Diperbaharui pada Senin, 9 Januari 2023 | 16:55

5 Aplikasi Streaming Video Gratisan Selain Youtube

streaming videoFoto: tigerhive.com

Bisa dibilang YouTube sudah menjadi aplikasi streaming video paling populer di dunia. Youtube memiliki ratusan juta pengunjung atau bahkan miliaran kunjungan setiap harinya.

Tapi tahukah kamu, selain Youtube masih ada beberapa aplikasi streaming video lain yang tak kalah menarik. Ada yang serupa dengan Youtube, ada juga yang menyediakan layanan dengan segmen tertentu, seperti video game misalnya.

Buat kamu yang belum tau, Pricebook akan coba ulas aplikasi streaming video selain Youtube yang bisa dinikmati. Apa saja? Ini dia diantaranya.

1. Vimeo

vimeo

Vimeo adalah aplikasi streaming video yang juga memiliki situs dan terkenal menjadi saingan terberat YouTube. Situs ini bahkan pernah diblokir oleh Kemenkominfo beberapa tahun lalu, tapi sekarang blokir itu sudah dibuka kembali.

Video-video di Vimeo tekenal unik dan berkualitas. Situs ini juga dibekali dengan desain tampilan yang menarik dan tidak kalah dengan YouTube.

Hal ini yang membuat Vimeo pantas dijadikan sebagai alternatif bagi kamu yang mencari konten video berkualitas dan unik. Selain itu, orang-orang yang komentar di video yang ada di Vimeo juga dianggap lebih modern dan lebih siap menjadi seorang netizen.

Di mana akan kita temukan banyak komentar membangun dibanding YouTube yang lini komentarnya sering ditemukan komentar kasar atau negatif lain yang tidak tersaring. Untuk masalah kualitas streaming, Vimeo juga mendukung kualitas video hingga 4K.

2. Metacafe

metacafe

Metacafe adalah salah satu pemain lama di dunia streaming video. Aplikasi yang juga memiliki situs streaming ini menyediakan jutaan video durasi pendek yang dibagi ke dalam beberapa kategori seperti game, musik, film, dan lainnya.

Seperti Youtube, kamu juga bisa menonton video beresolusi tinggi, dan kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menyediakan konten video pada situs ini. Syaratnya, pendapatan akan datang jika kita menyediakan video yang ditonton lebih dari 20.000 viewers.

3. Dailymotion

dailymotion 

Dailymotion sebenarnya tidak berbeda dengan Vimeo dan Metacafe. Di mana Dailymotion adalah situs dan aplikasi streaming video saingan YouTube yang memiliki tampilan yang mirip dengan situs itu. 

Untuk urusan tampilan, Dailymotion sangat mirip seperti YouTube, karena menyediakan trending videos pada halaman utama dan punya filter pemisahan konten video.

Dailymotion sendiri adalah situs video streaming asal Prancis. Di sini kita bisa menikmati streaming video berkualitas hingga 720p. Ramainya pengunjung di Dailymotion adalah karena para pengunjung di sana biasanya adalah mereka yang tidak bisa menonton video-video di YouTube karena masalah hak cipta atau usia di bawah 18 tahun.

Walau begitu, tetaplah menonton video yang sesuai dengan usia kamu ya.

4. Twitch

twitch

Aplikasi streaming video Twitch lebih dikhususkan untuk gamer karena berisikan berbagai macam video seperti live streaming bermain game dan juga terdapat video live streaming untuk membahas suatu game tertentu.

Kita juga bisa melakukan chatting dengan para gamer lain yang menggunakan Twitch untuk mencari referensi. Tak lupa, kita pun bisa mengunggah video sendiri ke dalam Twitch.

Tapi, bila ingin tetap streaming game menggunakan Youtube, kamu bisa membacanya di artikel Cara Live Streaming Game Android dengan YouTube Gaming

5. Vidio

vidio

Vidio adalah layanan streaming video lokal dari Emtek Group. Secara keseluruhan, Vidio tidak jauh berbeda dari Youtube yang menampilkan berbagai macam video seperti sinetron, serial tv, film, musik, dan lainnya.

Selain itu, Vidio juga banyak ikut mengorbitkan banyak artis lokal dengan menampilkan video yang berhubungan dengan mereka di sana. Vidio sendiri menerapkan sistem berlangganan didalam layanannya.

Jadi, Mau Streaming di Mana?

Itulah 5 aplikasi streaming video terbaik selain YouTube yang bisa kamu coba. Semua situs itu sangat kami rekomendasikan jika kamu ingin mencari video berkualitas selain Youtube.

Satu hal yang pasti, tetaplah menonton video yang kontennya positif dan gunakan situs tersebut sebaik mungkin untuk keperluan yang positif pula.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.