Diperbaharui pada Kamis, 5 Juli 2018 | 17:16

4 Aplikasi Video Pengganti Tik Tok, Gak Kalah Heboh!

Berita pemblokiran aplikasi Tik Tok yang dilakukan Pemerintah menjadi trending topik beberapa hari belakangan ini. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan Tik Tok membuat Pemerintah harus segera turun tangan dan menghentikan layanan tersebut di Indonesia.

Apalagi Pemerintah banyak menerima laporan dari masyarakat mengenai pelanggaran yang ditemukan. Pelanggaran-pelanggaran yang dimaksud mencakup adanya konten yang berbau pornografi, pelecehan dan lainnya.

Namun selang beberapa kemudian, pemerintah mengumumkan telah membuka pemblokiran Tik Tok. Hal ini terjadi setelah perwakilan dari Tik Tok menemui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Hasilnya pemerintah akan mengaktifkan kembali Tik Tok dengan sejumlah syarat, mencakup :

  • Menjamin tidak akan ada konten-konten negatif
  • Memberikan batasan umur untuk penggunanya
  • Ada tim khusus yang mengawasi konten yang masuk

Pihak Tik Tok sendiri siap menyanggupi syarat-syarat yang diajukan Menkominfo agar aplikasi mereka bisa kembali dinikmati pengguna di Indonesia. Bukan tanpa alasan, karena Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna Tik Tok terbesar.

Seperti yang dilansir dari Detik, pengguna aktif Tik Tok per Juni 2018 di Indonesia saat ini sudah mencapai 10 juta. Angka ini menjadi bagian dari total 150 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Dalam pengamatan kami, Tik Tok masih menjadi salah satu aplikasi paling populer di Play Store. Dimana Tik Tok berada di posisi 4 terpopuler di bawah Helix Jumpu, Hado dan aplikasi pesan instant WhatsApp. Saat artikel ini ditulis, aplikasi Tik Tok memang sudah bisa dibuka namun kami tidak bisa melihat isi konten. 

Aplikasi Pengganti Tik Tok

Jika kamu sudah kadung cinta dengan aplikasi video lip sync Tik Tok, tidak perlu bersedih. Karena jika perusahaan yang menaungi Tik Tok bisa memenuhi syarat yang diajukan pemerintah dan pemblokiran selesai, tentunya kamu sudah bisa berkreasi kembali.

Namun tidak ada salahnya kamu mencoba aplikasi video sejenis Tik Tok yang tidak kalah serunya. Berikut pilihannya :

1. Musical.ly

Musical.ly merupakan salah satu aplikasi lip-sync video yang juga cukup populer. Sama seperti Tik Tok, kamu bisa menirukan lagu secara lip-sync dan membuat video pendeknya dengan durasi 15 detik.

2. Dubsmash

Dubsmash juga bisa menjadi aplikasi alternatif Tik Tok. Alasannya, aplikasi ini sudah hadir cukup lama dan memungkinkan kamu merekam dan lip sync klip musik. Tidak hanya itu, ada juga fitur lip sync dari siaran TV atau film. Bahkan disediakan fasilitas editing video dengan memasukkan stiker atau teks. Kamu pun bisa melihat video yang populer dari pengguna Dubsmash lain.

3. Funimate

Funimate memungkinkan kamu merekam video lip-sync sendiri dari lagu-lagu yang sedang populer. Keunggulan dari aplikasi musik video ini adalah kamu bisa menambahkan beragam efek dan emoji. Dan efek serta emoji ini bisa dimasukkan ke dalam video. Termasuk membuat video kompilasi, slow motion dan menambahkan format video tambahan.

4. Cheez

Sama seperti aplikasi alternatif Tik Tok lainnya, Cheez juga memungkinkan kamu merekam video klip pribadi secara instan. Beberapa fitur di Cheez bisa di bilang mirip dengan aplikasi musical.ly. jadi tergantung dari seberapa kreativitas kamu menciptakan video klip secara lip sync.

Silahkan Mencoba! 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.