Stephen Lukas
Senior Level 10
22 Agustus 2017 - 07:10

Cara Mudah Atasi MicroSD yang Tidak Terbaca!

MicroSD saat ini mungkin menjadi salah satu pilihan bagi kita untuk menyimpan lebih banyak file terutama dismartphone yang memiliki memory penyimpanan yang kecil. Namun, tentu saja sesuai dengan bentuknya yang kecil, benda yang satu ini juga sangat rentan mengalami kerusakan sehingga kita harus berhati - hati ketika menggunakannya. Namun, bagaimana jika MicroSD yang kita punya ini mengalami kerusakan, semisal tidak bisa terbaca? Yuk kita bahas bagaimana cara mengatasinya!

Cara Mudah Atasi MicroSD yang Tidak Terbaca

Bersihkan Kartu Memori

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan membersihkan dengan menggunakan penghapus saja. Namun, pastikan kita benar - benar pelan dalam menggosok penghapus pada bagian pin kuning dari MicroSD.

Scan MicroSD

Kalian bisa menyambungkan MicroSD ke komputer dengan menggunakan card reader, lalu coba lakukan scan dengan menggunakan antivirus yang ada di komputer kita, namun jika masih tidak terbaca berarti bukan virus yang menyebabkan MicroSD tidak terbaca.

Format dari Smartphone

Nah, seperti biasa kalian bisa melakukan yang satu ini dengan masuk ke Settings, pilih pada bagian Storage dan kalian coba melakukan format MicroSD. Data yang ada didalam MicroSD akan hilang, dan seperti baru lagi.

Cek Error dengan PC

Nah, jika masih belum bisa kalian coba hubungkan kembali MicroSD ke PC dengan menggunakan card reader, kemudian pada jendela explorer, klik kanan dan pilih Properties, kemudian pilih error checking. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Format dari PC

Jika masih belum bisa, langkah terakhir yang bisa kalian coba adalah melakukan format dari PC. Hubungkan MicroSD ke PC, kemudian pada jendela explorer klik kanan > Format. Jika MicroSD masih belum bisa terbaca, berarti sudah waktunya kalian untuk membeli yang baru. Selamat mencoba!

SumberĀ OkeTekno

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar