Diperbaharui pada Rabu, 20 September 2023 | 16:01

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-0Foto: Pixabay

Melakukan proteksi terhadap data terkesan sangat penting di era digital ini. Salah satunya foto dan video yang tersimpan di smartphone. Hal ini bisa dilakukan dengan aplikasi penyembunyi galeri.

Salah satu fungsi utama dari aplikasi penyembunyi galeri ini adalah untuk mencegah terjadinya pembobolan terhadap berbagai data penting pada smartphone, terutama foto dan video pribadi.

Aplikasi Penyembunyi Galeri Foto dan Video Terbaik

Aplikasi penyembunyi biasanya memiliki fitur untuk memastikan jika akses kedalamnya hanya bisa dilakukan oleh pemilik hp Android. Beberapa aplikasi bahkan memberikan proteksi lebih dengan menawarkan fitur premium. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi penyembunyi galeri foto dan video di hp Android.

1. 1Gallery

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-1Foto: Google Play Store

Aplikasi pertama yang bisa kamu percayakan untuk memberikan proteksi terhadap privasi adalah 1Gallery, sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan foto, dan video juga dokumen.

File yang disimpan nantinya akan diberikan enskripsi untuk mendapatkan proteksi, yang diberikan akan berbentuk password seperti PIN atau pattern bahkan fingerprint.

Aplikasi ini sangat simpel untuk digunakan dan memiliki user interface yang sangat mudah. Kini kamu bisa dengan mudah melakukan penyimpanan yang tersembunyi pada hp. 

Penyimpanan tidak akan dibatasi hanya dengan ukuran foto tertentu saja. Bahkan jenis foto dengan berbagai format bisa disimpan melalui aplikasi ini.

Uniknya, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai foto editor untuk mengedit foto. 

2. Private Photo Vault - Keepsafe

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-2Foto: Google Play Store

Aplikasi Private Photo Vault - Keepsafe memberikan pengamanan pada foto dan video dengan cara mengunci dan memberikan perlindungan enskripsi lainnya.

Jenis enskripsi yang digunakan oleh aplikasi ini sudah mengikuti stkamur militer. Tentu semua privasi yang kamu butuhkan akan tersedia untuk pengamanan terbaik. 

Foto yang tersimpan bisa dikunci menggunakan sinkronisasi pada hp. Bahkan, kamu bisa menyimpan bebagai data tersebut dengan menggunakan Cloud pribadi yang sudah terenskripsi.

Backup dapat dilakukan oleh pengguna agar foto atau dokumen lain tidak hilang. Private Photo Vault - Keepsafe tidak akan muncul pada menu aplikasi di smartphone. 

3. LockMyPix Photo Vault

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-3Foto: Google Play Store

Banyak orang yang mengeluhkan Ketika menggunakan aplikasi penyembunyi namun tetap saja masih terlihat. Dengan menggunakan LockMyPix Photo Vault, maka dijamin jika aplikasi ini tidak akan terlihat ikonnya.

Berbagai aktivitas untuk menyimpan gambar, video, dan berbagai dokumen bisa dilakukan dengan aman. Kamu bisa melakukan backup secara langsung dengan smartphone dan sudah terinskripsi dengan baik.

Tentu enskripsi menjadi hal yang penting demi menjamin keamanan. Ketika SD Card yang digunakan sudah penuh, maka bisa dilakukan backup langsung ke dalam data yang dimiliki. 

4. Calculator (Photo Vault)

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-4Foto: Google Play Store

Calculator ini sebenarnya adalah aplikasi Photo Vault, yang tampilan nama dan ikonnya memang sengaja untuk mengelabui orang yang melihatnya.

Aplikasi ini menjadi salah satu vault app yang bisa dengan mudah menyembunyikan foto, video, juga file lainnya. Tanpa ada yang mengetahui jika aplikasi ini sebenarnya merupakan penyembunyi data aplikasi lain.

Untuk menjamin berbagai data akan selalu aman maka bisa dilakukan tingkat penguncian yang tinggi. Melakukan enskripsi pada semua data yang disimpan dan menggunakan PIN atau password.

Ensksripsi yang digunakan memungkinkan kamu untuk mengirimkan file dengan aman. Bahkan ketika kamu sedang melakukan download foto dari internet atau browser, maka bisa dengan mudah menyembunyikannya.

Melakukan penguncian instan tanpa meninggalkan jejak sedikit pun, menjadi keunggulan Calculator. Fitur intruder selfie-nya bisa digunakan untuk menjamin foto hasil jepretan selalu aman.

