Diperbaharui pada Senin, 9 Januari 2023 | 12:04

Daftar Aplikasi Partisi Harddisk, Tanpa Bayar, Iklan dan Spam

Harddisk merupakan salah satu komponen pada komputer yang berfungsi untuk media penyimpanan. Dalam penggunannya, kita bisa membagi kapasitas harddisk tersebut menjadi beberapa bagian. Nah, pembagian inilah yang dinamakan partisi.

Untuk mempartisi harddisk diperlukan aplikasi atau juga bisa menggunakan program bawaan dari Windows. Tapi, melalui artikel ini, kami akan membahas aplikasi partisi harddisk gratis terbaik yang bisa Anda gunakan. Apa saja aplikasinya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard merupakan salah satu aplikasi gratis yang memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. MiniTool Partition Wizard dapat memformat, menghapus, resize, split, merge dan meng-copy partisi harddisk Anda.

Tidak hanya itu, MiniTool Partition Wizard juga dapat memeriksa system file yang mengalami error, menjalankan surface test, me-wipe partisi dengan berbagai metode sanitasi dan align partisi.

Yang menarik, MiniTool Partition Wizard juga bisa memindahkan OS dari satu harddisk ke harddisk lainnya. Untuk menjalankan aplikasi ini, minimal Anda harus menjalankan sistem operasi Windows XP. Selain versi gratis, MiniTool Partition Wizard juga terdapat versi berbayar yang pastinya memiliki fitur yang lebih banyak.

Download MiniTool Partition Wizard gratis

2. Active@ Partition Manager

Active@ Partition Manager juga masuk dalam jajaran aplikasi partisi harddisk terbaik. Fitur-fitur yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan MiniTool Partition Wizard. Aplikasi ini juga mendukung format disk pada umumnya seperti FAT, NTFS, HFS+ , EXT2, EXT3 dan EXT4.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk backup, meng-convert MBR dan GPT , membuat partisi FAT32 sampai dengan 1TB, serta merubah boot records.
Pastikan OS yang Anda gunakan adalah Windows 10, 8, 7, Vista atau XP sebelum menggunakan aplikasi ini. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil hanya 19.5 MB saja.

Download Active@ Partition Manager gratis

3. AOMEI Partition Assistant Standard Edition

AOMEI Partition Assistant Standard Edition juga bisa menjadi pilihan Anda untuk mempartisi harddisk. Fiturnya antara lain adalah me-resize, merge, split, recover dan membuat partisi baru. Anda juga dapat membuat bootable Windows dan memindahkan OS dari harddisk ke harddisk lain.

Beberapa fitur di AOMEI Partition Assistan Standard Edition terbatas dan hanya ditawarkan di versi berbayar dan profesional. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk mengkonversi antara partisi primary dan logical.

Download AOMEI Partition Assistan Standard Edition gratis

4. GParted

GParted juga masuk ke jajaran aplikasi partisi harddisk terbaik namun juga yang termasuk rumit untuk digunakan karena Anda harus membuat bootable disc nya terlebih dahulu. Tapi walaupun dijalankan melalui bootable disc, GParted memiliki fitur dan interface seperti aplikasi lainnya.

GParted juga dapat memformat sistem EXT2, EXT3, EXT4, NTFS, FAT16, FAT32 dan XFS. Salah satu yang menjadi kekurangan aplikasi ini adalah ukuran filenya yang cukup besar yakni 300MB.

Download GParted gratis

5. Cute Partition Manager

Sama seperti GParted, untuk menggunakan Cute Partition Manager Anda juga harus membuat bootable disc nya terlebih dahulu yang artinya Anda dapat menjalankan aplikasi ini walau perangkat komputer Anda tidak memiliki OS.

Cute Partition Manager dapat digunakan untuk merubah file system, membuat atau menghapus partisi. Aplikasi ini juga tidak memerlukan mouse untuk mengoperasikannya. Anda cukup menggunakan keyboard.

Download Cute Partition Manager gratis

6. Macrorit Partition Expert

Macrorit Partition Expert merupakan salah satu aplikasi partisi harddisk yang paling mudah untuk digunakan. Selain tampilannya yang bersih, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Seperti aplikasi partisi lainnya, Macrorit Partition Expert memiliki fitur seperti me-resize, move, delete, copy, format dan wipe sebuah harddisk. Aplikasi ini juga dapat mengkonversi antara partisi primary dan logical bahkan menjalankan surface test. Selain gratis, Macrorit Partition Expert juga tersedia dalam versi portable.

Download Macrorit Partition Expert gratis

Nah dari deretan aplikasi partisi harddisk gratis di atas, mana yang Anda gunakan?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.