Aplikasi Al-Quran Terbaik Buat Android di Bulan Ramadan

Oleh Restu Aji Siswanto updated Senin, 20 Apr 2020 | 10:26

Meningkatkan ibadah saat bulan Ramadan membuat pahala kita berlipat ganda. Tak hanya saat di rumah, kamu bisa ibadah kapan pun dan dimana pun. Salah satu ibadah yang bisa kamu lakukan adalah membaca Al-Quran saat menjalankan aktivitas lainnya seperti saat di perjalanan atau saat istirahat bekerja.

Membaca Al-Quran saat ini sudah sangat mudah dan tidak perlu membawa Al-Quran fisik, karena sudah ada aplikasi Al-Quran yang bisa diunduh di hp, sehingga bisa diakses kapan saja tanpa terbatas tempat. Nah, berikut ini rekomendasi aplikasi Al-Quran untuk hp dan tablet Android yang bisa kita install.

Al Quran Indonesia

aplikasi al quran indonesiaImage via Google Play

Aplikasi yang satu ini memuat fitur yang lengkap seperti 30 juz Al-Quran tanpa pembatasan, 114 surah, dan audio mp3 murottal full, sehingga memudahkan kita untuk memaknai sebuah ayat lebih dalam. Tak hanya itu, aplikasi Al Quran Indonesia juga memungkinkan kita untuk menggeser layar untuk berpindah surah atau juz. Membaca Al-Quran bisa ditampilkan dengan mode layar landscape atau portrait.

Quranesia

aplikasi quranesiaImage via Google Play

Aplikasi Al-Quran untuk hp Android lainnya adalah Quranesia. Secara khusus, aplikasi ini dirancang untuk pengguna di Indonesia berkat adanya dukungan terjemahan bahasa Indonesia di setiap ayat dan surat. Memiliki tampilan yang sangat sederhana, kamu juga bisa menggunakan fitur hafalan Quran untuk belajar ayat tertentu, pencarian kata dan dan mendengarkan alunan bacaan Al-Quran untuk mempelajari qari.

MyQuran

aplikasi myquranImage via Google Play

Aplikasi Al-Quran karya anak Indonesia dari Cimahi, Jawa Barat ini pernah mendapat penghargaan dari Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Keunggulan dari aplikasi ini adalah terjemahan resmi dari Kementerian Agama RI dan penulisan huruf Arab yang sesuai dengan versi cetak di Indonesia. Aplikasi MyQuran dilengkapi dengan audio mp3 murotal, 30 Juz, dan 114 Surah yang bisa dibaca secara offline.

Belajar Al-Quran

aplikasi belajar al-quranImage via Google Play

Berbeda dengan aplikasi Al-Quran di hp lainnya, aplikasi bertajuk Belajar Al-Quran ini sangat ramah untuk anak. Dengan tampilan colorful, anak tak hanya belajar membaca Al-Quran di hp melalui aplikasi ini, namun belajar menulis Al-Quran berikut tajwid dan harokat. Aplikasi ini sangat dianjurkan sebagai medium bagi anak untuk mengenal dan belajar membaca Al-Quran.

Salaam

aplikasi salaamImage via Google Play

Dikembangkan oleh Samsung Indonesia, aplikasi Al-Quran di hp bernama Salaam ini juga cocok untuk semua umur. Menariknya, aplikasi ini memegang Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia sehingga isi kontennya berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Tak hanya Al-Qur’an digital, ada banyak fitur pendukung dari aplikasi Salaam seperti jadwal waktu solat, penunjuk arah kiblat, hadist, doa harian hingga panduan haji dan umrah.

Melalui 5 aplikasi Al-Quran diatas, kita jadi lebih mudah belajar dan membaca Al-Quran di hp tanpa terbatas tempat. Selamat menjalankan puasa Ramadan 2020! 

Artikel Terkait

Komentar

Neza Secoria Jumat, 16 Agu 2019 | 14:56
sudah tersedia aplikasi al-Qur’an untuk pengguna disabilitas loh, yuk segera kunjungi link di bawah : http://news.unair.ac.id/2019/08/07/tiga-mahasiswa-unair-ciptakan-desain-aplikasi-al-quran-ramah-disabilitas-netra/