viona
Novice Level 1
22 Agustus 2017 - 16:38

Tips Memilih VGA Card Yang Tepat

VGA card merupakan salah satu komponen komputer yang sering diabaikan oleh banyak orang. Sebenarnya, VGA card adalah komponen pengolah grafis yang akan ditampilkan di layar monitor. Banyak toko online yang menjual VGA ini, sehingga kadang kita bingung melakukan pemilihan mana VGA yang cocok untuk PC kita. Karena VGA berfungsi sebagai pencipta output di monitor, Anda harus menggunakan VGA untuk mendukung aktivitas seperti bermain game, mendesain VGA. Kartu VGA dibedakan menjadi 2 macam yakni On Board dan Add on.


Berikut beberapa komponen pada GPU, antara lain:

•    Kapasitas. Processor yang berada di VGA ada begitu banyak macam karena setiap produsen VGA mempunyai chipset andalannya. Banyak produsen chipset VGA, kartu ini mempunyai kapasitas penyimpanan beragam seperti 512 MB, 1 GB, 2 GB hingga 4 GB,
•    Chipset. Sekarang ini kartu VGA telah mempergunakan Graphic Accelerator chipset. Chipset ini adalah chipset paling baru yang telah mempunyai kemampuan akselerasi 3D yang diintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Kartu VGA adalah solusi yang tepat untuk Anda yang mempunyai beberapa aplikasi berkualitas 3D,
•    Kipas heatsink GPU. Beberapa kartu juga dilengkapi dengan kipas sehingga dapat memberi pendinginan secara maksimal, Anda pun tidak perlu cemas akan terjadi overheat saat sedang menggunakan VGA dalam waktu lama.
 
Sudah pasti memilih VGA card tidak bisa sembarangan, Anda harus memilihnya dengan benar-benar seksama dan sesuai kebutuhan sehingga memperoleh GPU paling baik. Ada beberapa tips melakukan pemilihan yang tepat. Pertama, perhatikan jumlah core dari VGA. Selain clock speed yang berada pada VGA, ada juga core. Core mungkin sudah Anda kenal pada prosesor intel dan amd. Bila GPU mempunyai jumlah core banyak, proses atau tugas yang dapat dikerjakan pasti bisa lebih besar atau lebih banyak. dengan cara ini game yang ditampilkan pasti lebih tinggi dan mudah dijalankan.
 
Kedua, pilih yang penggunaan power lebih rendah. VGA yang memiliki nilai Thermal Design Power atau TDP yang tinggi akan membuat VGA menjadi ribut karena panas yang dimiliki bisa berlebihan. VGA yang mempunyai TDP tinggi biasanya banyak penggunaan listrik. Oleh sebab itu pilih VGA yang paling baik untuk PC Anda, lebih baik pilih yang penggunaan powernya rendah. Selain panas serta suara bising dari fan, Anda pasti tidak ingin rugi dengan biaya listrik yang membengkak.
 
Ketiga, bandwidth VGA. Memori yang berada di VGA adalah salah satu hal yang penting diperhatikan. Semakin besar kapasitas memori yang dipergunakan oleh VGA akan semakin cepat pula VGA tersebut. Selain itu perhatikan tipe memorinya. Tipe memori VGA tertinggi ialah GDDR5X, yang sekarang ini hanya dipergunakan untuk VGA terbaru. Kecepatan tipe VGA ini dapat dikatakan 2 kali lipat dibandingkan dengan biasanya. Selain tipe serta kapasitas memori RAM, Anda juga harus memperhatikan bandwidth memori VGA. Bandwidth mempunyai pengertian seperti bandwidth internet, atau lebar jalur data yang dapat dilalui.
 
Terakhir, cek kembali budget yang telah Anda persiapkan. Sebenarnya VGA card paling cepat dan paling baik tetap dikembalikan pada budget yang telah Anda siapkan. Untuk tipe terbaik Anda harus menyiapkan dana hingga mencapai Rp 5 jutaan. oleh sebab itu jika Anda mempunyai dana yang berada di bawah angka tersebut, lebih baik Anda memilih tipe dibawahnya. Banyak toko online terpercaya yang memberikan pilihan VGA ini. jadi sesuaikan kembali dengan budget Anda. Untuk memilih yang tepat dan sesuai dengan harga, maka bisa langsung di cari di Pricebook.co.id

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 26

    Yang pertama sih, bujetnya ada berapa dulu hehehe