Fitur-Fitur Tersembunyi di Google Maps yang Sangat Berguna

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 25 Jul 2017 | 12:40


Fitur-fitur yang ada di Google Maps versi mobile ternyata memiliki fitur yang sangat berguna dan akan menunjang mobilitas harian Anda.

Menjadi salah satu aplikasi default di platform Android, tentunya Anda tidak asing dengan Google Maps. Layanan ini memudahkan Anda bernavigasi, sekaligus mengetahui berbagai macam lokasi dan wilayah dari seluruh dunia.

Tidak hanya kemampuan diatas, ternyata Google Maps versi mobile memiliki fitur tersembunyi lainnya yang siap menunjang mobilitas harian Anda. Nah, apa saja fitur dari Google Maps tersebut? Ini dia daftarnya!

Informasi Jalanan Realtime


Google Maps versi mobile memiliki kemampuan untuk menginformasikan keadaan di suatu tempat sehingga Anda bisa melakukan langkah antisipasi seperti mencari jalan lain. Fitur ini pun memungkinkan Anda mengetahui traffic di suatu tempat agar bisa menghindarinya, sekaligus mengetahui jalur mana saja yang lancar dan dapat Anda lalui. Tanda garis merah menunjukkan kemacetan, sehingga Anda bisa menghindari jalur tersebut denga emilih jalur lain.

Simpan Peta Offline

Tidak hanya dapat diakses secara online, Google Maps versi mobile kini bisa Anda gunakan secara offline. Anda bisa memanfaatkan fitur download peta untuk mengetahui rute perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya saat akses internet terbatas. Tentunya, fitur ini pun akan sangat berguna saat Anda melakukan travelling.

Informasi KRL dan Bus Trans Jakarta

Untuk Anda pengguna Google Maps di Jakarta, tentunya fitur ini akan sangat berguna, terlebih jika Anda rutin menggunakan transportasi publik. Di Google Maps versi mobile ini, Anda bisa mengetahui stasiun terdekat dengan informasi penggunaan transportasi publik lengkap dengan rutenya secara akurat.

Rekomendasi Makanan dan Minuman


Saat Anda bingung memilih menu untuk makanan saat istirahat di kantor, Google Maps siap membantu Anda dengan memberikan rekomendasi mengenai tempat makan sesuai lokasi yang Anda inginkan. Dengan memilih fitur Tempat, Anda bisa memperoleh rekomendasi kafe, restoran ataupun tempat makan lain yang sesuai dengan budget.

Peta di Dalam Ruangan

Saat ini, Google mengklaim bahwa pihaknya sudah berhasil memetakan lebih dari 60 tempat yang ada di Indonesia. Dengan demikian, Anda bisa menjelajahi tempat seperti Museum Nasional, Jakarta Convention Center, Grand Indonesia maupuan Bandara Internasional Ngurah Rai hanya dengan memanfaatkan Google Maps.

Informasi Jalan Pintas


Saat mengakses Google Maps dan berada di lokasi tertentu, Anda bisa swipe layar ke atas untuk menemukan tiga buah tab berbeda. Tab tersebut berisikan informasi yang sangat bermanfaat, seperti keadaan lalu lintas, akses transportasi dan pilihan restoran atau kafe terdekat.

Simpan dan Share Tempat Favorit

Selain itu, pengguna Google Maps juga bisa membuat list mengenai tempat paling favorit seperti bar, restoran, toko pakaian dan lokasi lain yang sering didatangi sehingga lebih mudah saat ingin menuju salah satu tempat tersebut. Tidak itu saja, Anda pun bisa membagikan list tempat tersebut pada teman dengan sangat mudah.


Terhubung dengan Transportasi Online

Google Maps versi mobile juga mendapatkan update dengan  menambahkan fitur yang telah terhubung dengan transportasi online seperti Go-Jek, Uber maupun Grab. Dengan adanya fitur tambahan ini, Anda bisa melihat rute perjalanan berserta perbandingan tarif dari masing-masing transportasi online.

Fitur-fitur dari Google Maps diatas tentu saja siap memudahkan Anda saat diperjalanan, serta memperlancar mobilitas harian. Untuk mendapatkan keseluruhan fitur tersebut, silahkan update aplikasi Google Maps di hape Anda. Selamat mencoba!

Baca juga artikel :
Google Maps Kini Bisa Tampilkan Fitur Pemesanan Go-Jek, Grab Hingga Uber 
Update Google Maps Kini Hadirkan Jadwal TransJakarta dan Peta yang Lebih Baru 
Google Maps Android kini Bisa Digunakan Offline, Ini Caranya! 

 

Artikel Terkait

Komentar

Ceca Ceec Kamis, 10 Mei 2018 | 09:00
Mudahkan lah lokasi temam