Diperbaharui pada Jumat, 23 Juni 2023 | 17:03

Gamer Butuh Ini! 6 Aplikasi Gratis Cek Suhu Untuk CPU dan GPU

Aplikasi Cek Suhu PC

Memonitor suhu perangkat pada komputer dan laptop kita merupakan salah satu hal yang wajib kita lakukan. Untungnya banyak developer yang menghadirkan aplikasi untuk mengukur suhu CPU, GPU bahkan hardware lainnya.

Fungsi aplikasi pengukur suhu CPU dan hardware lainnya sebenarnya sangatlah penting. Dengan aplikasi ini kita dapat mencegah komputer dan laptop kita dari overheating.

Nah, mari kita simak aplikasi terbaik untuk mengukur suhu pada komputer dan laptop Anda di bawah ini:

1. HWMonitor

hwmonitor

HWMonitor merupakan salah satu aplikasi gratis yang paling simple untuk digunakan. aplikasi pengukur suhu komputer buatan CPUID ini dapat memonitor suhu motherboard, prosesor, harddisk dan GPU.

Tidak hanya suhu, tapi HWMonitor juga menampilkan berapa voltase dan berapa watt yang digunakan oleh prosesor. Anda juga dapat mengekspor data yang telah dimonitor kedalam text document

Jika Anda butuh aplikasi pengukur suhu yang tidak merepotkan, HWMonitor adalah jawabannya. Anda dapat download HWMonitor gratis di website resminya.

2. Real Temp

Real Temp juga merupakan aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengukur suhu hardware pada perangkat komputer atau laptop. Khususnya bagi Anda yang menggunakan prosesor Intel, aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat.

Real Temp kompatibel untuk prosesor single core, dual core, quad core, i3, i5, i7 dan i9. Real Temp akan menampilkan suhu prosesor Anda secara real time. Real Time juga akan menampilkan suhu terendah dan suhu tertinggi sejak Anda menghidupkan komputer Anda.

Anda juga bisa mengaktifkan alarm untuk memberitahu jika suhu pada hardware terlalu tinggi. aplikasi Real Temp bisa Anda dapatkan secara gratis melalui tautan ini.

3. Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor sebenarnya sama saja dengan HWMonitor namun dengan tambahan fitur. Selain menampilkan berapa suhu pada hardware Anda, Open Hardware Monitor juga menampilkan frekuensi prosesor dan GPU, informasi RAM, bahkan status pada harddisk atau SSD Anda.

Open Hardware Monitor juga dapat dikustomisasi misalnya bisa me-rename atau menyembunyikan value dan merubah offset. Anda dapat unduh Open Hardware Monitor secara gratis di website resminya.

Pastikan Anda menjalankan aplikasi ini sebagai Administrator agar dapat menggunakan fitur secara keseluruhan.

4. Speedfan

Speedfan merupakan salah satu aplikasi gratis lawas bahkan sebelum ada Windows XP, aplikasi ini sudah lahir. Selain bisa menampilkan suhu prosesor, kecepatan fan dan tegangan, Speedfan dapat Anda gunakan untuk mengontrol kecepatan fan pada komputer Anda. Anda juga akan mendapatkan notifikasi jika suhu prosesor terlalu tinggi.

Speedfan juga memiliki fitur grafik yang berguna untuk Anda menganalisa lebih dalam suhu dan tegangan pada hardware. Anda dapat mendapatkan aplikasi Speedfan secara gratis dengan meng-klik tautan ini.

5. CPU Thermometer

CPU Thermometer adalah aplikasi untuk memonitor suhu hardware paling minimalis dan paling mudah digunakan. aplikasi ini hanya menampilkan informasi suhu pada prosesor. Saking minimalisnya, CPU Thermometer hanya berukuran kurang dari 300KB saja.

Untuk Anda yang hanya ingin tahu berapa suhu pada prosesor, CPU Thermometer adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Download gratis CPU Thermometer dan mulai ukur suhu pada hardware Anda.

6. AIDA64 Extreme

aplikasi terakhir untuk mengecek suhu CPU dan hardware lain yang dapat Anda coba adalah AIDA64 Extreme. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang memang senang mengutak-atik komputer atau laptop Anda karena selain bisa mengukut suhu tiap hardware, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mem-benchmark perangkat Anda.

Tak heran, ukuran aplikasi ini jauh lebih besar dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, yakni hampir 50MB. Dengan AIDA64 Extreme, Anda juga dapat melihat performa RAM dan GPU serta mendeteksi apakah ada masalah pada perangkat tersebut.

Antar muka AIDA64 Extreme hampir mirip dengan Microsoft Console Management. AIDA64 Extreme dapat Anda unduh secara gratis untuk trial selama 30 hari.

Nah sekian ulasan mengenai aplikasi-aplikasi terbaik untuk mengecek dan memonitor suhu CPU dan hardware lainnya pada komputer atau laptop Anda. Ada baiknya Anda menginstall salah satu dari aplikasi di atas agar tidak terjadi overheating pada perangkat Anda.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.