Diperbaharui pada Jumat, 29 Desember 2017 | 11:48

Kumpulan Game Gratis Terbaik 2017 dan 2018

Salah satu daya tarik utama sebuah game untuk dimainkan adalah karena gratis. Meskipun masih semi berbayar, namun biasanya game yang untuk instalasinya gratis lebih banyak diminati pengguna smartphone. Untuk urusan ‘in-app purchase’ masih bisa dinego, alias kalau memang tidak punya uang tidak usah membeli.

Game gratis pun kini kualitasnya sudah semakin bagus, tak kalah dengan game premium. Lantas, game-game gratis terbaik apakah yang sudah hits di tahun 2017 ini serta game-game gratis apa yang layak untuk ditunggu tahun 2018 nanti? Berikut daftarnya.

Game Gratis Terbaik 2017

1. Hearthstone: Heroes of Warcraft

Hearthstone: Heroes of Warcraft
via ytimg.com

Game ini sudah dirilis sejak tahun 2014. Namun hingga kini game ini selalu menjadi game favorit untuk dimainkan di piranti mobile. Selain karena gratis, game Heartstone : Heroes of Warcraft ini juga menghadirkan game play yang menantang terutama bagi mereka yang suka bermain strategi dan fantasi.

Di game ini pemain akan bermain sebagai seorang hero yang berjuang di alam liar dunia Warcraft. Game kartu yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment ini sendiri sudah meraih berbagai penghargaan seperti The Game Award untuk Game Mobile Terbaik serta penghargaan Video Game BAFTA untuk Multiplayer.

2. Alto’s Adventures

alto's adventure
via altosadventure.com

Game runner yang sudah dirilis sejak tahun 2015 untuk platform iOS ini memang sangat adiktif. Setahun kemudian Snowman sebagai pengembangnya membuat Alto’s Adventures bisa dimainkan di Android dan Windows dan membuat game ini semakin banyak penggemarnya dan dimainkan oleh jutaan pengguna piranti mobile di seluruh dunia.

Game gratis ini cukup santai di mana pemain akan menjadi gembala yang kehilangan hewan piaraannya, Llama. Pemain harus mengejar hewan tersebut dengan cara ski dan menggunakan papan luncur salju miliknya. Tentu saja sembari mengejar Llama, si gembala bisa mengumpulkan emas yang tentunya bisa menambah nilai. 

3. Pokemon Go

pokemon go
via gameranx.com

Salah satu game terbaik dan paling populer setahun terakhir ini. Game virtual reality ini menjadi salah satu fenomena sejak diluncurkan pertengahan tahun 2016 silam. Tuntutan permainan untuk turun ke jalan dan berburu boneka Pokemon yang bisa muncul di mana saja dan kapan saja menjadi demam tersendiri bagi para pemainnya.

Dalam 24 jam setelah dirilis, Pokemon Go berhasil meraih posisi ‘Top Grossing’ atau paling populer serta ‘Free’ atau gratis di App Store. Tak hanya itu, game ini juga menjadi game tercepat untuk masuk ke jajaran atas di App Store dan Google Play mengalahkan Clash Royale.

4. Clash Royale

clash royale
via clashroyale.com

Menjadi penerus game populer Clash of Clans, Clash Royale dari Supercell ini langsung melejit menjadi game gratis yang menjadi favorit para gamer piranti mobile. Clash of Royale lekat dengan tampilan Clash of Clans, baik dari karakter hingga elemen permainan.

Game yang dirilis awal tahun 2016 ini merupakan game strategi head to head dimana dua pemain akan berduel menghancurkan markas satu sama lain. Pemain harus merobohkan beberapa bangunan statis yang telah diposisikan dalam sebuah arena kecil seperti permainan line defense.

Permainan ini menggabungkan unsur-unsur dari permainan kartu yang dikumpulkan, pertahanan menara dan arena pertarungan online multiplayer. Game ini sangat populer dan di Google Play saja game ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. 

5. Shadowblood : SEA

shadowblood
via shadowblood.lyto.mobi

Game besutan Lyto Mobi ini masuk dalam jajaran game gratis dengan grafis terbaik yang ada di piranti mobile saat ini. Game bergenre action-RPG yang diluncurkan belum lama ini mengisahkan seekor naga bernama Arcand yang awalnya baik dan menjadi penjaga perdamaian dua benua bernama Narr.