5. Gallery Lock (Hide Pictures)

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-5Foto: Google Play Store

Setiap foto yang dimasukan pada aplikasi Gallery Lock bisa diatur dengan mudah berdasarkan folder yang diinginkan. Maka kamu bisa dengan aman dan nyaman menyimpan berbagai data penting pada smartphone.

Fitur lainnya yang juga sangat berguna adalah tersedianya modus siluman untuk menyembunyikan ikon aplikasi. Sehingga tidak akan muncul di halaman Home hp.

6. Secure Gallery (Pic/Video Lock)

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-6Foto: Google Play Store

Penguncian galeri foto dan video, serta data lainnya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Secure Gallery ini. Aplikasi ini membantu kamu untuk menjaga privasi dan melakukan dengan cepat.

Secure Gallery memberikan proteksi yang paling aman untuk melakukan pengelolaan gambar atau aplikasi lain dengan folder berbeda. 

Semua fitur yang diberikan bisa digunakan secara gratis dan dinikmati oleh seluruh penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan dukungan untuk penguncian sidik jari yang sudah tersinkronisasi.

User interface yang ditampilkan cukup sederhana dan sangat mudah untuk mengoperasikan berbagai kebutuhan. 

Mode sembunyikan ikon aplikasi yang diberikan oleh aplikasi ini sangat mendukung kemudahan pengguna, memberikan fitur slideshow dan penguncian mencapai 3 jenis tipe kunci.

7. Vaulty : Hide Pictures Videos

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-7Foto: Google Play Store

Ketika kamu ingin dengan mudah menyembunyikan galeri di hp, maka aplikasi Hide Pictures & Videos ini salah satu yang kami rekomendasikan.

Album yang ada pada hp dapat diatur sinkronisasinya, terutama untuk menyembunyikan foto dan video yang penting, serta untuk melakukan penguncian dan berbagai hal lainnya.  Foto dan video yang sudah diberikan penguncian atau enskripsi, akan dijamin keamanannya. 

8. Hide Something

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-8Foto: Google Play Store

Aplikasi Hide Something memberikan proteksi pada berbagai media dan dokumen yang tersimpan di dalam smartphone. Kamu bisa melihat dan menyimpannya kembali dengan enskripsi. 

Hide Something memberikan kemudahan dengan melakukan kustomisasi pada folder yang terlihat, ketika kamu akan membuka foto tersebut ke orang yang berbeda.

Ketika kamu membuka beberapa browser kemudian melakukan download file, maka akan secara langsung tersembunyi. Jejak pencarian kamu juga akan hilang.

9. PhotoGuard Photo Lock Vault

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-9Foto: Google Play Store

Aplikasi PhotoGuard Photo Lock Vault membuat segalanya file digital yang penting, dapat terkunci dengan aman, mulai dari foto, video, hingga berbagai dokumen penting lainnya, akan terenskripsi dengan baik.

Metode penguncian yang diberikan menggunakan PIN, pola, kata sandi, sampai dengan sidik jari yang tersinkronisasi. Keuntungan lain, aplikasi ini dapat tersambung dengan kamera yang langsung terenskripsi.

Kamera pada smartphone bisa langsung menyimpan foto dan video ke dalam aplikasi ini. Membuat album terkunci dengan baik dan aman. 

Kita juga bisa menggunakan fitur backup atau pemulihan yang otomatis menyimpan ke dalam perangkat bila foto atau video hilang. Hal ini penting bila tidak sengaja menghapus aplikasi ini. 

10. Photo Vault PRIVARY Ultra Safe

10 Aplikasi untuk Sembunyikan Galeri Foto dan Video di Hp Android-10Foto: Google Play Store

Aplikasi Photo Vault PRIVARY Ultra Safe ini adalah salah satu aplikasi penyembunyi terbaik yang banyak direkomendasikan, karena dapat menyembunyikan data dan melakukan enskripsi dengan mudah pada berbagai jenis dokumen.

Kamu dapat menyembunyikan ikon aplikasi ini untuk memastikan tidak ada yang melihatnya sama sekali, serta membuat folder baru atau sub-folder lainnya yang tidak terbatas, tergantung pada kapasitas memori hp.

Pentingnya Menjaga Kemanan Foto dan Video di Hp

Penggunaan aplikasi untuk sembunyikan foto dan video tidak selalu negatif. Khususnya bagi siapapun yang memiliki data penting pada hp dan ingin menjaganya dari pembobolan.

Beberapa rekomendasi aplikasi penyembunyi galeri yang ada dalam artikel ini, kami harapkan dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk menjaga keamanan galeri di smartphone. Semoga bermanfaat.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.