Bagus Satria Wira Kusuma
Wizard Level 21
12 Pebruari 2015 - 12:35

6 Cara Merawat Power Bank Agar Lebih Awet

Power bank sekarang ini sudah menjadi kebutuhan para pecinta gadget, dengan banyak nya aplikasi pada smartphone menjadikan smartphone kita boros baterai. Ini ada 7 cara merawat power bank agar power bank kalian tetap bekerja dengan baik dan lebih awet tentunya.

1. Memakai Power Bank Sesuai Kebutuhan

Powerbank sejatinya memang sudah menjadi solusi saat baterai gadget kalian habis, tetapi akan lebih baik jika kalian menggunakan power bank hanya pada saat tidak menemukan colokan listrik guna mengisi baterai. Agar power bank kalian menjadi lebih awet maka di sarankan gunakan hanya pada saat hal mendesak saja. Jika kalian terlalu sering menggunakan power bank maka bisa menurunkan kualitas power bank tersebut.

2. Memperhatikan Kapasitas Power

Baiknya pada saat membeli power bank, pilih yang memiliki daya tampung listrik minimal dua kali dari kapasitas baterai gadget kalian, Sehingga nanti power bank tersebut akan bisa menyuplai kebutuhan listrik baterai gadget kalian lebih lama. Contoh nya jika smartphone kalian mempunyai kapasitas baterai sebesar 1700 mAh maka di anjurkan power bank yang akan kalian beli memiliki kapasitas minimal 3.400 mAh.

3. Menghindari suhu udara yang ekstrim

Pada saat menyimpan power bank juga tidak boleh sembarangan karena bisa merusak fungsi dari power bank itu sendiri. Sebaiknya jika ingin menyimpan power bank jangan di taruh pada tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin karena kondisi suhu ruangan yang tidak tepat akan membuat power bank menjadi mudah rusak. Suhu yang baik untuk penyimpanan power bank adalah antara 24 derajat celcius sampai 26 derajat celcius.

4. Pastikan mengisi power bank sampai penuh

Agar power bank dapat berfungsi dengan optimal dalam mentransfer daya yang ada maka pastikan kalian selalu mengisi power bank sampai penuh. Agar pengisian baterai smartphone menjadi lebih optimal.

5. Jangan sampai terbentur atau jatuh

Power bank adalah perangkat elektronik yang mudah mengalami kerusakan jika terbentur atau terjatuh, Jika terjadi kerusakan maka akan membuat kinerja power bank ini menurun. 

6. Gunakan kabel data bawaan gadget

Setiap pembelian power bank sejatinya akan di lengkapi oleh berbagai kabel data atau konektor yang akan dijadikan media pengiriman daya listrik. Namun terkadang kabel data tersebut tidak sesuai apabila kita pakai. Jika seperti itu maka proses pengiriman daya isi ulang akan menjadi lebih lama dan akan menyebabkan efek yang lebih buruh seperti kerusakan pada baterai gadget kalian. Jadi sebaiknya gunakan kabel data bawaan gadget kalian.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25
    Nice tips gan!
  • Dimasdanz
    Senior Level 9
    No 4. Ga ngefek, mau setengah mau penuh. Yang penting masih bisa ngeluarin ampere mah tetep aja ngecasnya segitu-gitu juga. Yang paling penting sih output dari powerbank bener2 sesuai sama yang dibutuhin gadget.
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    oh begitu ya gan, ane bukan mahasiswa elektro soalnya laughing
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    powerbank udah dimana2, semua pada pakai -_-
  • Bima Satria
    Master Level 25
    powerbank ane ilang -________-
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    ^ beli lagi aja gan, tapi jangan yang bonusnya nyampe duluan daripada power banknya yak :v
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    kaya pernah baca kasus begituan ros hahaha