Namun Arcand kemudian dikutuk oleh Dewa Kegelapan, Belzav, menjadi jahat. Para pahlawan dari Benua Narr kemudian berkumpul untuk berjuang melawan Arcand. Game ini sarat dengan permainan berkecepatan tiada batas, skil yang keren, karakter unik, dan tentunya visual yang memukau.   

6. Fallout Shelter

fallout shelter
via googleplay

Game simulasi gratis ini memang menarik untuk dimainkan. Dikembangkan Bethesda Game Studios dengan bantuan Behavior Interactive dan diterbitkan oleh Bethesda Softworks ini diluncurkan bertahap untuk platform-platform yang berbeda.

Jika iOS pada bulan Juni 2015, Android bulan Agustus 2015, Microsoft Windows bulan Juli 2016 maka Xbox One mendapatkan game ini pada Februari 2017. Game ini menuntut pemain untuk membangun dan menata kubah perlindungan mereka, mengambil orang yang selamat yang disebut dengan Dwellers serta menciptakan ekosistem yang berkembang. Tentu saja ada hambatan yang harus dihadapi, misalnya api, penggerebegan orang-orang jahat, dan sebagainya.

7. Drift Max Pro

Drift Max Pro
via ytimg.com

Salah satu game yang populer di tahun 2017. Belum lama dirilis game ini sudah dimainkan di Android dengan jumlah instalasi lebih dari 1 juta kali. Game ini merupakan game balap mobil yang dibesut Tiramisu yang sebelumnya juga sudah merilis game Drift Max. Game ini menggunakan konsep Drift Racing dengan kontrol yang sangat mudah, baik kontrol klasik maupun modern.

Pemain bisa membeli mobil balap sesuai dengan uang dan gold yang dimiliki dan juga bisa mengupgrade mesin, mengganti ban, veld, cat dan sebagainya agar mobil terlihat lebih menarik, serta tentunya memiliki kecepatan yang maksimal.

Pemain juga bisa memilih kamera untuk menentukan bagaimana melihat track yang akan dilalui, baik dari dalam maupun dari luar kokpit.  

Game Gratis yang Layak Ditunggu 2018

1. Jumanji : The Mobile Game

Jumanji : The Mobile Game
via ytimg.com

Game gratis yang dibesut NHN Entertainment ini sudah diluncurkan 14 Desember lalu yang pastinya bisa menjadi game favorit yang akan menemani Anda sepanjang tahun 2018 nanti. Game monopoli yang disesuaikan dengan film Jumanji : Welcome to The Jungle yang baru saja ditayangkan serentak di bioskop-bioskop tanah air ini cukup mengasikkan dan tak kalah dengan petualangan di filmnya.

Berbeda dengan game Jumanji sebelumnya yang hanya menampilkan board game, game terbaru ini lebih kompetitif dengan menghadirkan permainan board game dengan pertarungan 1 lawan 1 secara real time dengan pemain lain.

2. Harry Potter : Wizard Unite

Harry Potter : Wizard Unite
via nianticlabs.com

Game virtual reality Harry Potter : Wizard Unite ini sudah ditunggu-tunggu para fans Harry Potter di seluruh dunia. Menjanjikan petualangan seru seperti pada game Pokemon Go, game yang juga dikembangkan oleh Niantic ini segera akan dirilis tahun 2018 nanti.

Selain karena game play yang dijanjikan akan sangat seru dalam menggabungkan dunia nyata dan dunia sihir melalui teknologi virtual relality, game ini juga bisa didapatkan secara gratis melalui toko online. Jadi para penggemar Harry Potter, bersiapkan untuk mendapatkan pengalaman sihir yang mencengangkan di sekitar Anda.  

3. Soul Worker

soul worker
via ytimg.com

Game online aksi fantasi berbasis PC yang rencananya akan dirilis tahun 2017 ini mundur dan baru akan diluncurkan tahun 2018 nanti. Game model anime Jepang ini memang cukup banyak ditunggu para pecinta game online karena selain tampilannya yang asik karena mirip anime, juga karena game playnya yang menarik.

Di game ini pemain akan berperan sebagai remaja cenayang yang menggunakan emosinya atau jiwanya untuk memberi semangat Soul Worker mereka. Soul Worker sendiri merupakan semacam senjata yang merepresentasikan kelas-kelas yang berbeda. Pemain bisa memilih macam-macam senjata tersebut.

