8 Aplikasi Remote Drone Terbaik untuk Android di 2018

Oleh Wiro updated Jumat, 10 Agu 2018 | 01:20

drone
Cara menerbangkan sebuah drone bukan hanya mengandalkan keahlian intuisi, tetapi pilot drone juga harus memahami aplikasi drone mana yang tepat untuk Anda. Menariknya, aplikasi drone ini tersedia untuk perangkat berbasis Android (tablet atau hp).

Sehingga memudahkan Anda untuk menginstal dan mengoperasikannya. Saat ini tersedia beberapa aplikasi drone yang menawarkan fitur dan kelebihan masing-masing. Tapi perlu Anda ketahui juga bahwa tak semua aplikasi ini terpasang di hp Android Anda, cukup pilih mana yang lebih nyaman.

Tidak hanya itu, aplikasi remote drone untuk Android yang dipilih setidaknya harus mampu mewakili keperluan Anda untuk mengabadikan momen lewat udara. Yang juga tak kalah penting untuk Anda ketahui juga adalah, drone tak hanya mampu untuk mengabadikan momen lewat piranti lunak, tapi juga adu cepat antar drone.

Nah, untuk kebutuhan balapan drone maka piranti lunak yang Anda perlukan juga berbeda. Begitu juga dengan keperluan lain yang memerlukan aplikasi drone serta hardware tambahan, jika merasa diperlukan maka Anda bisa memilah mana yang akan dipasang untuk membantu menerbangkan drone sesuai dengan keinginan.

Tapi sebelum Anda terbang dan memasang aplikasi kamera drone untuk Android, dianjurkan untuk lebih dahulu membenamkan aplikasi peta berupa Google Earth. Karena ini diperlukan untuk proses memberikan perintah dan area lokasi terbang.

Meski tak terlihat penting, namun untuk dokumentasi perekaman dan melihat asal file serta enkripsi lokasi serta waktu perekaman gambar maka hal ini diperlukan karena Google Earth akan memberikan tanda atau marking setiap perekaman yang dilakukan meski tida tampil pada layar perekaman.

Berikut adalah beberapa aplikasi remote drone di Android yang wajib diketahui dan dicoba : 

1. Airmap

AirMap adalah penyedia data dan layanan aeronautika untuk pesawat tak berawak atau drone. Anda bisa menggunakan AirMap melalui device bersistem operasi Android untuk mengakses beberapa hal untuk drone, seperti memberikan saran ketinggian udara low-altitude, membuat sebuah track penerbangan baru, mendapatkan pemberitahuan digital di perangkat android yang digunakan dan keperluan lainnya.

Fitur aplikasi remote drone AirMap yang wajib diketahui pilot drone :

  • Pengaturan yang diberikan tersegmentasi sesuai dengan wilayah terbang berdasarkan konteks misi Anda dengan aturan main terlokalisir negara dimana tempat Anda menerbangkan drone. Beberapa negara yang banyak menggunakan ini adalah Jerman, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.
  • Tampilan peta vektor super cepat
  • Memberikan tampilan profil pilot
  • Dapat mengelola pesawat UAV atau drone
  • Meminta otorisasi wilayah udara di wilayah terbang
  • Mengirimkan pemberitahuan penerbangan secara digital ke bandara jika diperlukan agar memberikan keamanan ketika terbang
  • Dapat melihat lansiran lalu lintas real-time
  • Dapat beralih antara empat gaya peta yang berbeda
  • Mampu mencari peta dengan tempat atau lokasi

2. B4UFly

Meski tak harus terpasang oleh para pilot drone di Indonesia, namun perlu Anda ketahui bahwa ini adalah aplikasi drone yang terintegrasi dengan kebijakan undang-undang FAA tentang kewenangan terbang, termasuk drone.

Nah, dengan aplikasi kamera drone khusus untuk Android ini, Anda akan diberitahu di mana dan kapan bisa terbang. Konon, aplikasi ini menyediakan salah satu daftar bandara paling rinci di sekitar, menampilkan radius 5 mil dari masing-masing area terbang.

Aplikasi B4UFLY menyediakan model pengguna pesawat terbang tanpa awak dengan kesadaran situasional dan mempertimbangkan lokasi pengguna saat ini atau lokasi yang direncanakan sehubungan dengan pembatasan operasional untuk mendapatkan indikator status tertentu.

Fitur aplikasi remote drone B4UFLY ini meliputi:

  • Heads-Up Status View untuk melihat "sekilas" mengenai status saat ini
  • Map Interface untuk merencanakan pembatasan penerbangan di dekatnya
  • Mode Perencana - fitur pengguna tingkat lanjut untuk "merencanakan" lokasi dan waktu penerbangan yang berbeda
  • Dilengkapi tautan bermanfaat untuk menggunakan aplikasi B4UFLY dan sumber daya FAA tambahan

3. HOVER

Hover adalah aplikasi drone yang tersedia di Play Store yang sebelumnya tak dianggap. Tetapi setelah melakukan pembaharuan seperti Airmap, maka fitur yang dimiliki boleh dibilang tak lagi 'kacangan', diantaranya adalah bisa memberikan informasi pemetaan dan lokasi, kemudian menambahkan info cuaca.

