanya karena memaksa menginstall game bajakan, perangkat kamu menjadi rusak.

Kalah hanya rusak mungkin masih biasa, bagaimana kalau ternyata semua data kamu menjadi dicuri oleh pelaku yang menyisipkan virus di game itu? Tentu ruginya menjadi berkali-kali lipat.

Jika kamu membeli game asli, walau harus mengeluarkan uang, tapi keamanannya terjamin karena game itu sudah dites oleh si developer dan publisher. Dengan begitu, uang yang kamu keluarkan dijamin tidak akan percuma.

3. Dapat Dukungan Bug Fix Secara Rutin

Jika menggunakan game bajakan, maka hal semacam ini tidak akan didapatkan oleh kamu. Setiap game yang baru diluncurkan tidak selalu dalam keadaan yang baik 100%. Karena terkadang masih ada celah masalah (bug) yang ditinggalkan oleh developer ketika game dirilis.

Untuk mengatasi masalah yang tertinggal ini, maka developer biasanya akan melakukan update bug fix secara berkala. Update bug fix berkala ini hanya akan diberikan kepada kamu yang menggunakan game asli buatan si developer.

Jadi, jika kamu masih menggunakan game bajakan. Ya terima saja game yang kamu mainkan itu masih memiliki banyak masalah.

4. Bisa Dimainkan Online Secara Real Time

Di era internet sekarang ini, sebagian besar game yang beredar sudah menyediakan mode online agar setiap pemain bisa saling terhubung. Sayangnya, lagi-lagi hal ini tidak akan kamu dapatkan jika menggunakan game bajakan.

Beberapa game seperti Counter Strike, Overwatch, PUBG, Battlefield, Call of Duty, Dota 2, Fortnite atau Overwatch hanya bisa dimainkan secara online. Keunggulan dari game online adalah interaksi yang lebih terasa dan tidak mudah membosankan karena konflik yang didapat lebih intens.

5. Ada Kebanggaan dan kepuasan Lebih

Bisa main game original ternyata juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri lho buat kamu! Ada kebanggaan karena kamu bisa main game dengan mode yang terbaik, tanpa gangguan, dan dibeli dengan uang sendiri.

Bahkan ketika teman kamu sedag ngomongin game itu, kamu tidak akan kudet. Satu hal lain yang dirasakan adalah kepuasan, karena dengan game asli, gangguan yang terasa akan terasa minim dan membuat pengalaman main game menjadi lebih terasa.

6. Mendukung Perkembangan Industri Game

Ada harga ada kualitas, membeli game asli, walau terkadang tidaklah murah tapi sebanding lurus dengan kualitas permainan yang akan kamu terima. Untuk masalah harga, kamu bisa mengeceknya sendiri di publisher game terkenal seperti Steam.

Selain urusan kualitas, dengan membeli game asli, kamu sudah menghargai perjuangan developer game tersebut yang sudah bersusah payah menciptakan game favorit kamu. Bayangkan berapa lama mereka harus membuatnya dan biaya yang harus dibuat.

Tentu kamu tidak ingin game favorit kamu tidak dikembangkan lagi bukan?

7. Bisa Hasilkan Uang

Apa iya? Bagi kamu yang membeli game original, terutama yang berbentuk fisik, tentu sangat mudah dijual lagi. Walau harganya turun, tapi paling tidak itu bisa mengembalikan sedikit pengeluaran kamu dari membeli game tersebut.

Uang yang Kamu Keluarkan Tidak Akan Berbohong

Seperti yang sudah disebutkan, membeli game asli selalu berbanding lurus dengan kepuasan dan kualitas yang didapat. Dari sisi perangkat kamu, ancaman yang didapat juga semakin kecil. Sekarang tinggal kamu yang memutuskan mau main game apa. Sebab terkadang tidak semua game bisa cocok dengan selera kamu. Jadi, mau beli game asli yang mana?

Artikel Terkait

Komentar