Indra
Novice Level 1
22 Agustus 2017 - 08:07

Cara Disable Sementara Xposed Untuk Memperbaiki Bootloop

Xposed Framework merupakan tools yang sangat handal. Karena itu jika tools ini rusak saat sedang install, maka akan menyebabkan bootloops atau bahkan soft-brick di hape.

Solusinya adalah kamu melakukan backup dan menonaktifkan Xposed Framework itu sendiri. Bisa menggunakan safe mode atau dengan flashing.

Tergantung kamu menggunakan metode apa, kamu harus bisa menggunaan recover dari bootloop cukup untuk melakukan uninstall modul yang korup. Ketika kamu sudah melakukan hal tersebut, kamu bisa mengaktifkan kembali Xposed untuk bisa mendaptkan modul lama kembali dan hape kamu bisa kembali untuk booting

Metode 1 : Menggunakan Kombinasi tombol

Sebelumnya saya sudah sebutkan ada 2 metode untuk mendisable sementara Xposed. Metode pertama ini cukup mudah, jadi kamu bisa coba dahulu. Penyebabnya adalah modul xposed jadi hape kamu bootloop. Metode ini tidak selalu berhasil di semua hape. Tapi kebanyakan hape bisa menggunakan metode ini. Caranya adalah sebagai berikut. Silahkan tekan tombol hardware sementara hape kamu sedang booting untuk mendisable Xposed.

Untuk memulainya, silahkan tekan dan tahan tombol power untuk beberapa detik, untuk memberikan trigger sebuah reboot. Maka akan muncul layar menjadi hitam, silahkan klik tombol hardware secara berulang. Kamu bisa menggunakan semua tombol tapi yang direkomedasikan adalah tombol power secara berulang. Tapi kamu bisa mengkombinasikan menggunakan tombol lain selain tombol power untuk masuk ke mode recovery.

Kamu akan merasakan getaran singkat dari hape. Ini adalah indikator jika hape akan masuk ke mode recovery. Setelah itu klik tombol yang sama lebih dari 4 kali, setiap kali kamu klik tombol maka akan merasakan getaran. Setelah menekan tombol 4 kali kamu akan merasakan getaran yg lama. Jika sudah begitu kamu bisa stop menekan tombol, karena hape kamu akan melakukan boot dan Xposed Framework akan disable

Ketika hape sudah boot, buka installer Xposed app dan kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa Xposed sudah didisable. Silahkan ke section modul, kemudian tekan yg lama modul yang korup dan pilih uninstall pada menu pop untuk segera di hapus.

Kemudian kamu akan segera mengkatifkan kembali Xposed. Jika sudah buka favorit root file browser dan silahkan navigasikan directory “/data/data/de.robv.android.xposed.installer/conf/”

Ketika kamu sudah menemukan folder tersebut, silahkan didisable dan hapus. Jika kamu sudah melakukan itu, silahkan restart hape kamu. Ketika kamu akan back up, Xposed akan kembali enable.

Metode kedua : Sideload Xposed Disabler ZIP

Jika metode pertama tidak berhasil, kamu bisa menggunakan sideload Xposed Disabler ZIP menggunakan TWRP recovery. Jika kamu belum install TWRP recovery, kamu bisa melakukan factory reset

Tapi untuk bisa memulai metode kedua kamu harus memiliki ADB and Fasboot di komputer kamu. Dan kamu perlu untuk melakukan boot hape untuk masuk ke mode recovery. Jika kamu tidak tahu tombol kombo untuk masuk ke mode recovery, saya sarankan untuk googling “boot into recovery mode ” dan ikuti instruksi video tersebut.

Jika kamu sudah masuk ke mode recovery, silahkan tap tombol advanced di TWRP menu utama, lalu silahkan pilih “SDB sideload”. Dari sana kamu geser tombol dilayar untuk melakukan proses sideload.

Setelah itu hubungkan komputer dengan kabel USB. Buka command prompt, silahkan ke directory folder ADB dan Fastboot. Jika kamu tidak bisa menemukannya silahkan search di komputer dengan keyword "platform-tools"

"cd C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk\platform-tools"

Selanjutnya ketik “adb sideload” di command prompt kemudian enter.

Kemudian silahkan download Xposed Disbaler ZIP di computer. Ketika file sudah selesai download, silahkan drag ke jendela command prompt.

Ini akan melakukan auto-populate lokasi file dan menyelesaikan “adb sideload” yang sudah kamu ketikan sebelumnya. Kemudian kamu enter ke sideload ZIP

Ketika selesai, tap “Reboot System” di hape. Ketika kamu melakukan backup, Xposed akan segera disable. Jadi, silahkan uninstall modul korup dari section modul di app Xposed installer, lalu hapus file disabler.

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar