Diperbaharui pada Senin, 29 Mei 2017 | 10:30

Mudik Nyasar Gara-gara Kuota Abis, Nih Aplikasi Peta Offline Buat yang Fakir Kuota

image via androidpit

Kelebihan dari semua aplikasi peta ini adalah dapat digunakan tanpa harus terkoneksi ke internet, sangat berguna untuk perjalanan mudik. 

Sebentar lagi kita bakal memasuki bulan puasa, dan beberapa pekan kemudian sudah siap-siap melakukan mudik bagi yang memiliki kampung halaman. Di era digital seperti saat  ini, rencana pulang ke kampung halaman yang diperlukan adalah Peta Offiline Mudik. Yaitu sebuah aplikasi peta atau penunjuk jalan di hape Android kamu supaya nanti tidak tersesat selama perjalanan jika menaiki kendaraan pribadi.

Bukannya tinggal ikuti saja jalur-jalur lalu lintas utama dan penunjuk jalan yang ada di sepanjang lintasan tersebut? Iya sih, kalau di waktu normal alias bukan saat musim mudik tak akan jadi masalah. Persoalannya, kapan sih jalanan lalu lintas itu tak padat saat musim mudik? Bakal repot nggak ketulungan kalau sampai terjadi kejadian ini. Kamu berada di atas kendaraanmu selama nyaris berjam-jam di jalanan terjebak kemacetan yang luar biasa gilanya.

Dan parahnya lagi, posisimu masih belum keluar dari kota tempat tinggalmu. Berapa banyak waktu yang sudah terbuang menunggu di jalanan? Berapa liter bahan bakar yang terpakai sia-sia karena kendaraanmu harus terus menyala biar secepatnya merangsek maju? Lebih apes lagi kalau mendadak paket kuota internetmu habis sehingga tak bisa mengakses aplikasi penunjuk arah sementara kamu ternyata bingung sedang berada di belahan bumi bagian mana. Itulah pentingnya memakai Peta Offile Mudik.

Dengan memakai Peta Offile Mudik, dijamin bakal meringankan beban kamu yang sering menjadi fakir kuota. Perjalananmu selama menempuh rute mudik pun bakal lancar karena masih bisa mengakses informasi jalur-jalur mana yang sekiranya bisa mempersingkat waktumu untuk lebih cepat sampai tujuan. Dari kegunaan utamanya saja sudah pasti akan memudahkan orang yang sering mengalami kebutaan arah apalagi jika dimanfaatkan demi mengakses rute-rute tercepat.

Selain itu, ingat juga bahwa perjalanan mudik ditempuh saat kamu sedang berpuasa. Sudah panas-panas, haus, laper, capek, banyak berkeringat, dan kudu menunggu waktu selama berjam-jam di atas kendaraan. Situasi itu bakal lebih gawat kalau kuota internetmu mendadak ludes. Jadi, aplikasi seperti apakah yang cocok bagi para pemudik yang sering menjadi fakir kuota ini?

Global Positioning System (GPS)

image via garmin

GPS adalah aplikasi yang dirancang sebagai penunjuk arah dan navigasi dari posisi pengakses hingga ke alamat lokasi yang hendak dituju. Dulu sekali, perangkat GPS hanya terpasang pada kendaraan mewah atau semacamnya karena masih tergolong teknologi yang terdepan di zamannya. Tetapi penggunaan GPS sekarang ini sudah sangat lumrah apalagi bisa kita pasang pada gadget Android berbagai merek.

Nah, tapi apakah benar adalah aplikasi GPS yang nantinya selalu bisa kita akses meski tak menggunakan koneksi internet? Bukannya aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk mengoleksi informasi dan diakses secepat mungkin oleh pemakainya? Sementara yang sedang kita cari kan Peta Offile Mudik, yang aslinya tanpa tersambung ke jaringan internet pun masih bisa kita gunakan.

Zaman sudah canggih, bro. Tentu selalu ada kemungkinan merancang aplikasi GPS yang disesuaikan pada konteks tempat di mana kita berada. Pertimbangannya sangat masuk akal juga. Karena fakta yang harus kita hadapi adalah masih banyaknya wilayah di Indonesia yang belum terkoneksi dengan jaringan internet secara optimal. Boro-boro urusan kuota internet kamu yang sering menipis. Baru saja di isi paket internet pun belum tentu bakal lancar jaya selama mengaksesnya di wilayah tertentu.

Apalagi kalau sudah bicara soal mudik, tujuannya pasti ke daerah-daerah yang rata-rata hampir tidak ada jaringan internet yang disebut stabil. Oleh sebab itulah tujuan dikembangkannya aplikasi GPS offline yang akan selalu mendampingimu dari titik lokasi awal keberangkatan sampai ke lokasi tujuan tanpa mengeluhkan kuotamu yang habis mendadak atau jaringan internet yang semrawut.

Jadi, apa saja nih aplikasi peta offline yang bisa kita manfaatkan selama perjalanan mudik?

App GPS Map Sygic and Navigation


Sebuah aplikasi yang bisa kamu sambungkan pada perangkat smartphone dan digunakan sepuasnya tanpa menggunakan koneksi internet. Bagaimana caranya? Kamu harus mengunduh dan menyimpan dulu data-data navigasi serta peta sebelum melakukan perjalanan. Simpan di kartu memory-mu dan langsung tancap gas saat hari keberangkatan. Berhubung data-data itu sudah tersimpan, maka tanpa perlu terkoneksi internet kamu masih bisa melaju dan memantau rute navigasi yang paling lancar dan cepat.

Aplikasi ini sudah dirancang dengan menerapkan teknologi POI (Point of View) yang memudahkan jarak pandangmu selama melaju di atas kendaraan dan mengecek rute-rute yang tepat. Kualitas grafisnya pun sudah HD dan kalau sedang menyetir mobil bisa ditancapkan langsung ke fitur bluetooth. Sebagaimana aplikasi pemandu arah, ada fitur navigasi suara yang kamu bisa atur sendiri dengan menggunakan beberapa pilihan bahasa. Perjalanan jadi lebih lancar tanpa harus menggerak-gerakkan jari tangan kamu di atas layar.

App GPS Here Maps


Selama menempuh perjalanan mudik, aplikasi ini juga menjadi pilihan yang cocok karena bakal menghemat pemakaian kuota internetmu atau bahkan tak perlu lagi disambungkan ke jaringan internet. Kabarnya, lebih dari seratus negara menggunakan aplikasi ini sebagai panduan penunjuk arah. Dilengkapi dengan peta penunjuk arah ke lokasi-lokasi vital selama perjalanan jauh seperti pusat perbelanjaan hingga bandara.

App GPS MapFactor

Peta Offile Mudik yang satu ini juga direkomendasikan karena selalu ada pembaruan data yang terus dilengkapi. Sebelum berangkat mudik, update dulu sepuasnya semua data dan simpan ke dalam kartu memory-mu. Dijamin setelah itu tak bakal kelabakan jika kuotamu habis selama menempuh perjalanan mudik hingga ke lokasi tujuanmu.

 
Baca juga artikel :
PetaBencana.id, Situs Pemantau dan Laporan Lokasi Banjir
Kumpulan Aplikasi Peta Android Terbaik September 2016
Aplikasi Peta Mudik Metro TV Bikin Mudik Kian Asyik

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.