Diperbaharui pada Jumat, 28 Januari 2022 | 16:48

15 Aplikasi Root Hp Android Terbaik

Aplikasi ROOT

Isu mengenai peredaran handphone 4G yang masuk ke Indonesia dengan main akal-akalan sudah ada dan ramai sejak pertama kemunculan hp Android terbaru.

Ramai diberitakan salah satu jurus jitunya adalah dengan menjual ponsel 4G secara gelap, atau tanpa melalui distributor resmi.

Terlebih, saat ini koneksi 4G di Indonesia sudah semakin meningkat ke arah LTE atau hampir ke ranah 5G, terbukti dengan makin banyaknya hp 5G yang diluncurkan saat awal tahun 2020 hingga saat ini.

Aplikasi Root Hp Android

Aktivitas root atau rooting pada awalnya dilakukan beberapa kalangan untuk meningkatkan konektivitas atau performa dari hp Android yang mereka miliki.

Terlebih, Android sendiri merupakan model sistem operasi open source yang memudahkan siapapun melakukan perubahan UI hingga sistem.

Bagi yang suka oprek perangkatnya tentu paham saat-saat mengaktifkan koneksi 4G pada perangkat yang “pura-pura 3G” beberapa tahun lalu. Bagi yang awam kemungkinan besar lebih cari aman cari ponsel yang sudah 4G.  

Nah, bagi kamu yang suka oprek dan membutuhkan aplikasi root, berikut ada 15 aplikasi terbaik yang mungkin salah satunya bisa kamu gunakan.

Flashify

Flashify

Mencoba flash secara manual pada smartphonemu terkadang susah – susah gampang. Dengan aplikasi root Flashify, Flash akan berjalan secara otomatis.

Aplikasi ini sangat baik untuk kamu yang ingin mengkostumisasi smartphone tanpa repot memflash manual yang memakan waktu banyak.

Dengan aplikasi root ini, kamu bisa memflash boot.img, recovery.img dan file zip lainnya dengan mudah. Aplikasi ini bahkan secara otomatis membackup data dalam smartphonemu.

Bahkan, aplikasi ini bisa merestore kernel menggunakan memori card dengan cepat dan mudah. Tunggu apalagi, aplikasi root terbaik Android ini sudah bisa diunduh secara gratis di playstore.

SuperSU

SuperSU

Bila kamu sudah berhasil meroot ponsel Android milikmu, kamu membutuhkan aplikasi SuperSU. Aplikasi ini merupakan asisten terbaik dalam smartphone Android root.

Dalam aplikasi ini kamu bisa mengatur ijin aplikasi untuk mengakses root. Download aplikasi gratis SuperSU di play store.

System App Remover

System App Remove

Salah satu hal penting yang bisa dilakukan pengguna ponsel Android yang sudah diroot ialah menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang tertanam di sistem atau lebih dikenal Bloatware.

Aplikasi bloatware memang selalu ada dalam ponsel baru dan sayangnya bisa memakan tempat memori internal dan RAM. Maka, sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut. Namun, untuk menghapusnya kamu membutuhkan aplikasi root Android seperti System App Remover.

Viper4AndroidFX

Viper4AndroidFX

Jika kamu penggemar musik dan ingin audio smartphonemu semakin baik, maka Viper4AndroidFX menjadi aplikasi root Android yang tepat. Aplikasi ini hadirkan cukup banyak fitur.

Terdapat juga EQ mode dan near-lossless sound quality sehingga mengoptimalkan suara yang keluar dari speaker ponsel Android.

Titanium Backup

Titanium Backup

Mencadangkan data merupakan salah satu langkah penting kala meroot ponsel Android. Agar membackup data di ponsel lebih mudah, kamu bisa memasang Titanium Backup.

Dengan aplikasi ini, semua data akan dibackup dengan aman dan baik sehingga bila suatu saat dibutuhkan dapat dengan mudah dibuka.

Greenify

Greenify

Greenify merupakan sebuah aplikasi root terbaik Android. Aplikasi ini akan membuat kamu bisa mengontrol daya smartphone dan aplikasi. Kamu bahkan bisa mengatur mengenai jam kerja dari sebuah aplikasi sehingga tidak akan memakan RAM terlalu banyak.

Tasker

Tasker

Bila kamu mencari aplikasi root terbaik Android yang simple, mungkin aplikasi Tasker ini layak terpilih. Aplikasi  ini akan menghadirkan informasi sistem secara lengkap dan otomatis. Aplikasi Tasker ini bahkan bisa mengatur jadwal sekolah hingga aktivitas lainnya.

DiskDigger

DiskDigger

Terkadang kamu sering tidak sengaja menghapus SMS penting, file penting hingga foto penting di smartphone Android. Kamu tidak perlu panik bila ponsel Androidmu sudah diroot. Pasalnya ada solusi jitu untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Kamu cukup menginstal aplikasi DiskDigger untuk bisa mengembalikan file atau foto yang terhapus.

Better Battery Stats

Better Battery Stats

Siapa saat ini, pengguna smartphone yang mendambakan perangkat dengan baterai yang tahan lama? Mungkin kebanyak orang akan menjawab saya butuh smartphone baterai besar.

Padahal bila ponsel Android milikimu sudah diroot, kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai, BatterBatteryStats. Aplikasi root terbaik ini akan mengatur setting smartphone sehingga ponsel Android bisa lebih hemat.

ES File Explorer

ES File Explorer

Untuk pengaturan file pada ponsel Android yang sudah diroot, kamu bisa memakai ES File Explorer. Aplikasi pengaturan file ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap. Dengan akses root, kamu bisa mengatur file sistem dengan lebih mudah.

DataSync

DataSync

Bila kamu memiliki dua ponsel Android atau lebih, kamu bisa menggunakan aplikasi root terbaik Android ini untuk melakukan sync. Dengan aplikasi DataSync ini, kamu bisa memindahkan data antar perangkat Android dengan cepat dan mudah.

ROM Manager

ROM Manager

Jika kamu ingin melakukan pengaturan custom ROM ataupun kernel, kamu bisa menggunakan aplikasi Root, ROM Manager. Aplikasi ini hadir dengan fitur yang lengkap dan banyak.

Kamu bahkan bisa mengunduh ROM dan mengganti ROM dengan mudah melalui aplikasi Android terbaik ini.

REC

REC

Salah satu keuntungan ponsel Android yang sudah diroot ialah kemudahan pengguna untuk mengambil screenshot hingga merekam video layar. Dengan aplikasi REC kamu bisa merekam aktifitas kamu mengoperasikan layar atau saat kamu bermain game.

Device Control

Device Control

Ponsel Android yang sudah diroot juga memungkinkan kamu untuk mengubah pengaturan mesin. Kamu bisa menaikkan kecepatan atau menurunkan kecepatan prosesor.

Kamu juga bisa mengatur power dari prosesor, agar lebih maksimal atau lebih hemat daya.

Dalam aplikasi Device Control terbaik Android ini, kamu bahkan bisa mengatus sound dan layar smartphone sehingga ponsel Android Root semakin maksimal digunakan.

SD Maid

SD Maid

Memori internal yang kepenuhan menjadi masalah bagi sebagian pengguna smartphone. Bila smartphone Androidmu sudah diroot, kamu cukup menggunakan aplikasi SD Maid untuk mengatur dan menghapus file – file yang tersembunyi.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.