Pertarungan bisa terjadi di panggung atau di labirin dengan beberapa elemen yang berubah seperti tingkat kesulitan, musuh dan teka-teki. Pemain juga dihadapkan pada lingkungan yang berbahaya seperti atap yang roboh dan sebagainya. Di sini pemain bisa memukul beberapa musuh dalam satu pukulan dan mengeksekusi combo yang mengesankan. 

4. The X-Files : Deep State

The X-Files : Deep State
via androidauthority.net

Bagi penggemar misteri khususnya serial The X-Files pasti sudah tak sabar ingin melibatkan diri untuk memecahkan misteri tentang alien melalui game ini. Jangan khawatir karena game misteri ini segera akan dirilis awal tahun depan. 

Di sini pemain akan diajak untuk terlibat sebagai agen khusus FBI yang harus mengungkap teka-teki keberadaan makhluk asing yang menginvasi bumi. Pemain akan menyelesaikan puzzle, menginterogasi saksi dan tersangka, menemukan petunjuk tersembunyi, dan sebagainya.

Game mobile yang akan tersedia untuk Android dan iOS ini bisa didownload gratis dengan update tiap bulannya, meskipun ada fitur pembelian dalam aplikasinya.

5. My Tamagochi Forever

My Tamagochi Forever
via mytamagochiforever.com

Anda generasi 90-an pasti ingat dengan permainan Tamagochi yang sangat populer di jaman itu. Di piranti mobile sendiri game merawat makhluk peliharaan ini hadir dalam beberapa versi. Dan untuk menyambut ulang tahun ke-20, Bandai Namco Entertainment akan merilis kembali game Tamagochi di awal tahun 2018 nanti.

Berjudul My Tamagochi Forever game simulasi ini akan menghadirkan permainan merawat hewan peliharaan seperti mainan Tamagochi yang sebenarnya. Yang paling menarik, game ini juga akan menghadirkan fitur Augmented Reality (AR).

6. Marvel Strike Force

Marvel Strike Force
via ytimg.com

Game seru yang akan dirilis di Android dan iOS tahun 2018 ini merupakan game RPG taktis dan bisa bermain dengan 5 teman sekaligus. Dengan tampilan visual yang keren, di game yang digarap FoxNext ini pemain bisa membentuk pasukan tempur yang anggotanya terdiri dari para jagoan maupun penjahat mulai dari Spider-Man, Groot, Rocket Raccoon, Elektra, Captain America, Hulk, Iron Man, sampai Loki dan Crossbones.

Marvel Strike Force sendiri menceritakan tentang bumi yang akan diserang oleh sosok bernama Ultimus, alien Kree Eternal dengan kekuatan memengaruhi pikiran. Setelah melewati Story Mode superhero dan supervillain, pemain akan memasuki cerita end game yang menyatukan mereka.

7. Runescape

Runescape
via runescape.com

Game klasik MMORPG ‘RuneScape’ akhirnya akan hadir dalam versi mobile untuk iOS dan Android tahun 2018 nanti. Sejak diluncurkan tahun 2001, game ini sudah memiliki penggemarnya sendiri terbukti dengan jumlah pemain yang teregistrasi sebanyak 200 juta akun.

Game ini menjadi menarik karena pemain dibebaskan untuk berpetualang sesuai dengan keinginannya sendiri. Pengembang game ini, Jagex, menjanjikan interface game yang akan lebih ditingkatkan dibanding versi PC agar permainan lebih optimal.

Pemain juga bisa mendapatkan sinkronisasi karakter game sehingga tidak akan ada perbedaan karakter baik di versi desktop maupun mobile.

Tertarik Memainkan Game-Game Terbaik Itu?

Sekarang, apa kamu tertarik untuk memainkan game-game tersebut. Tentu semuanya kembali kepada kamu, yang pasti game-game ini tidak akan mengecewakan. Yang penting mainnya jangan sampai lupa waktu. Jadi, selamat bermain!

Artikel baca juga:

Game Football Manager Mobile 2018 Rilis di Android dan iOS

Vivo V7 Mobile Legends Edition Dirilis dengan Mode Game Khusus

Kumpulan Game Offline Terbaik 2017 dan 2018

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts