Diperbaharui pada Jumat, 9 September 2022 | 15:25

7 Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing Terbaik di 2022

7 Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing Terbaik di 2022Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk melakukan banyak hal, termasuk saat bepergian ke luar negeri. Karena kita tidak harus menguasai bahasa negara yang ingin dikunjungi. Cukup instal aplikasi penerjemah di hp untuk berkomunikasi.

Apalagi kini semakin banyak aplikasi yang menawarkan fitur penerjemah dari bahasa negara apapun ke bahasa Indonesia atau bahasa lainnya dengan baik dan benar.

Aplikasi penerjemah ini sangat membantu bagi Anda yang hobi traveling ke luar negeri tanpa harus membawa kamus untuk menerjemahkan bahasa yang tidak dipahami.

Oleh karena itu, kali ini Pricebook ulas beberapa aplikasi penerjemah yang mudah digunakan dalam menerjemahkan bahasa.

Aplikasi Penerjemah Terbaik

Berikut daftar aplikasi penerjemah terbaik yang bisa digunakan :

1. Google Translate

Siapa yang tidak kenal Google translate. Ini merupakan salah satu layanan penerjemah bahasa yang paling populer dari Google. Selain versi web, Google translate juga tersedia dalam versi aplikasi.

Keunggulan aplikasi penerjemah ini mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. Bahkan Google Translate bisa digunakan dalam keadaan tanpa internet.

Tapi yang harus diingat, tidak semua bahasa bisa diterjemahkan secara akurat yaa.

2. iTranslate

Pilihan kedua ada aplikasi iTranslate. Keunggualannya sangat mudah digunakan dan punya tampilan user friendly. Aplikasi penerjemah ini juga dapat menerjemahkan teks ke lebih dari 100 bahasa.

iTranslate bisa juga digunakan tanpa harus terkoneksi ke internet, namun terbatas hanya 4 bahasa. Selain itu, Anda bisa mendengarkan suara dari hasil terjemahan baik dari suara laki-laki dan perempuan, serta bisa menerjemahkan beragam dialek.

Untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak lagi, aplikasi ini menerapkan metode berbayar.

3. Naver Papago-AI Translator

Secara garis besar, Papago sama dengan aplikasi-aplikasi penerjemah lainnya. Punya beragam fitur seperti penerjemahan teks, suara, dan bahkan bisa digunakan dalam keadaan offline.

Meski begitu Papago lebih mengkhususkan penerjemahan untuk bahasa-bahasa di Asia termasuk Indonesia.

4. Microsoft Translator

Salah satu kelebihan dari aplikasi besutan Microsoft ini menawarkan fitur penerjemahan percakapan yang bisa diterjemahkan secara instan.

Microsoft Translator bisa digunakan dalam keadaan tanpa internet, dan juga mampu menerjemahkan dari teks dari kamera hp. Aplikasi ini mampu menerjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa untuk mengucapkan terjemahan terutama ke dalam bahasa Mandarin.

5. SayHi

Yang membuat aplikasi ini berbeda adalah lebih fokus pada tuturan lisan? SayHi menawarkan penerjemahan ke bahasa-bahasa yang didukung dengan berbagai aksen seperti bahasa Arab, Inggris, Prancis, Italia, dan Mandarin.

Selain itu, hasil terjemahan ini bisa disalin dan dibagi melalui SMS, Facebook, dan Twitter.

6. Textgrabber

Textgrabber tidak hanya bisa menerjemahkan 100 bahasa tapi juga dapat membuat link, nomor telepon, alamat, dan sebagainya.

Bisa juga digunakan secara offline, tapi terbatas hanya 60 bahasa saja. Selain itu, aplikasi penerjemah ini juga dapat menerjemahkan dari teks yang dicetak pada kertas, teks foto, dan suara. 

Kelebihan lainnya adalah aplikasi translate untuk hp Android ini bisa membaca QR code. Font pada teks ini pun bisa disesuaikan.

7. Dict Box

Dict Box adalah aplikasi translate gratis yang menawarkan kelebihan berupa Andas multibahasa yang disediakan oleh Oxford, Cambridge, dan Wiki.

Selain itu, Dict Box juga bisa mengoreksi ucapan, latihan memori, dan menerjemahkan dari jepretan kamera. 

Para pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini dari web browser ke aplikasi lainnya serta aplikasi ini bisa digunakan dengan cepat dan mensinkronisasi daftar kata-kata melalui bermacam alat.

Itulah beberapa pilihan aplikasi penerjemah terbaik yang bisa menerjemahkan ratusan bahasa asing. Dengan menggunakan salah satu aplikasi penerjemah bahasa diatas, kini Anda tidak perlu lagi khawatir saat bepergian ke luar negeri.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2007 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.