3 Game Simulator Ini Asyik Dimainkan Saat Puasa, Seru dan Pasti Nagih!

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Selasa, 16 Mei 2017 | 02:34

Biasanya selama menjalani puasa di bulan Ramadhan, pastinya kamu akan memiliki banyak waktu luang. Mulai dari waktu berangkat ke kantor yang agak longgar, hingga jam pulang kerja yang lebih cepat dari biasanya.

Selain menggunakan waktu luang untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, Anda tentunya perlu kegiatan lain untuk menghabiskan waktu luang. Bagaimana jika main game simulator?

Jika game adalah salah satu kegemaran Anda, berikut kami berikan alternatif game simulator yang cocok untuk mengisi waktu luang kamu selama bulan Ramadhan.

1. Footbal Manager

Game keluaran Sport Interactive ini secara konsisten setiap tahun merilis game simulasi manajer sepakbola. Namun berbeda dengan game sepakbola pada umumnya, macam Pro Evolution Soccer atau FIFA yang mengedepankan grafik (dan selalu menjadi perdebatan para fanboy masing-masing), Football Manager menawarkan pengalaman yang jauh berbeda.

Bertema game simulasi, game Football Manager memberikan pendekatan dari sisi seorang manajer sepakbola. Bukan hanya sekedar melatih tim sepakbola, seorang manager punya tanggung jawab lebih dari itu. Ketika memulai permainan, Anda akan diperkenalkan sebagai manajer baru di tim Anda. Entah itu tim professional atau amatir, Anda akan bertemu dengan para pemilik klub membicarakan visi apa yang akan Anda bawa serta ekspektasi yang diharapkan pemilik club terhadap Anda.

Menyusun menu latihan, menentukan daftar starting line up sampai mengurusi transfer pemain akan menjadi kesibukan Anda setiap hari. Game Football Manager disebut-sebut sangat merepresentasikan keseharian seorang manajer klub sepakbola. Bahkan ada beberapa manajer di dunia nyata yang menjadikan game ini sebagai riset mereka untuk dapat melakukan scouting untuk mendapatkan pemain muda berbakat di masa mendatang.

Hal ini dikarenakan Sport Interactive sebagai pengembang mempunyai database yang cukup lengkap dan sistem scouting yang terorganisir secara rapi di berbagai belahan dunia. Untuk dapat memainkan seri terbaru Football Manager 2017 di laptop atau PC Anda, membutuhkan spesifikasi minimal sebagai berikut :

System requirement:

  • CPU: Intel Pentium 4 Intel core AMD Athion 2,2GHz+
  • CPU Speed: Info
  • RAM: 2GB
  • OS: Window: 7,8,8.1, 10, (64 or32 bit)
  • Video card: NVIDIA GeForce 8600M GT AMD/ATI Mobility Radeon HD 2400 Intel GMA X3100 256MB VRAM
  • Free Disk Space: 3GB

Bagi Anda yang menyukai sepakbola tak hanya sebagai permainan tapi juga menyukai seluk beluk sepakbola maka game ini pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang di bulan puasa Anda.

2. Euro Truck Simulator

Jika Anda seorang yang gemar melakukan liburan via jalur darat atau dengan mobil, maka Euro Truck simulator merupakan game yang cocok untuk Anda. Game ini memiliki banyak series, semenjak 2008 SCS Software selaku pengembang game ber-genre vehicle simulation game merilis game Euro Truck Simulator.

Mendapat respon yang cukup positif, maka dirilis series lanjutannya yaitu German Truck Simulator, UK Truck Simulator, Euro Truck Simulator 2 dan yang paling anyar adalah American Truck Simulator. Pada dasarnya game ini adalah game simulasi dimana Anda akan bekerja sebagai seorang supir truk.

Anda akan melakukan pekerjaan yang lazimnya dilakukan oleh para supir truck yaitu mengantarkan kargo ke terminal tujuan. Selain mengantarkan kargo ke terminal tujuan tepat waktu, kondisi muatan kargo juga akan menjadi perhatian.

Jika Anda mengantar kargo dengan ceroboh atau banyak mengalami kerusakan maka tentu akan membuat reputasi Anda sebagai supir truk menjadi buruk di mata klien. Namun jika Anda berhasil menyelesaikan pengiriman dengan hasil memuaskan maka Anda akan mendapatkan honor serta meningkatnya reputasi, yang membuat si supir dapat menaikan harga jasanya. Oleh karena itu, sisi realitas sangat di kedepankan dalam game ini.

Selama perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan yang mendekati kenyataan. Mulai dari kontur kota di Eropa yang sangat beragam serta tampilan jenis truk yang kita gunakan di desain sangat detail menyerupai aslinya. Untuk itu diperlukan spesifikasi PC/laptop yang cukup tinggi untuk dapat memainkan Euro Truck Simulator :

System requirement:

  • CPU: Dual Core CPU 2,4GHz+
  • RAM: 2GB
  • OS: Windows 7
  • Video card: GeForce GTS 450-class (Intel HD 4000)
  • Free Disk Space: 120 MB

3. The Sims 4

The sims merupakan salah satu game simulator paling populer dan dapat ditemui di semua platform. Mulai dari PC, Playstation, Xbox dan bahkan di smartphone Anda. Game yang dikembangkan oleh Electronic Arts ber genre Life Simulation games.

Di edisi The Sims paling akhir ini Anda akan merasakan pengalaman yang lebih baik dibanding edisi sebelumnya. The Sims 4 hadir dengan karakter yang lebih hidup. Akan terlihat emosi cukup nyata jika karakter merasa sedih, seperti mengeluarkan air mata. Dalam pembuatan karakternya Anda dapat menentukan jenis kepribadian, nama karakter, aspirasi Anda bahkan menyesuaikan suara si karakter.

Setelah selesai membuat karakter yang Anda inginkan, waktunya Anda berinteraksi dengan dunia luar. Mood si karakter akan berubah berdasarkan kebutuhan serta interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya adalah membuat hunian bagi si karakter. Anda dapat membuat mansion dengan bantuan tools, karakter di tuntut untuk dapat membangun rumah yang nyaman, namun dengan ruang yang agak terbatas, sehingga dibutuhkan kreativitas dan imajinasi dalam membangunnya.

Game ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mensimulasikan kehidupan fantasi Anda ke dalam sebuah game. Untuk dapat menjalankan The Sims 4 di PC/laptop Anda dibutuhkan spesifikasi sebagai berikut :

System requirement:

  • CPU: Intel Core 2 Duo E4300 or AMD Athlon 64 X2 4000+ (2.0 GHz Dual Core required if using integrated graphics)
  • RAM:2GB
  • OS: Windows XP
  • Video Card: NVIDIA GeForce 6600 or ATI Radeon X1300 or Intel GMA X4500
  • Sound Card: Yes

Setelah membaca review di atas, semoga Anda tidak bingung lagi, ya, mengisi waktu luang selama bulan Ramadhan. Namun, perlu diingat jangan lupakan kewajiban kita beribadah selama bulan Ramadhan ini ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel:
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2017! Jangan Sampai Nggak Sahur, Ya!
Ramadhan Telah Tiba! Ini Jadwal Puasa 2017 yang Perlu Kamu Tahu
Konsol Game Nintendo 2DS XL Dirilis Cuma Seharga Rp1,9 Juta

Artikel Lainnya

Komentar