Diperbaharui pada Rabu, 17 Maret 2021 | 10:56

7 Aplikasi Islami Pendamping Puasa Anak Selama Bulan Ramadan

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Pixabay

Ramadan adalah salah satu momentum yang tepat untuk memperdalam agama, tentunya di bulan ini, umat muslim menjadi dua kali lebih giat beribadah dan menguatkan imannya. Tak terkecuali bagi anak yang sedang belajar puasa Ramadan.

Selain hadirnya game islami, kehadiran aplikasi islami juga bisa menjadi salah satu cara agar anak bisa mendalami ilmu agama, dengan metode yang tidak besar, dan tentunya menyenangkan.

Aplikasi-aplikasi bernuansa islam ini bisa diunduh melalui smartphone, bahkan kalau ingin tampilan yang lebih besar, juga bisa menggunakan tablet, agar anak lebih mudah belajar.

Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa, ajak anak untuk belajar agama melalui aplikasi islami yang menjadi rekomendasi Pricebook berikut ini.

Belajar Menulis Hijaiyah

Foto: Google Play Store

Aplikasi Belajar Menulis Hijaiyah dapat membantu anak-anak mengenal dan menulis huruf hijaiyah. Fitur-fitur yang dihadirkan juga cukup beragam yakni animasi cara menulis, gambar objek sesuai dengan huruf yang sedang dipelajari dan terjemahan dalam bahasa indonesia.

Aplikasi ini memungkinkan para orangtua untuk mengajarkan anak agar lebih familiar dengan huruf hijaiyah, melalui tampilan yang menarik dan pilihan warna tulisan yang beragam.

Ini yang menjadi daya tarik utama aplikasi Belajar Menulis Hijaiyah, sehingga anak bisa semangat belajar, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Marbel Belajar Wudhu

Foto: Google Play Store

Sesuai dengan judulnya, aplikasi buatan Educa Studio ini menyediakan tata cara berwudhu. Setiap gerakan dalam wudhu disertai dengan animasi peraga sehingga memudahkan anak untuk mempraktikannya.

Tulisan latin di setiap bacaan doa juga memudahkan anak yang belum fasih membaca Al-quran. Aplikasi ini terbilang cukup populer karena tampilannya yang menarik.

Marbel Belajar Wudhu menyediakan fitur-fitur lain seperti urutan cara wudhu, tebak gerakan wudhu, pasangkan gerakan wudhu, dan tamping air. Selain seru, aplikasi ini juga menghadirkan ilmu yang bermanfaat.

Belajar Shalat

Foto: Google Play Store

Aplikasi puasa bagi anak berikutnya fokus untuk mengajarkan tentang cara shalat. Aplikasi Belajar Shalat sangat cocok untuk anak usia 4-8 tahun.

Selain berisi gerakan solat dan doanya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan narasi pendukung untuk memudahkan anak dalam memahami setiap gerakan salat.

Setelah belajar tentang tata cara shalat, orangtua dapat menguji pemahaman si kecil dengan permainan tebak gerakan. Permainan ini mengharuskan anak untuk memilih nama gerakan salat sesuai dengan gambar yang muncul pada panel.

Masih ada beberapa permainan lain yang terdapat dalam aplikasi ini seperti bersihkan Masjid dan menata Saf.

Doa Anak Muslim

Foto: Google Play Store

Aplikasi Doa Anak Muslim ini berisi kumpulan doa-doa pendek sehari-hari. Orangtua bisa mengajarkan anak berbagai doa seperti doa sebelum dan sesudah tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa ketika masuk dan keluar rumah dan masih banyak doa lainnya.

Walaupun tampilannya sederhana. Aplikasi puasa bagi anak ini cukup menarik perhatian si kecil dengan gambar-gambar pendukung pada setiap doa. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan keterangan yang berisi penjelasan setiap doa.

Kisah 25 Nabi dan Rasul untuk Anak

Foto: Google Play Store

Aplikasi Kisah 25 Nabi dan Rasul untuk Anak ini berisi kisah-kisah para nabi dan rasul, dan hadir dengan tampilan yang cukup menarik. Aplikasi ini sangat cocok menemani anak-anak menunggu waktu berbuka puasa.

Aplikasi ini dapat membantu para orangtua untuk mengajarkan anak tentang kisah-kisah para Nabi dengan berbagai mukjizatnya, hingga pelajaran lainnya yang berdampak dalam perkembangan peradaban di dunia.

Marbel Asmaul Husna

Foto: Google Play Store

Satu lagi aplikasi puasa bagi anak yang berguna untuk membantu orang tua dalam meningkatkan keimanan si kecil selama bulan Ramadan yakni Marbel Asmaul Husna.

Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Aplikasi Android gratis ini juga menyediakan berbagai permainan seru yang masih berkaitan dengan asmaul husna.

Menariknya, beberapa materi juga dilengkapi dengan narasi berupa audio, sehingga si kecil bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja. 

Belajar Agama Islam

Foto: Google Play Store

Aplikasi Belajar Agama Islam ini terbilang lengkap, dan kita bisa menemukan tidak hanya tentang tata cara wudhu dan salat, tetapi juga doa harian, Juz’amma, huruf hijaiyah dan banyak lagi.

Tampilan yang sederhana namun penuh warna membuat aplikasi ini cocok untuk anak-anak. Selain itu, anak  juga aklan menemukan berbagai hal pokok dalam islam seperti rukun iman dan rukun islam. Simpel dan lengkap.

Nah, itu dia daftar rekomendasi aplikasi islami yang dapat digunakan anak untuk belajar agama selagi menunggu waktu berbuka puasa. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan.

Like us!

Komentar