Tak hanya itu, Hover juga bisa memberi tahu Anda apakah aman untuk terbang. Mengambil jarak pandang, angin, lokasi dan lebih banyak pertimbangan, Hover mungkin bukan satu-satunya aplikasi pesawat tak berawak yang Anda butuhkan, namun jika tetap menggunakan satu saja, aplikasi seperti ini tentunya merupakan rekomendasi untuk pilot drone.

4. DroneDeploy

Berikutnya ini adalah aplikasi kamera drone yang awalnya juga tidak menjadi rekomendasi. Tetapi setelah menelisik lebih dalam, ternyata DJI menggunakan aplikasi ini, dan ternyata aplikasi ini boleh dibilang cukup baik dan layak untuk dipelajari atau dikenal oleh para pilot drone.

Jika memiliki DJI dari Phantom 3 dan yang lebih baru, DroneDeploy bisa dijadikan sebagai pengendali alternatif untuk mesin terbang Anda. Aplikasi drone ini menyediakan perencanaan penerbangan yang canggih dan kontrol otonom untuk pesawat tak berawak Anda.

Pilih jalur koordinat dan tontonan pesawat terbang dengung Anda, mintalah aplikasi mengendalikan eksposur kamera saat dalam perjalanan dan banyak lagi.

5. UAV Forecast

Kali ini aplikasi kamera drone yang kami tampilkan agak berbeda, ini lebih fokus pada kondisi cuaca yang ada di lokasi terbang. Dengan fokus hampir seluruhnya pada cuaca, UAV Forecast berupaya memberikan informasi angin dan cuaca yang terperinci untuk membantu Anda memutuskan apakah aman untuk terbang.

Pengoperasiannya juga sangat mudah, cukup utarakan lokasi pada aplikasi parameter drone Anda, kemudian UAV Forecast sebagai aplikasi panduan para pilot drone sebelum terbang ini dapat dengan cepat menunjukkan apakah hari ini adalah hari atau tidak untuk terbang.

Berbagai info percontohan disediakan, termasuk kecepatan dan arah angin, angin dingin dan suhu, tutupan awan, jarak pandang dan banyak lagi. Tak mau kalah dengan aplikasi lain di luar sana, UAV Forecast juga menyediakan pemetaan dengan zona lalat yang tidak terlihat.

6. Kittyhawk

Aplikasi remote drone ini juga tak berbeda dengan UAV Forecast, aplikasi ini memiliki peta dengan daftar zona terbang, memetakan dengan informasi lalu lintas udara aktif. Aplikasi drone terbaik untuk Android ini juga menyimpan log penerbangan dan membantu melacak drone Anda, sehingga aplikasi ini wajib diketahui oleh pilot drone di Indonesia.

Kittyhawk adalah aplikasi dan platform yang kuat, termasuk segala hal mulai dari pemeriksaan pra-penerbangan sampai analisis pasca-penerbangan. Kittyhawk adalah aplikasi ambisius dan platform yang siap mengantarkan Anda ke udara dan memanfaatkan sebagian besar waktu Anda ketika mengudara bersama drone untuk mengabadikan gambar dengan akurasi cuaca yang bagus agar hasil lebih maksimal.

7. Pix4D

Untuk aplikasi pengendali drone ini, Anda harus lebih berhati-hati untuk mengunduh, pasalnya, aplikasi bebas bayar ini sebenarnya menyimpan fitur lebih paten tetapi Anda bisa mendapatkan dengan cara berbayar untuk mendapat layanan lebih dari salah satu rekomendasi aplikasi kamera drone yang bisa Anda dapatkan.

Pix4D dilengkapi pemetaan 3D yang hebat untuk drone. Sama seperti DroneDeploy, Pix4D menawarkan rutinitas penerbangan yang dapat diprogram untuk banyak pesawat terbang populer, (bukan hanya DJI), kemudian mampu merekam data pencitraan untuk keluaran 2D dan 3D lanjutan.

Sayangnya, setelah melakukan perekaman, proses editing atau post processing memerlukan beberapa perangkat lunak mahal di PC untuk mendapatkan hasil maksimal dari ini, namun jangan khawatir karena hasilnya cukup apik setidaknya dalam pengertian pemetaan 3D komersial/ bisnis.

8. Litchi For DJI

Jika Anda tak ingin menggunakan aplikasi 'bawaan' untuk DJI drone, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi kamera drone berikut ini. Beberapa tipe yang bisa diterbangkan adalah DJI Mavic Pro, DJI Spark, DJI Phantom series drone dan banyak lagi.

Sebagai rekomendasi terakhir para pilot drone untuk mengetahui aplikasi yang baik, Litchi untuk DJI adalah aplikasi yang kuat yang mempertahankan nuansa yang sama dengan aplikasi DJI. Pada dasarnya, jika Anda mencari aplikasi DJI terbaik Litchi layak dipertimbangkan.

Penerbangan dan fungsionalitas VR/ FPV built-in adalah faktor kunci dari Litchi. Untuk bisa mengoperasikan dengan lengkap, aplikasi pengendali ini ditawarkan berbayar dengan harga $ 24,99.

Kesimpulan

Dalam ulasan ini kami coba menyuguhkan beberapa pilihan aplikasi remote drone untuk keperluan perekaman gambar. Namun semua ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pilot drone, termasuk memiliki selera yang berbeda dalam mengabadikan momen di udara.

Semoga bermanfaat!

Komentar