Stephen Lukas
Senior Level 10
19 Juli 2017 - 16:58

5 Tips Hindari Kejahatan Phising Apple ID!

 Kalau kalian adalah pengguna Apple, tentu saja tidak akan asing lagi dengan Apple ID. Yap, Apple ID adalah salah satu media yang digunakan oleh Apple yang memang diberikan secara cuma - cuma kepada para konsumennya, yang tentu saja Apple ID ini tidak sembarangan kita sebarkan ke orang lain mengingat ini adalah privasi kita juga. Namun, akhir - akhir ini mulai beredar sebuah kejahatan phising Apple ID. Apa itu Phising? Phising adalah sebuah tindakan untuk mendapatkan / mencuri sebuah informasi penting dari diri kita melalui media website / aplikasi yang merupakan jebakan dan dibuat semirip mungkin dengan yang aslinya, semisal menggunakan Nama Email dari Apple, tapi menggunakan domain gmail.com. Tentu saja, setelah kalian melakukan submit data pada akun phising ini, akun kalian dengan mudah bisa diacak - acak oleh pelaku dan tak jarang akan digunakan untuk hal yang tidak benar. So, berikut ini adalah 5 tips yang bisa kalian gunakan untuk menghindari kejahatan phising!

Teliti, dan selalu Teliti

 

Tentu saja seperti yang sudah kita bahas tadi, pelaku phising menggunakan media palsu untuk menjalankan aksinya. Nah, sebagai contoh, jika kalian mendapatkan email yang mengatasnamakan Apple, cek benar - benar apakah email yang digunakan memang resmi milik Apple atau domain gratisan!

Lihat Detail Pengirim Pesan

 

Mirip dengan yang sudah dibahas sebelumnya, pada bagian yang satu ini adalah bagian yang paling krusial dan kalian harus benar - benar jeli sehingga tidak masuk pada perangkap pelaku kejahatan ini. Biasanya, pelaku kejahatan akan menggunakan akun palsu atau menggunakan nama domain yang sangat mirip dengan Apple.

Tidak menekan tombol apapun hingga benar -benar yakin

Nah, yang satu ini juga harus penting untuk diingat. Jika kalian tidak yakin dengan email yang masuk dan mengatasnamakan Apple, kalian bisa mencoba untuk bertanya kepada orang yang lebih mengerti atau mencoba mendiskusikannya kepada orang - orang di forum.

Jangan Pernah Sebar Apple ID Sembarangan

Ingat, Apple ID adalah privasi yang harus kalian jaga dan pastikan untuk tidak menyebarkannya disembarangan tempat di internet, jika kalian tidak ingin kehilangan data penting dan privasi yang tersimpan didalam Apple ID kalian.

Gunakan Two-Factor Authentication

Gunakan fitur yang satu ini untuk meningkatkan keamanan kalian, dimana kalian mengharuskan memasukkan kode tertentu setiap login sehingga meningkatkan keamanan akun Apple ID kalian.

Sumber Makemac

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar