Diperbaharui pada Kamis, 15 Juni 2023 | 17:45

6 Aplikasi Mengetik di Hp yang Bisa Word, Excel dan PDF

Aplikasi Office Terbaik AndroidFoto: Pexels

Sebuah hp atau smartphone memang dihadirkan untuk membantu produktivitas kerja penggunanya. Itu sebabnya, hp kini dimanfaatkan untuk bekerja, seperti mengetik dokumen atau menghitung sebuah neraca keuangan.

Tapi, untuk bisa menulis sebuah dokumen, kita harus menggunakan aplikasi Word seperti yang ada pada sebuah laptop. Tidak perlu khawatir, karena aplikasi mengetik untuk hp ini sudah tersedia di PlayStore dan bisa didownload gratis.

Tidak hanya Word saja, tapi juga lengkap dengan dokumen spreadsheet hingga PDF. Untuk fiturnya, aplikasi Word untuk Android ini juga mirip dengan office untuk Windows.

Nah, dari sekian banyak aplikasi mengetik yang ada, Pricebook akan coba pilihkan aplikasi yang memiliki fitur lengkap. Apa saja pilihannya?

Aplikasi Mengetik untuk Hp

Berikut beberapa pilihan aplikasi mengetik mirip Word untuk hp yang bisa kamu coba.

1. WPS Office

WPS OfficeKebanyakan aplikasi microsoft word untuk perangkat Android hadir dengan fitur yang cukup lengkap sehingga membuat kapasitas aplikasi tersebut cukup besar.

Namun, bila kamu mencari aplikasi kantor dengan kapasitas yang kecil berkisar 25 MB, kamu bisa mencoba aplikasi WPS Mobile. Aplikasi ini menjadi aplikasi alternatif yang support berbagai fitur khas untuk bekerja.

Dalam WPS Mobile, kamu bisa mengedit dokumen hingga membuat persentasi dengan berbagai format file. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan untuk memudahkan pengguna smartphone bekerja layaknya di komputer.

Download WPS Office

2. Microsoft Word, Excel dan PowerPoint

Microsoft Word, Excel dan PowerPointKalau kamu pengguna setia komputer, tentu kamu akan sangat akrab dan terbiasa menggunakan Microsoft Office. Untungnya, untuk pengguna perangkat mobile, saat ini sudah hadir versi mobile dari aplikasi tersebut.

Tentu hal ini memudahkan pengguna yang terbiasa menggunakan Microsoft word, Excel hingga Powerpoints. Aplikasi office untuk Android ini hadir dengan user interface yang mudah mudah digunakan.

Tidak hanya itu, fitur yang dihadirkan juga hampir sama dengan versi desktop. Yang berbeda dalam aplikasi mobile Microsoft Office ini terdapat fitur penyimpanan awan yang memudahkan kamu berpindah perangkat dalam mengerjakan sebuah dokumen.

Ada juga aplikasi tambahan yakni Office lens. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi scanner. Kini kamu bisa memindai dokumen melalui memotret dokumen yang kamu butuhkan menjadi file PDF atau file lainnya.

Download Microsoft Office untuk Android

3. Polaris Office

Polaris OfficeAplikasi mobile untuk bekerja ini hadir dengan fitur lengkap untuk bekerja. Polaris Office bisa membuka dan mengedit dokumen dan membuka file PDF.

Dengan adanya fitur support Chromecast, kamu bisa mengerjakan pekerjaan kantormu di perangkat layar lebih lebar. Semua file kamu bisa disimpan dalam penyimpanan awan sehingga semakin mudah membagikan file dan dokumen. 

Download Polaris Office untuk Android

4. OfficeSuite + PDF

OfficeSuite + PDFAplikasi word untuk Android ini hadir dengan konsep berbayar. Dengan berbayar, kamu bisa mendapatkan fitur yang lebih lengkap sehingga memudahkan bekerja di perangkat Android.

Kamu bisa membuat dokumen dan mengedit dokumen langsung menggunkan fitur freehand drawings. Bahkan kamu bisa mengerjakan banyak file sekaligus tanpa kesulitan.Terdapat juga fitur untuk membuka file PDF.

Sebelum, menggunakan versi full, kamu bisa mencoba lebih dulu versi trial dengan fitur yang sedikit terbatas, namun tetap membantu produktivitas kamu dalam bekerja.

Download Office Suite + PDF untuk Android 

5. Smart Office 2

Smart Office 2Aplikasi kerja untuk Android ini merupakan pilihan alternatif untuk kamu yang jenuh dengan aplikasi-aplikasi di atas. Dalam aplikasi Smart Office 2, kamu bisa mengerjakan berbagai file dan dokumen.

Pasalnya, aplikasi ini support berbagai format. Bahkan, aplikasi ini bisa mengubah file ke format PDF. Smart Office 2 terhubung ke aplikasi penyimpanan, sehingga memudahkan pengguna berbagi hasil kerja.

Aplikasi ini juga cukup baik digunakan di perangkat layar kecil karena ada mode khusus untuk menyesuaikan user interface.

Download Smart Office 2 untuk Android

6. Google Docs dan PDF Viewer

Google Docs dan PDF ViewerSalah satu paket aplikasi Word Android yang ada di pasaran tentu, Google Office. Dengan kumpulan aplikasi Google Office ini pengguna smartphone bisa melakukan banyak hal. Ada Google Docs yang bisa membuka dokumen dan mengedit dokumen.

Ada juga Goggle Sheets dan Google Slides yang memungkinkan kamu untuk membuat presentasi. Terdapat juga aplikasi PDF Viewer yang berguna untuk membuka dan mengedit file pdf di hp Android.

Dalam Goole Docs, Sheets dan Slides sendiri hadir fitur automatically saved. Fitur ini membuat aplikasi akan langsung menyimpan dokumen yang kamu buat. Tentu hal ini meminimalisir kehilangan data.

Selain itu User Interface yang dihadirkan bisa digunakan di smartphone maupun tablet. Ada juga fitur kolaborasi yang membuat pengguna bisa membagi hasil kerja atau mengerjakan hasil kerjaan bersama rekan kerja lainnya yang memiliki akun google.

Semua dokumen dan file yang dikerjakan dalam Google Office juga sudah bisa dibuka di Microsoft office dengan lancar.

Download Google Docs untuk Android
Download Google Sheet untuk Android
Download Google Slides untuk Android
Download Google PDF Viewer untuk Android 

Itulah pilihan aplikasi mengetik untuk hp yang juga berisi Excel dan Powerpoint. Sebagian besar aplikasi di atas bisa di download secara gratis. Jadi kamu bisa mengetik dan mengedit dokumen dan membuat sebuah file presentasi dengan mudah melalui hp.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.